Apa Sih Wajan Kwalik alias Wajan Crepes itu?

Apa Sih Wajan Kwalik alias Wajan Crepes itu? Sering banget nie saya mendapat pertanyaan tersebut. Well, karena saya penjualnya jadi saya harus bisa menjelaskan donk ya hehe Wajan Kwalik alias Wajan Crepes atau Crepes Maker adalah wajan untuk Membuat Kulit Risol. Selain itu bisa juga membuat kulit dadar gulung, sosis solo, telur dadar, dll.  Yang biasa bikin risol atau bakulan risol pasti tahu deh Wajan Kwalik ini. Sebetulnya menggunakan wajan teflon biasa tetap bisa kok menghasilkan kulit risol yang tipis, elastis dan tidak mudah sobek. Tetapi tetap saja banyak yang penasaran ingin mencoba wajan kwalik ini karena dengan pan crepe biasa mereka tidak bisa menghasilkan kulit risol seperti yang diinginkan.

wajan kwalik signora 2

Oh iya, btw kenapa sih wajan untuk membuat kulit risol ini disebut wajan kwalik? Kwalik atau kewalik berasal dari bahasa Jawa yang artinya kebalik / terbalik. Wajan Kwalik atau Wajan Crepes atau atau pan crepe atau Crepes Maker ini disebut wajan kwalik karena penggunaan wajan yang tidak seperti biasanya, alias terbalik. Terbalik bagaimana sih ya? Jadi, kalau wajan teflon atau pan crepe biasa khan yang dipakai bagian dalam yang melengkung, yang cembungnya langsung di atas api khan? Nah kalau wajan kwalik ini terbalik, bagian dalam yang melengkung (cekung) malah yang ditaruh di atas api, sementara bagian bawahnya yang berlapis teflon dipakai buat masak alias bagian atas tidak terkena api. Coba bayangin dulu ya, moga-moga sih enggak bingung xixi Atau bisa dilihat di gambar.

Berikut ini saya coba rangkumkan pertanyaan yang paling umum ditanyakan berkenaan dengan pemakaian wajan kwalik atau wajan crepes atau crepes maker atau pan crepe untuk membuat kulit risol ini :

  • Apakah setelah memakai wajan kwalik atau pan crepe atau crepe maker ini, kulit risol bisa menjadi tipis dan tidak mudah sobek? Belum tentu juga karena tergantung dari resep yang digunakan dan kemampuan kita menggunakan wajan kwalik tersebut.
  • Apakah menggunakan wajan kwalik ini lebih cepat dibanding wajan teflon biasa? Kalau menurutku tergantung besar kecilnya api, gunakan api kecil ke sedang supaya kulit risol lebih cepat matang.
  • Lebih enak mana menggunakan wajan teflon biasa atau wajan kwalik ini? Tiap orang berbeda-beda, ada yang lebih nyaman menggunakan wajan teflon biasa tetapi ada juga yang lebih suka menggunakan wajan kwalik. Jadi setelah coba keduanya baru bisa tahu, atau kalau sudah nyaman di salah satu ya sudah teruskan saja.
  • Saat menggunakan wajan kwalik ini, kenapa adonan gak mau nempel di wajan? Saat mau menggunakan wajan kwalik, olesi dulu permukaan wajan dengan sedikit margarin lalu panaskan. Dengan begitu adonan akan menempel di wajan. Bila wajan tidak dipanaskan, adonan tidak akan menempel di wajan.
  • Ada berapa macam sih wajan kwalik ini? Wajan Kawalik ada bermacam-macam, baik yang lokal maupunya impor punya, mulai dari yang paling murah (tahun 2009 saya pernah jual seharga Rp 85.000, sekarang rasanya tidak ada yang di bawah Rp 100.000, itu yang murah ya, sayangnya teflonnya sering scratch atau baret-baret gitu dan wadahnya dari bahan plastik. Sementara yang lebih mahal, wadahnya terbuat dari stainless steel atau bahan anti lengket berkualitas bagus. Sesuaikan saja dengan budget yang ada.
  • Di mana bisa membeli wajan kwalik ini? Nah kalau ini langsung sms atau WA saja ke 0878 8106 0909.

 

Wajan Kwalik yang saya jual hanya ada 1 macam :

  • Merk Signora, bahan teflon berkualitas baik dan wadah adonan juga dari stainless steel.
wajan kwalik signora 3

Wajan Kwalik merk Signora

Tagged:

Comments: 3

  1. Rita 10 February, 2017 at 11:33 am Reply

    Berapa harga wajan kwalik yang point 2 dan diameternya beraps

  2. rosana 8 March, 2016 at 2:51 pm Reply

    Mbak, boleh minta price list untuk mixer bosch dan ilustrasi cicilannya?

  3. veronica 25 January, 2016 at 12:01 pm Reply

    berapa harga wajan kwalik stainless yg di point 1 dan yg punya signora di point 2 ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *