Bandeng Presto

Bandeng Presto ini hasil akhirnya udah lumayan menurutku. Bumbunya sarat dan tulangnya juga empuk tapi kalau bandengnya besar, seperti yang kubuat terakhir ini, gak akan lunak sampai ke tulang2 besarnya yaaa…

Presto bandeng selama 90 menit, dihitungnya dari mulai panci berdesis. Dulu aku pernah bikin beberapa kali tapi karena anakku gak begitu suka jadi males deh bikinnya. Nah belakangan aku bikin lagi, eh Callista doyan, minta nambah malah, jadi semangat lagi bikin si bandeng presto. Bila tidak sempat masak, beli bandeng lalu bersihkan, simpan di freezer, terus kalau tidak sempat mempersiapkan bumbu halus, tinggal beli bumbu halus di pasar, terus masak deh hehehe bisa menggunakan sarangan atau langsung saja diungkep gitu dengan bumbu-bumbunya.

Resep ini untuk 1 kg bandeng isi 3 ekor. Untuk dipresto di panci ISA ukuran 5 liter, pass banget, cenderung sesak malah hehe… Jadi kalau mau bikin bandeng presto agak banyak tinggal dikalikan atau dikira2 saja yaaa bumbunya…

Bandeng Presto

Bandeng Presto

Bandeng Presto :

Bahan :
Bawang putih 15 siung
Bawang merah 25 siung
Ketumbar 1/2 sdt
Kemiri 9 butir
Garam secukupnya
Kunyit 3 cm
Jahe 3 cm
Lengkuas 3 cm
Sereh 2 batang
Daun jeruk 4 lembar

Untuk di panci: daun jeruk, sereh, jahe dan lengkuas yang dimemarkan secukupnya.

Directions:
– Haluskan bumbu2 (kecuali sereh dan daun jeruk)
– Masukkan sebagian bumbu ke dalam bandeng yang telah dibelah.
– Letakkan bandeng di klakat yang berlubang2, susun bandeng dengan cara berselang-seling (kepala-ekor, ekor-kepala)
– Siapkan panci presto, isi dengan air, jangan melebihi klakat
– Masukkan daun jeruk, sereh, jahe dan lengkuas yang telah dimemarkan. Terakhir masukkan klakat yang berisi bandeng. Tutup alat presto.
– Presto bandeng kurang lebih 1,5 jam

Tagged: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *