Balapis Manado

Salah satu kue tradisional Manado ini merupakan spesialisasi mamaku (alm.). Aku kenal kue balapis Manado ini dah sejak SD dan karena hampir tiap hari bikin (ya iyalah, wong mamaku yang asli Manado memang bakulan kue-kue basah Manado seperti balapis ini) daku jadi rada2 eneg hiks

Tapi begitu mama tiada, orang rumah jadi pada kangen juga ma kue ini. Ga salah kalau sekali2 aku bikin tuk mengobati rasa kangen pada kue ini, maupun pada mama. Tepatnya sih setiap kali ngelihat atau makan kue ini, kita sekeluarga pastilah teringat pada mama.

Oh iya, resep ini masih perlu penyempurnaan lagi, karena, kata papaku masih agak keras. Mungkin tepung berasnya harus dikurangi lagi. Nanti kalau aku dah coba2 bikin dan dapat resep yang pas, aku edit lagi dehhh…

Balapis Manado

Balapis Manado

Untuk photonya, karena tidak ada, aku pakai photo di pasar Air Madidi saja ya he he he Ibu penjual kuenya cantik yaaa :p kue balapis itu yang paling kanan… Menyesal tidak ambil close-up hiks

Ingredients:
Lapisan Putih:
Tepung Terigu 300 gram
Tepung beras 200 gram
Gula pasir 375 gram
Santan kental 750 ml
Garam secukupnya

Lapisan Hijau:
Sama dengan di atas, hanya gunakan sedikit santan untuk blender pandan, sehingga tidak tambah air lagi.

Santan didapat dari 2 buah kelapa tua + air 1,4 liter. Panaskan santan, bagi 2 bagian.

Directions:
Lapisan Putih:
Campur semua bahan, gunakan whisk, aduk hingga rata. Kalau tidak rata/masih meringkil2, gunakan saringan sehingga adonan halus/rata.

Lapisan Hijau:
sda, untuk blender pandan dan daun suji : ambil kurang lebih 25 lembar daun pandan dan kurleb 10 lembar daun suji, potong kecil2, blender bersama sedikit santan.

– Panaskan dandang, siapkan loyang (1 resep bisa untuk loyang kotak ukuran kurleb 28×28 cm tinggi 6 atau 7 cm. Oles minyak atau alas plastik tahan panas.
– Masukkan adonan hijau sebanyak kurleb 5 sendok sayur (dia. kurleb 5 cm), kukus selama 3 menit dengan api yang tidak terlalu besar.
– Masukkan adonan putih dengan ukuran yang sama.
– Masukkan adonan hijau, demikian seterusnya, selang-seling hingga adonan habis.

Supaya cepat dingin, rendam di wadah yang sudah ada airnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *