Category Archives: Cooking Tips

Cara Membuat Kulit Risoles – seluk-beluk n tips n trik

Cara Membuat Kulit Risoles
Cara Membuat Kulit Risoles

Ini aku copas dari blognya mbak Ine (dulunya di multiply: elkaje.multiply.com)

Mbak Ine ini masternya kue-kue basah, terutama risoles, soes, susmaker, dll. Resep Macaroni Schotelnya dah terkenal di seantero dunia “maya” perkulineran. Sekarang beliau lebih dekat lagi ke dunia “rerotian”, sepertinya akan buka toko rotikah dalam waktu dekat? hehe semoga ya mbak 🙂 Semoga gak bosan kalau aku kasih food tester ya xixi

Buat sebagian orang, mungkin Cara Membuat Kulit Risoles adalah mudah tapi buat yang lainnya masih agak sulit. Untuk itu dibaca deh seluk-beluk / tips n triks Cara Membuat Kulit Risoles berikut ini:

  • Kulit Risoles berbeda dengan kulit lumpia siap pakai yang bisa beli di pasar tradisional atau supermarket.
  • Kulit Risoles lebih lembut, karena mengandung lebih banyak air dan telur, tidak renyah setelah di goreng, sementara kulit lumpia hanya air saja dan garing renyah setelah di goreng.
  • Kulit Risoles yang bagus, harus tipis tetapi liat/alot tak mudah robek.
  • Kulit yang terlalu tebal, akan pecah saat di pakai membungkus dan dilipat.
  • Ketipisan kulit risoles dipengaruhi dari jumlah campuran air dan jumlah adonan saat mendadarnya.
  • Makin banyak air, adonan makin encer, makin mudah di buat tipis, tapi ini belum tentu baik hasilnya, karena makin encer adonan, kulit akan makin rapuh.
  • Supaya kulit liat dan tidak rapuh, adonan harus diuleni dulu sampai kalis dan diistirahatkan kira kira 30 menit sebelum di dadar.
  • Mencampur adonan, yaitu mencampur tepung, telur dan air, jangan di remas-remas, karena kalau di remas, pasti akan meringkil.
  • Gunakan whisker, sendok kayu atau bahkan telapak tangan langsung saat mengaduk adonan, dengan putaran searah, dengan menuang air sedikit demi sedikit.
  • Hentikan sementara menuang air saat adonan menjadi pasta kental, aduk2 sampai kalis, atau keplok2 jika menggunakan tangan langsung. Adonan makin lama makin halus dan lentur, adonan terlihat licin, halus dan waktu di tarik rada mulur
  • Lama mengaduk atau menepuk-nepuk, tergantung tenaga dan kekentalan adonan.
  • Setelah di rasa cukup, tambahkan air sedikit-sedikit sambil di aduk-aduk sampai rata, lakukan sampai air habis.
  • Kalau mengaduknya kurang oke, sehingga ada beberapa yang meringkil, jangan segan-segan di saring setelah air di tuang semua.
  • Saat ini, ada alat bernama master crepes, wajan terbalik untuk mendadar kulit risoles dengan rapi, tanpa butuh ketrampilan khusus. Tidak banyak orang yang memiliki wajan jenis ini, karena harganya mahal, bisa 5 atau 6 kali lipat dari wajan dadar biasa.
  • Jika tidak ada master crepes, gunakan wajan dadar (biasa kita sebut teflon), atau bahkan wajan biasa yang cekung, tentu perlu berlatih untuk ini, latihan tak sesulit yang dikira banyak orang.
  • Gunakan wajan dadar berlapis teflon, supaya tidak usah mengoles dengan minyak goreng. Karena kalau selalu di oles minyak goreng, kulit kelihatan bopeng-bopeng tidak cantik. Kalau tidak di oles, kulit akan halus dan cantik dan kering.
  • Kulit tidak akan lengket di teflon, kalau di campurkan minyak atau margarine cair saat mengadoni kulit tsb.
  • Wajan harus cukup panas saat di tuang adonan, kalau kurang panas, kulit akan terasa lengket-lengket saat dipegang dan tidak bisa kering.
  • Tanda wajan cukup panas, saat di tuang adonan, ada suara ‘ceeeessss’ cukup keras.
  • Kalau wajan kurang panas, kulit akan kelihatan sangat tipis di wajan, tapi tidak bisa kering/lengket lengket di bagian tengahnya.
  • Siapkan tampah terbalik untuk wadah kulit yang baru matang
  • Setelah pinggirnya mengering, balikkan wajan teflon di atas tampah, supaya kulitnya terlepas, biarkan agak dingin di atas tampah.
  • Kulit jangan di tumpuk saat masih panas, karena akan lengket satu sama lain
  • Setelah dingin, bisa di tumpuk dan tidak akan lengket.
  • Tidak perlu menyelipkan daun pada setiap lembar kulit.
  • Daun bisa digunakan untuk menandai jumlah saja, misalkan tiap 10 lembar, untuk memudahkan hitungan.
  • Jika membuat dalam jumlah sedikit, bisa saja begitu kulit jadi, langsung di isi dan di lipat.
  • Kulit di tumpuk, apabila pembuatan kue/risoles dalam jumlah banyak, gunakan beberapa wajan dadar sekaligus untuk mempersingkat waktu kerja.

 

Resep Dadar Kulit Risoles

250 gr Tepung terigu protein tinggi (mis Cap Cakra kembar)

2  bt telur

1 sm minyak goreng (bisa di ganti margarine di cairkan)

garam

1/2 sendok teh baking powder

600-650  CC air

 

CARA:

Campur bahan kering, aduk jadi satu, pecahkan telur di tengah2 tepung, tuang minyak goreng, tuangkan air sedikit demi sedikit sambil di aduk searah. selanjutnya, lihat petunjuk di atas.

  • Air jangan di tuang semua, sisakan kira2 50 cc, lihat situasi, tepungnya cukup kering atau lembab.
  • Bagi pemula, bisa mengencerkan adonan, sebatas petunjuk di resep saja.
  • Satu resep bisa jadi 25-30 lembar kulit. bagi pemula, 20-23 lembar aja sudah suatu prestasi bagus. Ukuran diagmeter wajan 24 cm.
  • Gunakan sendok sayur yang pas satu sendok untuk satu kali dadaran, ini memang mesti di cari dan di coba2, agar hasil kulitnya merata.
  • Goyangkan wajan segera setelah menuang sesendok adonan, supaya adonan cepat menyebar menutupi permukaan wajan.
  • Satu resep dasar Kulit risoles, bisa digunakan untuk berbagai macam kue, Risoles Soto Mie, Sosis Solo, Panekuk Coklat, Dadar gulung hijau, crepes dll
  • Untuk rasa kulit lebih gurih, gantikan minyak goreng dengan margarine, dan tambahkan 50 gram susu bubuk, atau, gantikan air dengan menggunakan susu cair.
  • Kalau untuk risoles biasa, pakai air saja sudah cukup enak, karena isinya sudah mengandung susu (ragout).
  • Untuk panekuk coklat, ganti 30 gr terigu dengan 30 gr coklat bubuk, gunakan juga susu bubuk supaya lebih gurih.
  • Untuk dadar gulung, gunakan air daun suji untuk mengadoni sebagian air bisa di ganti santan.
  • Khusus dadar gulung, justru setiap akan menuang adonan ke wajan, harus di oles minyak supaya bopeng2, karna inilah trade marknya si dadar gulung. (kata ibunya Rita Fauziah tuh…:-))
  • Pengoles minyak di wajan, buat dari kain tipis yang di uwel2, lalu di ikat ujunnya. Bagian yang bulat yang di celupkan ke minyak atau margarine cair, di oles2kan ke wajan, sehingga minyak tidak berlebihan di wajan.

Tips Memasak Mie Instan Agar Sehat

Hujan-hujan seperti ini (banjir pula Jakarta, hadeuhhh…) enaknya menyantap makanan yang berkuah panas seperti bakso, soto, bubur atau mie instan. Namun jangan sering-sering yaaa… menurut dokter sih, cukup sekali dua minggu karena kandungan pengawet maupun bahan-bahan lainnya dalam mie instan bisa menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan bila dikonsumsi lebih sering.

Mie instan adalah sumber karbohidrat yang bukan komplek. Bahannya terbuat dari terigu, tepung yang diproses. Makin diproses, sumber karbohidrat jadi makin kurang sehat.

Selain itu, di dalam kemasan mie instan terdapat terdapat bumbu dan minyak.

“Bumbu dan minyak ini yang bikin mie instan jadi enak karena banyak garam, penyedap, dan lemak dari minyak,” ujar dr Fiastuti Witjaksono, SpGK, dari departemen gizi fakultas kedokteran UI Jakarta.

Kebanyakan garam, penyedap, dan lemak ini tentunya merugikan kesehatan. Terlalu banyak bumbu mie instan dan penyedap bisa membahayakan tekanan darah karena keduanya sama-sama sumber natrium. Kebanyakan lemak bisa membahayakan kesehatan jantung.

Meski begitu, dr Fiastuti berpendapat agak salah kaprah jika melarang mengonsumsi mie instan. “Boleh-boleh saja makan mie instan, asal ada syaratnya,” katanya pada Sehatnews.com.

Tips Memasak Mie Insant Agar Sehat
Tips Memasak Mie Insant Agar Sehat

Berikut Tips Memasak Mie Instan Agar Menjadi Makanan Yang Menyehatkan.

Syarat pertama adalah mengurangi bumbu dan minyaknya. Bumbu harus dikurangi agar asupan natrium yang berlebihan bisa dihindari. Minyak bumbu mie instan pun harus dikurangi untuk mengurangi asupan lemak.

Apalagi jika mie instan itu disiapkan untuk anak-anak. Anak tidak dianjurkan makan garam atau gula berlebihan.

Jangan mengajari anak untuk menyantap makanan yang kebanyakan garam dan penyedap. Sebab begitu anak tahu rasa enak dari makanan yang banyak garam dan penyedap, dia tak mau lagi makanan yang kurang asin. Beda dengan orang dewasa yang sudah punya nalar dan memilih makanan sehat.

“Sama halnya dengan rasa manis. Anak yang biasa minum manis akan kesulitan minum susu tanpa gula. Maka mulailah memberi anak susu plain atau tanpa rasa,” katanya.

Meskipun anak tidak boleh diberi diet rendah lemak, ia menegaskan anak tidak boleh diberi lemak sebebas-bebasnya.

Dr Fiastuti berpesan agar anak tetap diberi lemak namun tetap dipilihkan lemak tak jenuh tunggal dan ganda seperti yang terdapat pada alpukat dan ikan.

Syarat kedua, harus ditambahkan zat gizi yang lain sehingga memasok gizi yang komplit untuk tubuh.

“Mie instan jadi makin tak sehat jika dikonsumsi hanya mie saja. Itu artinya, kita hanya mengasup karbohidrat saja. Apalagi jika mie instandijadikan lauk makan nasi. Ini makin tak sehat,” tegasnya.

Agar sehat, hendaknya mie instan disajikan bersama dengan sayuran dan sumber protein sehingga tercapai komposisi ideal 60 persen karbohidrat, 15-20 persen protein, dan 30 persen lemak.

“Sumber protein paling mudah ditambahkan di mie instan adalah telur. Sumber protein telur ini termasuk yang paling baik karena mengandung asam amino yang paling lengkap,” kata dr Fiastuti.

Ketiga, selalu lakukan 2x perebusan. 

1. Rebus mie instan dalam air mendidih.

2. Tiriskan mie instan, buang air rebusan pertama. Mie instan dilapisi dengan lapisan lilin agar mie tidak lengket, lapisan tersebut akan larut dalam air rebusan pertama sehingga air rebusan pertama lebih baik tidak digunakan.

3. Rebus air yang baru hingga mendidih, apabila Anda ingin membuat mie goreng, cukup bilas mie dengan air panas, sebaliknya apabila Anda ingin mie kuah, jadikan air rebusan kedua sebagai kuahnya.

4. Masukkan bumbu mie instan secukupnya, dan juga bumbu minyak secukupnya, apabila ingin lebih asin dapat diganti dengan garam dan tambahkan sayuran sebagai pelengkap mie Anda.

Dengan merebus mie instan dua kali dan mengurangi penggunaan bumbu mie instan maka dapat mengurangi resiko penyakit yang dapat ditimbulkan dari mengkonsumsi mie instan.

(sumber: sehatnews.com)

Tips Merawat Peralatan Dapur

Peralatan dapur yang hampir setiap hari dipakai  sudah seharusnya dirawat supaya berumur panjang dan dalam kondisi yang siap pakai kapan saja pada saat kita akan memerlukannya, jangan sampai ketika kita akan menggunakanya ternyata peralatan tersebut rusak atau berkurang kualitasnya hanya karena kita kurang baik dalam merawatnya.
Alat Dapur menurut bahan pembuatannya yaitu: Kayu/bambu, plastik, kaca, plastik/melamin, kaca, dan logam. Untuk lebih jelasnya berikut ini Tips Merawat Peralatan Dapur: .

 

Peralatan Dapur yang selalu dirawat membuatnya berumur panjang
Peralatan Dapur yang selalu dirawat membuatnya berumur panjang

Tips merawat alat dapur yang dilapisi dengan bahan anti lengket

Peralatan yang dilapisi dengan bahan anti lengket adalah: panci, wajan, pamci penanak nasi listrik dan lain-lain. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Saat membersihkan gunakanlah spon yang benar-benar lembut , janganlah memakai spon kasar atau sikat kawat karena benda tersebut dapat mengikis lapisan anti lengketnya.
  • Janganlah merendam alat dapur yang mengandung lapisan anti lengket dengan air dingin saat alat tersebut masih dalam keadaan panas, karena kemungkinan laipsan anti lengket tersebut menjadi rusak dan terkelupas.
  • Khusus untuk panci alat penanak nasi listrik janganlah dilpakai untuk mencuci beras karena akan mengikis lapisan anti lengketnya

Tips merawat alat dapur yang terbuat dari bahan logam

Logam yang banyak digunakan sebagai bahan pembuat peralatan dapur adalah: alumunium, tembaga, besi, dan stainless steel. Untuk merawatnya sangat mudah yaitu dengan cara:

  • Untuk mencegah lengketnya bahan makanan ke peralatan seperti panci maka rebuslah air yang telah dicampur cuka memakai panci tersebut selama beberapa menit, setelah itu barulah panci dapat dipakai untuk memasak.
  • Untuk membersihkan karat atau noda hitam, bersihkanlah dengan minyak tanah, setelah bersih cucilah dengan sabun colek agar bau minyak tanahnya hilang, kemudian dapat dilakukan pencucian seperti biasa menggunakan air dan sabun pencuci piring. Apabila tidak tersedia sabun pencuci piring maka kita dapat menggunakan air dari perasan jeruk nipis atau bila perlu tambahkan sedikit asam jawa sebagai penggantinya,  dengan demikian maka perabotan dapur yang terbuat dari logam akan kembali bersih dan mengkilap seperti baru.
  • Untuk yang berbahan logam alumunium dan stainless steel: setiap selesai dicuci keringkanlah dengan lap yang dapat menyerap air dengan baik agar sisa-sisa percikan air yang menempel hilang, karena sisa percikan air yang menempel pada logam alumunium dan stainless steel apabila tidak dilap akan menguap dan meninggalkan bekas berupa bercak.

 

Tips merawat alat dapur yang terbuat dari bahan plastik dan melamin

Untuk alat dapur yang berbahan palstik dan melamin memang agak susah untuk menghilangkan bau tertentu, lemak, atau minyak yang menempel meskipun kita sudah mencucinya berulang-ulang  menggunakan air perasan jeruk nipis atau sabun pencuci piring yang mengandung aroma jeruk atau lemon, Tetapi Saya pernah mencoba dengan metoda sederhana yang sangat mudah dilakukan untuk mengilangkan bau pada peralatan dapur yang terbuat dari plastik, caranya adalah dengan merendam wadah plastik tersebut dengan air panas selama 15 sampai 30 menit agar semua lemak atau minyak yang melekat dapat terlepas, setelah itu barulah dicuci dengan sabun pencuci piring yang mengandung aroma jeruk atau lemon kemudian dibilas dan dikeringkan.

Untuk yang berbahan melamin cara merawatnya hampir sama dengan alat dapur yang terbuat dariplastik, hanya saja terdapat dua hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Saat mencuci gunakanlah spon yang lembut, karena bila menggunakan spon yang kasar akan mengikis dan menggores lapisan terluar dari alat dapur tersebut, warna melamin akan memudar dan lama-lama warna atau gambar akan hilang.
  • Pakailah peralatan dapur yang terbuat dari bahan melamin hanya untuk bahan makanan yang bersuhu rendah/dingin. janganlah memasukkan bahan makaan atau minuman yang masih dalam keadaan panas karena bahan melamin mudah terlepas dan bercampur dengan bahan makanan atau minuman yang panas tersebut, melamin yang masuk ke dalam tubuh dengan jumlah yang banyak dan terus menerus dicurigai akan memicu penyebab tumbuhnya kangker di dalam tubuh.

 

Tips merawat alat dapur yang terbuat dari bahan kayu atau bambu,

Alat dapur jenis ini biasanya alat dapur tradisional yang hanya ada di dapur-dapur tradisional yang ada di kampung-kampung, meskipun ada yang menggunakannya di kota maka jumlahnya sedikit karena sudah tergamtikan dengan peralatan dapur yang terbuat dari plastik atau yang lebih modern.  contoh: Talenan(landasan untuk memotong bahan makanan), centong nasi,  saringan, tampah, dan lain-lain.

Untuk merawat jenis peralatah ini tidaklah terlalu sulit, kita cukup menjaga peralatan tersebut agar selalu dalam keadaan bersih dari sisa-sisa bahan makanan dan kering saat disimpan. caranya adalah dengan mencucinya dengan sabun pencuci piring ayang mengandung aroma jeruk atau lemon lalu dibilas dengan air bersih dan dikeringkan, Khusus untuk talenan yang sering berhubungan dengan daging atau ikan cara merawatnya adalah dengan melumurinya dengan minyak goreng pada permukaan yang terdapat sisa-sisa daging atau ikan yang menempel lalu direndam dengan air panas, setelah itu maka talenan dapat dicuci dengan menggunakan sabun pencuci piring, lalu dibilas dan dijemur atau dilap sampai kering

 

Tips Memilih Panci Presto

econo5liter
Panci Presto ISA sangat memenuhi syarat sebagai panci presto yang berkualitas

Panci presto (pressure cooker) adalah alat yang digunakan untuk membuat aneka ragam masakan dengan cepat dan praktis menjadikan pekerjaan di dapur lebih mudah dan efisien karena masakan jadi lebih cepat matang dan empuk dalam waktu singkat.

Ada 4 (empat) keuntungan jika Anda memiliki panci presto :

– Cepat dalam waktu proses memasak

– Sehat karena kualitas gizi dalam masakan terjaga

– Hemat dalam penggunaan bahan bakar gas / minyak tanah

– Praktis dalam penggunaannya

 

Berikut Tips Memilih Panci Presto yang baik :

Bagaimana panci presto dapat memberikan keuntungan ini?

Panci presto memasak pada suhu lebih dari 100°C sehingga waktu masak yang dibutuhkan berkurang 70% dan energi yang diperlukan hanya 50%. Di saat yang sama, Anda dapat menjaga kualitas vitamin, mineral dan nutrisi. Memasak dengan tekanan dapat memastikan aroma dan warna makanan tidak berubah.

 

Tips Memilih Panci Presto:

Pilihlah panci presto dengan bahan stainless steel yang tebal dan kuat. Hal ini dikarenakan panci harus dapat menahan tekanan uap yang kuat, agar daging/ tulang ayam yang dimasak bisa lunak.

Panci presto yang baik dilengkapi dengan pengaman. Jadi ketika tekanan presto melebihi tekanan yang ditentukan, maka pengaman otomatis akan terbuka dan uap air yang berlebihan akan keluar. Presto yang tidak dilengkapi dengan pengaman sangat berbahaya karena beresiko bisa meledak.

Pada saat memasang tutup presto, pastikan terpasang dengan rapi dan tepat. Pemasangan karet presto yang tidak tepat akan mengakibatkan keluarnya uap air dan masakan yang dimasak hasilnya yang tidak akan maksimal. Karet presto yang sering dipakai berkali-kali bisa rusak dan tidak elastis lagi, sebaiknya diperiksa dan diganti secara berkala.

Panci Presto yang banyak digunakan oleh ibu-ibu sejak 1990-an adalah PANCI ISA

isa praktik 7 liter panci isa

Tips Menggunakan Panci Presto

Buka tutup panci presto  dengan cara menggeser pegangan tutup panci berlawanan arah jarum jam lalu angkat. Masukkan bahan yang akan dimasak dengan air yang disesuaikan.

Tutup kembali panci presto (perhatikan tanda segitiga pada tutup panci presto, harus sama dengan  tanda segitiga pada gagang panci) dengan cara menggeser pegangan tutup panci presto searah jarum jam sehingga pegangan tutup panci sejajar dengan pegangan pada panci presto.

Pada saat mulai memasak menggunakan panci presto, pergunakan apibesar. Setelah terdengar bunyi desis panjang, kecilkan api agar masakan dapat matang dengan merata dan lunak. Desis panjang adalah pertanda air yang ada didalam panci presto sudah mendidih. Saat inilah waktu memasak dengan presto dihitung.

Perhatikan jangan sampai air di dalam panci sampai kering, selain masakan yang hangus, panci presto akan menjadi rusak.

Saat dirasa masakan sudah matang (biasanya 60% lebih cepat dari panci biasa), matikan api dan tunggu sekitar 10 menit. Selanjutnya angkat dan miringkan katup besar (di tengah tutup panci) hingga bendol kecil turun pada posisi semula. Setelah tidak ada uap/ tidak berdesis lagi maka tutup panci presto baru dapat dibuka. Ada beberapa jenis pancci presto yang dilengkapi dengan alat pengukur tekanan uap.

 

Jangan sekali-kali membuka tutup panci presto sebelum mengeluarkan uapnya terlebih dahulu! Berbahaya!

Jika setelah tekanan dikeluarkan dan panci presto dibuka ternyata makanan masih belum cukup matang, jangan khawatir, proses memasak dapat dilanjutkan kembali dengan menutup panci presto.

Setelah mencoba beberapa saat, anda akan mempunyai pengalaman untuk menentukan    waktu memasak yang terbaik untuk anda.

Selamat Memasak dengan Panci Presto!