Category Archives: Cooking Tips

Bola Daging Pecah | Cooking Tips

Bola daging bisa dibuat masakan apa saja. Semur, bistik, atau bahkan opor. Agar tampak cantik dan menggiurkan, bola daging harus padat dan tidak pecah-pecah. Bila pecah, masakan tidak akan menarik lagi.

Penyebabnya :

  • Adonan daging tidak dipadatkan dengan benar ketika dipulung.
  • Bola daging terlalu lembut.
  • Bola daging yang lembut diaduk bersama irisan bumbu yang kasar.

Jalan keluar :

  • Ketika membentuk bola-bola, pulung berulang-ulang sehingga bola daging betul-betul padat. Terutama bila bola daging tidak menggunakan campuran tepung dan putih telur. Atau kepalkan adonan lalu tekan hingga keluar di antara jari telunjuk dan jempol. Lakukan berulang-ulang hingga padat.
  • Kadang bola daging ditambahkan terlalu banyak telur sehingga waktu direbus jadi pecah. Terutama kalau air belum mendidih. Ingat juga untuk mengecilkan api ketik air mendidih supaya letupan air tidak memecahkan bola-bola daging.
  • Ketika membuat bola daging yang lembut, sebaiknya ditumis terpisah dari bumbunya. Bola daging yang tidak terlalu lembek, bisa langsung ditumis bersama bawang bombay atau irisan cabai, tanpa takut pecah.

Rawon Terlalu Berlemak | Cooking Tips

Rawon yang enak, kadang jadi terganggung rasanya karena terlalu berlemak sehingga ketika disantap tidak enak rasanya. Bahkan rasa asin, manis, atau gurihnya pun tidak bisa dirasakan.

Penyebabnya :

  • Minyak untuk menumis terlalu banyak.
  • Menggunakan sandung lamur yang terlalu banyak lemak.

Jalan Keluar :

  • Ingat selalu waktu memblender bumbu, bumbu sudah ditambahkan sedikit minyak agar mudah lembut. Karena itu ketika menumis, jangan menambahkan terlalu banyak minyak. Bila bumbu menjadi berkerak karena kurang minyak, tak perlu khawatir. Bumbu yang menempel itu justru akan menyumbang keharuman.
  • Untuk membuat rawon, memang digunakan daging sandung lamur. Tetapi pilih yang lemaknya tak terlalu tebal. Bila telanjur membeli yang berlemak, masukkan dahulu di dalam lemari es setelah direbus sampai lemak menjadi beku. Setelahnya tinggal menyisihkan lemak yang membeku tadi. Harus diingat, keluark merupakan biji yang juga mengandung lemak.

Cornflake Tidak Renyah | Baking Tips

Tambahan cornflake di dalam kue kering bukan hanya untuk membuat kue kering kaya rasa, tapi juga untuk membuat tekstur kue kering jadi renyah. Tetapi seringkali, cornflakenya justru menjadi liat sehabis dipanggang. Apa penyebabnya?

cornflake

Penyebabnya :

  • Saat membuat adonan banyak, cornflake dimasukkan sekaligus.
  • Cornflake diremahkan terlalu hancur.
  • Sebelum dioven, kue tidak ditusuk-tusuk dahulu.

Jalan keluar :

  • Ketika membuat adonan kue kering lebih dari satu resep, sebaiknya adonan yang sudah jadi itu dibagi jadi beberapa bagian. Begitu juga cornflakenya. Campur satu bagian cornflake untuk satu bagian adonan yang siap dibentuk. Dengan begitu, cornflake tidak terlalu lama berada di dalam adonan. Makin lama adonan dibiarkan, cornflake akan menyerap lemak. Cornflake yang menyerap lemak, tidak bisa menjadi renyah.
  • Jangan remahkan cornflake terlalu halus. Bila terlalu halus, kerenyahannya tidak bisa terasa lagi. Meskipun tidak liat, kalau tak terasa renyah, seperti kue kering yang tidak menggunakan cornflake karena tidak ada kerenyahan tambahan.
  • Ingat selalu, bila menggunakan cornflake atau cereal lainnya, kue kering yang sudah dibentuk harus ditusuk-tusuk dahulu supaya panas oven bisa masuk sempurna dan cereal menjadi kering dan renyah.

Membuat Minyak Cabai | Membuat Sendiri

MINYAK CABAI tak usah beli di pasar. Sahabat pun bisa membuat sendiri. Dengan membuat sendiri, sahabat bisa membuat dalam jumlah banyak dan menggunakannya untuk berbagai macam hidangan.

 

MIE AYAM

Tambahkan minyak cabai ke dalam adukan mie yang sudah direbus. Aduk rata. Sentuhan pedasnya bikin mie jadi enak.

 

BUBUR AYAM

Topping minyak cabai di atas bubur ayam pasti bikin bubur ayam terasa segar dan menggiurkan.

 

BUMBU OLESAN JAGUNG BAKAR

Jagung bakar dioleskan minyak cabai, bukan cuma membuat jagung jadi terasa moist. Tetapi rasanya juga bikin gurih dan sedikit pedas.

 

SUP JAGUNG KENTAL

Masukkan minyak cabai ke dalam sup jagung. Rasanya menjadi sangat spesial.

 

Ini resepnya ya (dari Tabloid Saji Edisi 332 – 8-28 Juli 2015)

MINYAK CABAI :

Untuk 360 ml

Bahan :

  • 5 buah cabai merah keriting, dicincang halus
  • 8 buah cabai rawit merah, dicincang halus
  • 400 ml minyak goreng
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 4 buah cabai merah kering, cincang halus
  • 1/2 sendok makan minyak wijen

Cara Membuat :

  1. Campur cabai merah keriting, cabai rawit dan minyak. Masak di atas api kecil hingga 3/4 matang.
  2. Tambahkan bawang putih, aduk sampai bawang putih kering.
  3. Masukkan cabai merah kering. Aduk rata. Matikan api. Saring.
  4. Masukkan minyak wijen. Aduk rata.

Chiffon Cake Turun Setelah Mengembang | Baking Tips

Keistimewaan Chiffon Cake justru pada pengembangannya. Ketika cake naik sempurna, kita pasti senang melihatnya. Tetapi kegembiraan kita sering jadi hilang ketika melihat kue dingin, kue merosot turun.

chiffon cake
#photo dari bakerymagazine.com

Penyebabnya :

  • Pengocokan putih telur terlalu kaku.
  • Ketika mencampur adonan kuning telur dan putih telur, yang dituang adalah adonan kuning telur ke dalam putih telur. Bukan sebaliknya.
  • Kue tidak didinginkan sambil dibalik.
  • Kue sudah dikeluarkan dari cetakan sebelum dingin betul.

Jalan Keluar :

  • Pengocokan putih telur cukup hanya sampai mengembang (jambul petruk istilah bakulers). Jangan sampai kaku. Pengocokan yang kaku membuat putih telur jadi menggumpal. Ketika menggumpal, pengadukan menjadi terlalu lama dan adonan jadi mencair.
  • Ketika mencampur adonan kuning dan putih telur, tidak boleh terbalik. Adonan putih telurlah yang masuk ke dalam adonan kuning telur. Bukan sebaliknya. Bila terbalik, adonan pasti mengempis.
  • Kue tidak boleh dikeluarkan dari cetakannya bila belum dingin betul. Dan selama proses pendinginan, kue harus diposisikan secara terbalik.

Kue Kering Melebar dan Tidak Melebar | Baking Tips

Sebentar lagi Natal, tentunya yang usaha kue kering sudah mulai promo-promo dan menyetok untuk pelanggannya ya… Kalaupun masih baru terjun sebagai bakul kue kering, gak apa-apa kok, nyantai aja, dijalanin aja xixi (pengalaman pribadi).

Nah, tips ini buat yang bikin kue kering dan kadang bingung kenapa kue kering yang harus tidak melebar eh malah melebar sementara yang harusnya melebar eh malah menciut.

Kue kering yang melebar biasanya dibentuk dengan sendok, misalnya chocolate chips, cornflake, dll. Sementara kue kering yang tidak melebar dibentuk dengan cetakan kue kering, misalnya kastengels, kue kacang, putri salju, dll. Tetapi bagaimana bila kue kering yang harusnya melebar malah tidak melebar dan yang dicetaka malah melebar, apa yang harus dilakukan?

Penyebabnya :

  • tidak memperhatikan karakter adonan
  • terlalu banyak tepung pada adonan yang seharusnya melebar
  • tepung ditambahkan pada pengadonan sampai kalis

Jalan keluar :

  • adonan hanya boleh menggunakan sedikit tepung, dan banyak mentega
  • kocok mentega lebih lama ketimbang kalau Anda membuat kue kering yang dicetak
  • adonan tidak boleh sampai kalis
  • perhatikan resepnya, bila resepnya disendokkan, tentu tidak bisa dibuat dengan cara dicetak, begitu juga sebaliknya

peanut cookies

Cara Jitu Menghilangkan Karat Pada Cetakan Martabak

Anda punya Cetakan Martabak Manis? Tapi Karatan? Karena lama tidak dipakai… Jangan kuatir, dengan cara berikut Cetakan Martabak Anda akan kembali kinclong ­čÖé

cetakan martabak manis

1. Cuci cetakan martabak dengan air biasa, lalu lap dengan lap kering.

2. Siram dengan soda kue dan cuka (1 botol kecil), diamkan sebentar sampai busa menghilang.

3. Dengan cairan soda kue dan cuka masih dalam cetakan, gosok-gosok cetakan martabak dengan amplas, pada tahap ini karat dan kotoran akan lepas, air menjadi hitam kecoklatan.

4. Buang air cuka yang telah menjadi kotor dan siram dengan air bersih.

5. Cuci seperti biasa menggunakan spons kasar.

6. Siram dengan air bersih.

7. Siram di kompor, siram minyak lalu gosok-gosok menggunakan lap bersih hingga mengkilap.

8. Cetakan sudah siap digunakan kembali untuk membuat martabak manis.

 

Toko Bahan Kue “Yoek’s” di Bogor | Telp. 0251-8311436

Note: yang mau tanya-tanya apa saja yang dijual di toko Yoek’s, langsung saja telpon ke toko Yoek’s ya, saya hanya posting informasi tbk tersebut, bukan salesnya toko Yoek’s, nuwun yooo…

Alamat Toko Yoek’s :
Jalan Gedong Sawah I No. 7, Bogor
Telp. 0251-8311436

Bulan lalu saat mengantar pesanan mixer ke Bogor, tak sengaja bertemu Toko Bahan Kue “Yoek’s” yang posisinya tidak jauh dari stasiun kereta api. Tepatnya di depan hotel Salak.

Bila mencari tepung talas, bisa ditemukan di sini. Harganya Rp 25.000 per kilo. Kebetulan temanku mencari tepung talas, sebetulnya sih dia mencari tepung sukun dan kita cari-cari di pasar dekat situ (lupa nama pasarnya) namun karena sudah kesorean, banyak toko yang sudah tutup. Saat kita dalam perjalanan ke stasiun, iseng aku browsing-browsing untuk mencari Toko Bahan Kue di Bogor, dan bertemulah Toko Bahan Kue “Yoek’s” yang lokasinya di Jalan Gedong Sawah. Tak sengaja mataku menangkap tulisan “Jalan Gedong Sawah” jadilah kami menuju ke sana.

Sampai di Toko Bahan Kue “Yoek’s”, toko dah mau tutup namun karena kami berkeras dan bilang juga kalau jauh-jauh dari Jakarta, akhirnya sang pemilik membolehkan kami masuk.

Toko Yoek’s tergolong besar juga dan cukup lengkap. Pembeli berasal dari sekitar Bogor, namun ada juga dari daerah Puncak. Saat kami berbelanja, kirain kami pembeli terakhir, ternyata sudah ada pembeli yang berasal dari Puncak dan memborong dalam jumlah banyak. Menurut mereka sih harga di TBK Yoek’s termasuk murah dibandingkan TBK lainnya di Bogor.

 

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Toko Bahan Kue dan Kursus Masak dan Kue “Rossy”

Toko Bahan Kue dan Kursus Masak “Rossy” terletak di daerah Kota, Jakarta Pusat, tepatnya Jalan Alaydrus.

Kursus Kue maupun Kursus Masak di sini biasanya diajarkan oleh Chef Hadi Tuwendi, yang dulunya pernah bekerja di Holland Bakery, juga Chef Yongki.

Rata-rata biaya kursus Rp 300.000 – Rp 400.000, untuk kelas khusus bisa jutaan rupiah. Untuk kue-kuenya tidak diragukan lagi, enak banget lho…. Dulu Chef Yongki pernah share resep Sponge Cake yang yummy bin delicious rasanya, jadi kebayang donk untuk resep-resep kue lainnya…

Informasi jadwal kursus masak dan kue Chef Hadi : 085770006344 sementara Chef Yongki : pin bb 283BA7BD atau webnya www.yongkigunawan.com FP Chef Yongki Gunawan.

Untuk Toko Bahan Kue-nya lumayan lengkap, terutama bila mencari essence/flavour merk Toffieco, lengkap banget di sini. Jugasoft cream dan butter Hollmann, ada di sini.

Jpeg

Juga ada butter cream yang sudah jadi, tinggal diaplikasikan ke cake / cup cake, butter cream dimaksud adalah Hollmann, rasanya ya lumayan juga sih buat pemula seperti saya xixi per kilo dibandrol Rp 50.000 dan kemasan dalam ember kecil gitu.

Butter Cream Siap Pakai merk "Hollmann"
Butter Cream Siap Pakai merk “Hollmann”

Loyang-loyang kue aneka jenis juga ada, cup cake tier, packagingnya dan lain-lain.

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Kue Tradisional Indonesia (Bagian 1 – Jenis-jenis tepung)

Kue tradisional Indonesia banyak macamnya. Ada yang sederhana, seperti cenil atau ongol-ongol. Ada pula yang butuh sedikit latihan untuk membuatnya, seperti kue lapis. Bahkan ada yang perlu spesialisasi khusus, seperti kue bika Ambon.

KueTradisional

BANYAK KEMUDAHAN

Namun demikian kita tak perlu takut mencoba kue tradisional. Memang ada suatu masa ketika kue tradisional dibuat tanpa ukuran dan hanya memakai perasaan. Sekarang sudah banyak petunjuk membuat kue tradisional yang telah dituliskan dalam bentuk resep. Bahan-bahan seperti tepung beras dan tepung ketan yang dulu harus ditumbuk sendiri, kini sudah bisa dibeli siap pakai. Santan pun telah dijual dalam bentuk cairan atau bubuk. Bahkan, penambah aroma pandan telah dibuat dalam bentuk esens, sehingga kita tidak perlu memelihara tanaman pandan di halaman rumah.

KIAT SUKSES

Sayangnya belum semua bahan kue tradisional telah standar. Gula merah misalnya, masih merupakan industri rumahan yang sulit dikontrol kualitasnya. Ada yang kehitaman, kuning, dan ada yang tidak murni hingga kadang membuat kue bantat. Agar sukses membuat kue tradisional gunakan bahan yang terbaik kualitasnya. Tepung sagu yang baik di Jakarta (contoh merek Alini) belum tentu ada juga di daerah, mungkin di daerah tepung sagu dengan kualitas sejenis namun dengan merek lain.

MENGENAL BAHAN DASAR

Tepung beras

Tepung beras banyak digunakan dalam kue tradisional Indonesia. Sewaktu membeli tepung beras siap pakai perhatikan isi dan kemasannya. Jangan membeli yang kemasannya berlubang, sudah kadaluarsa atau aromanya apek.

Tepung Beras
Tepung Beras

Tepung ketan

Sama halnya dengan tepung beras, tepung ketan pun tersedia dalam bentuk siap pakai (misalnya merek Rosebrand). Tidak seperti tepung beras, tepung ketan akan menghasilkan kue yang lentur, kenyal dan agak liat.

Tepung kanji

Terbuat dari pati singkong. Disebut juga tepung aci atau tepung sagu ubi. Fungsinya memberi kekenyalan pada kue. Yang bagus akan “melawan” kalau digigit.

Tepung sagu aren

Dibuat dari pati pohon aren. Dapat digunakan sebagai pengganti tepung kanji. Terbuat dari bagian tengah pohon sagu / pohon aren. Bagian batang pohon aren dikeruk, dihaluskan, dicampur air dan didiamkan hingga mengendap. Endapannya dikeringkan kemudian dihaluskan atau dibentuk lempengan menjadi keping sagu dan biasa disebut sagu lempeng, menjadi makanan pokok di Indonesia Timur.

Tepung Sagu
Tepung Sagu

Tepung hunkue

Dibuat dari pati kacang hijau. Biasanya dijual dalam kemasan kertas 120 gram (misalnya merek Bunga, dll). Tepung hunkue yang bagus, setelah diolah menjadi kue tidak akan lembek dan garing teksturnya setelah dingin.

Tepung terigu

Untuk kue tradisional, baik yang basah atau gorengan, di Jakarta biasanya digunakan tepung terigu serba guna cap segitiga biru keluaran Bogasari. Tepung terigu dihasilkan dari endosperm biji gandum. Berdasarkan kadar gluten atau protein terdapat 3 macam tepung terigu :

1. Hard flour (tepung terigu protein tinggi), dengan kandungan protein 14% (minimal 12%), digunakan untuk pembuatan roti, mie, pasta, kulit martabak telur, kulit risoles. (merek Cakra Kembar bila produksi Bogasari)

2. Medium flour (tepung terigu protein sedang), dengan kandungan protein antara 10-11%, digunakan untuk cake dan pastry, gorengan dan kue tradisional. (merek Segitiga Biru bila produksi Bogasari)

3. Soft flour (tepung terigu protein rendah), dengan kandungan protein 8-9%, digunakan untuk kue kering, biskuit dan juga cake. (merek Kunci Biru bila produksi Bogasari)

Semakin tinggi kandungan protein suatu terigu,semakin tinggi pengembangan volume roti, tapi juga roti yang dihasilkan bisa liat karena tingginya gluten.

Untuk kue tradisional gunakanlah tepung terigu protein sedang.

Tepung Terigu
Tepung Terigu

Tepung maizena

Terbuat dari pati jagung, umum dipakai sebagai bahan utama pada vla, campuran kue basah, kue kering dan juga cake. Pada sup dipakai untuk mengentalkan sup, saos, juga puding, es krim, memberi tekstur halus dan lembut pada sponge cake dan puding, serta efek renyah pada kue kering.

 

Tips:penyimpanan tepung terigu:

Agar tepung tidak mudah rusak, simpan dalam wadah kedap udara. Atau, masukkan dalam wadah bersih, misalnya stoples, beri sebuah cabai merah segar yang bersih, lalu tutup rapat. Simpan tepung dalam ruangan berventilasi baik, dingin (15 derajat Celcius), tidak panas dan tidak pengap supaya tidak lumer karena terigu pun mengandung lemak, kering dan bebas dari bau, karena tepung terigu mudah menyerap bau. Bila dalam karung, karum harus ditempatkan di atas bantalan kayu dan terhindari dari sinar matahari, karena dapat menyebabkan tengik. Ruang penyimpanan harus bebas dari segala binatang kecil/serangga.