Air Fryer, Si Penggoreng Ajaib Tanpa Minyak

Mungkin Anda ibu rumah tangga, seorang chef, dan masyarakat Indonesia pada umumnya sering mengolah masakan dengan menggoreng. Iya, memang menggoreng adalah cara memasak yang banyak dan umum dilakukan orang Indonesia, apalagi abang tukang gorengan hehe.. Bahkan survei membuktikan bahwa kebanyakan masayarakat Indonesia gemar makanan yang digoreng. Dengan menggoreng, masakan menjadi enak dan lezat serta memberi cita rasa sendiri yang khas.

air-fryer-bigor1

Namun, sayangnya dibalik rasa yang enak itu terdapat ancaman bahaya kolesterol tinggi yang berasal dari minyak yang dipakai untuk menggoreng. Dalam jangka panjang, kolesterol yang tinggi dalam tubuh akan menyumbat pembuluh darah dan mengakibatkan serangan jantung atau stroke. Waduh mengerikan sekali bukan? Lantas, bagaimana solusinya? Haruskah kita meninggalkan lezatnya makanan yang di goreng? Haruskah kita meninggalkan ayam goring, pisang goring, temped an tahu goring, kentang goreng? Tenang.. tenang.. itu tidak perlu karena ada solusi lain yakni dengan menggoreng tanpa minyak. Lah bagaimana ceritanya menggoreng tanpa minyak? Emang bisa? Bisa dong.. karena kini telah hadir inovasi alat penggoreng baru yang dapat menggoreng masakan tanpa menggunakan minyak tapi dengan menggunakan udara panas, Air Fryer namanya.

air-fryer-bigor

Air Fryer adalah inovasi alat penggoreng baru dengan menggunakan panas udara panas yang disirkulasikan atau disebut dengan istilah Rapid Air. Air fyer menggunakan filamen pemanas silinder yang melingkar berada tepat di atas ruang penggorengan. Filamen ini akan memanaskan masakan dengan efek radiasinya. Suhu ruang penggorengan bisa diatur hingga mencapai 200 °C. Kemudian dilengkapi dengan fan/kipas di atas filamen yang berfungsi untuk mensirkulasikan udara panas secara merata dengan kecepatan tinggi sehingga panas merata dan menembus partikel makanan dari semua sisi. Kemudian juga dilengkapi dengan sirip-sirip di bawah ruang penggorengan yang berfungsi mensirkulasikan panas udara dari arah bawah kembali lagi ke atas, dan begitu seterusnya sehingga dijamin panas yang dihasilkan akan maksimal.

Air Fryer berkapasitas mulai dari kecil, sedang, hingga besar. Kapasitas kecil berkisar 1,2 liter dan kapasitas besar bisa sampai 5 liter. Dilengkapi dengan pengatur suhu dan timer untuk mengatur lama memasak dan tingkat kematangan.

Kelebihan lain dari Air Fryer adalah proses memasak tanpa asap dan cipratan minyak. Air Fryer biasanya dilengkapi lubang exhaust yang dapat menyaring udara, sehingga alat tidak mengeluarkan asap dan membuat dapur Anda akan tetap bersih dan lebih sehat bagi Anda. Tanpa cipratan minyak jelas karena tidak menggunakan minyak, meskipun sebenarnya Anda juga bisa menggunakan minyak jika diinginkan. Jadi Anda tidak perlu memakai celemek lagi ketika memasak, sambil pakai baju kantor pun tidak perlu takut kotor lagi.

Selain untuk menggoreng Air Fryer juga bisa multifungsi, bisa digunakan juga untuk memanggang ayam, steak, ikan bakar, kue kering, dan lain-lain. Selain itu, masakan bisa direnyahkan kembali dengan mudah. Juga keranjang dan jaring mudah sekali dibersihkan. Selalu bersihkan setelah pemakaian agar Air Fryer selalu bersih dan tahan lama.

Intinya adalah dengan Air Fryer semua masalah menggoreng Anda akan teratasi. Jadi dijamin masakan akan lebih rendah lemak dan mengurangi resiko bertambahnya kolesterol bagi tubuh, tetap crispy, enak dan lezat. Jangan ragu lagi segera miliki Air Fryer sekarang juga dan rasakan manfaatnya.

 

 

Tagged: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *