Bakpao isi Kumbu Kacang hijau, tombo kangen…

Bakpao isi Kumbu Kacang Hijau

Bakpao isi Kumbu Kacang Hijau

Tombo kangen mama alm. dan sekalian menghabiskan isian kumbu kacang hijau, jadi bikin Bakpao deh… Mudah lho membuatnya dan rasanya juga pas… enakkk

Resepnya dari Demo mixer Bosch, cuma kalau yang didemokan isiannya ayam cincang, karena dalam rangka menghabiskan isian kacang hijau ex Bakpia jadi kupakai saja si kumbu kacang hijau. Tetap enakkkk cuma aku kangen isian unti atau kelapa plus gula merah.

Ini bikinnya gak pake pakem-pakeman, maksudnya gak pake ditimbang-timbang dan gak pake proofing2an, yang penting jadi bakpao hahaha soalnya dah lama gak bikin rerotian lagi.

Resep Bakpao isi Kumbu Kacang Hijau :

Bahan :

350 gram tepung terigu protein rendah (Kunci Biru)

150 gram tepung tangmien (supaya lebih mengkilap dan putih, tapi kalau gak ada diskip aja, aku juga gak pake)

200 gram  gula halus

150 gram tepung maizena

1 bungkus ragi instan (11 gram)

1 sdt baking powder

50 gram mentega putih (kalau gak ada juga gpp pakai margarin, tetap putih juga kok)

1 sdt garam

200 ml air (air bisa diganti susu cair setengah jumlah air, kalau semuanya susu cair mengembangnya adonan akan sedikit terhambat karena susu cair ada kandungan lemaknya)

 

Bahan Isi :

Kumbu Kacang Hijau —> lihat di Resep Bakpia yaa

kalau mau isian Ayam :

500 gram ayam fillet, cincang

3 siung bawang putih, cincang

5 siung bawang merah, iris halus

1 sdm garam

1 sdm lada

1 sdm penyedap rasa

1 sdm gula pasir

5 sdm kecap

minyak wijen secukupnya

5 batang daun bawang, potong kasar

 

Cara membuat :

Campur semua bahan, kecuali mentega putih dan garam. Mixer hingga setengah kalis, tambahkan mentega putih dan garam, mixer lagi hingga adonan kalis. Bulatkan adonan. Diamkan selama 30 menit atau sampai mengembang 2 kali lipat. Kempeskan adonan lalu bagi-bagi/timbang sesuai selera, kasih isian, kukus selama 12 menit dengan api sedang-besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *