Bakpia Basah Kacang Hijau

Lagi demen bikin bakpia, kali ini versi Bakpia Basah, masih nyontek resepnya Diah Didi. Sebenarnya ini adonan roti tapi tanpa telur dan susu, adonannya pun mudah dihandle. Sebagai green bean lover, daku sih doyan-doyan aja…

Oh iya, saat merebus kacang hijau, aku pakai Panci Presto ISA donk supaya cepat, hanya 10 menit setelah mendesis dan hasilnya kacang hijau pun empuk-surempuk 🙂

Bakpia Basah Kacang Hijau

Bakpia Basah Kacang Hijau

 

BAKPIA KACANG HIJAU

Bahan Isi :

125 gram kacang hijau

500 ml air

50 gram gula merah

25 gram gula pasir

½ sdt vanili bubuk

2 lembar daun pandan

Garam

2 sdm minyak goreng

 

Cara membuat :

  1. Rebus air sampai mendidih, masukkan kacang hijau, matikan api. Biarkan semalam dalam kondisi panci tertutup. Keesokan harinya rebus kacang hijau sampai empuk tanpa mengganti airnya. Saring dan tiriskan.
  2. Blender kacang hijau sampai halus. Tuang ke dalam wajan. Masukkan gula merah, gula pasir, vanili, garam. Masak sampai kering dan kalis. Matikan api.
  3. Masukkan minyak goring, aduk rata. Biarkan dingin. Setelah dingin bagi menjadi 30 bagian dan bulatkan.

ADONAN KULIT :

250 gram terigu protein sedang

3 sdm gula pasir

½ bungkus ragi instan

125-150 ml air hangat (penggunaan air tergantung kelembaban tepung)

2 sdm margarin

¼ sdt garam halus

 

Cara Membuat :

  1. Dalam sebuah baskom masukkan terigu, gula pasir dan ragi instan, aduk rata. Masukkan air sambil diuleni sampai rata dan lembab. Masukkan margarin dan garam, uleni sampai kalis.
  2. Fermentasikan adonan di tempat hangat selama 45 menit. Siapkan Loyang beroles margarin.
  3. Kempiskan adonan dan bagi menjadi 30 bagian. Beri adonan dengan isi kacang hijau. Bulatkan dan pipihkan. Letakkan di atas Loyang. Beri jarak di ataranya karena kue akan sedikit mengembang. Diamkan selama 30 menit.
  4. Sementara itu panaskan oven dengan suhu 170 derajat Celcius. Panggang selama 10 menit. Keluarkan dari oven, balik kuenya. Panggang lagi selama 5 menit. Angkat dan dinginkan.

Hasil : 30 pcs (kalau aku gak jadi 30 pcs karena saat bikin kacang hijaunya 250 gram, trus sebagian dikasih gula, jadi deh bubur kacang hijau) tapi kalau adonan kulitnya bisa jadi 30 pcs tapi beratnya @15 gram.

 

1 comment

  1. irma 22 December, 2014 at 11:32 am Reply

    hi mba mo nanya itu ngulenin nya pk mixer atau tgn ya? btw mo tanya hrg mixer bosch nya brp ya mba? tx..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *