Category Archives: Recipes

Tahu Isi Sayuran

Sewaktu demo di rumah temanku di Medland Tambun, temanku Hartini membuat Tahu Isi sebagai suguhan arisan. Sebenarnya sering banget ketemu Tahu Isi ini di tukang gorengan, biasa depan kompleksku ada tukang gorengan yang menjualnya jadi ga pernah kepikiran buat bikin, tinggal beli ga repot hahaha

Eh iya sewaktu makan di Foodcourt MAG, biasa aku beli pastel ma’cik dan kulihat ada Tahu Isi, aku beli dan makan, dan aku kuciwa huuuu karena si Tahu isiannya dikit bangettt, padahal sayuran seperti wortel dan kol khan ga mahal, itu Tahu Isi dijual satuannya Rp 4.500, mihil yakkk, lebih baik bikin sendiri deh puas isiannya bisa banyak…

Ini dia Tahu Isi yang kubeli di booth Ma’cik, dikit bangettt khan isiannya…

Lalu suatu kali aku pulang dari MAG dan biasa mampir ke pasar Hybrida, Kelapa Gading trus lihat tahu kok jadi pengen bikin Tahu Isi. Tahu yang kubeli itu bukan Tahu Pong sih, Tahu Pong yang dalamnya kopong khan ya… ini bentuk segitiga dan dalamnya tidak kopong tapi ya setahuku tahu jenis tersebut biasa dibuat Tahu Isi.

Setelah beli tahu, kol dan wortel, aku pun browsing2 resep si Tahu Isi, walau udah tanya temanku, teteup donk perlu referensi lain hehehe dan akhirnya ketemulah resep Tahu Isi ini dari webnya www.DiahDidi.com Langsung deh eksekusi.

Tahu Isi Sayuran

Bahan Pencelup :

  • 100 gram tepung terigu protein sedang (aku ga nimbang euy, pas lagi ga ada timbangan, jadi kurang lebih 6 sendok makan, kurang dari 100 gram sepertinya sih tapi menurutku udah cukup buat tahu 10 pcs)
  • 2 sendok makan tepung beras
  • 2 sendok makan tepung sagu (ini aku tambahkan sendiri)
  • ½ sendok teh kaldu bubuk (aku pakai penyedap jamur)
  • ¼ sendok teh ketumbar, haluskan
  • 1 siung bawang putih, haluskan

Campur semua bahan dengan air secukupnya, sampai didapat kekentalan yang sedang

Bahan Isi :

  • 3 buah wortel, parut (aku menggunakan parutan keju)
  • 1/8 kol, iris halus
  • 1 sendok the penyedap
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 1 batang daun seledri, iris halus

 

Bumbu halus untuk tumis sayuran :

  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • ¼ sendok teh merica butiran
  • 1 sendok teh ebi (aku ga pakai)
  • bila suka pedas, bisa tambahkan cabe (dihaluskan boleh, diiris juga boleh)

 

Cara membuat :

Isian Sayuran :

Panaskan 1 sendok makan minyak goreng, tumis bumbu halus untuk sayuran hingga harum, masukkan wortel dan kol hingga agak layu, lalu masukkan bahan lainnya.

 

Tahu Isi :

  1. Buka tahu dan cungkil sebagian tahu, masukkan isian sayuran ke dalamnya. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak. Ambil tahu isi, celup ke dalam bahan pencelup, lalu goring hingga matang dan kecokelatan.

Puding Cokelat DCC

Puding Cokelat selalu menjadi favoritku juga anakku Callista. Setiap kali mo dibikinin puding, selalu mintanya Puding Cokelat, dan juga dengan vla yang banyak. Biasanya bikin 1 resep Puding Cokelat dan vla-nya selalu bikin 2 resep, kalau 1 resep pasti kurang, biasanya sudah habis vlanya dan pudingnya masih ada. Jadilah selalu bikin 2 resep biar puas makannya hahaha

Kali ini aku coba Resep Puding Cokelat DCC, menggunakan Dark Cooking Chocolate dan Coklat Bubuk. Tekstur pudingnya lembut dan berasa banget cokelatnya tapi aku lebih sukar yang hanya cokelat bubuk atau puding cokelat yang biasa aku bikin.

Puding Cokelat DCC

Bahan

  • Susu Cair (UHT) 1 liter
  • Gula pasir 250 gram
  • Coklat bubuk 25 gram
  • Agar-agar plain (putih) 1 bungkus
  • Dark Chocolate 100 gram
  • Maizena 15 gram (larutkan dengan sedikit air)

Cara membuat :

  1. Masak semua bahan kecuali maizena
  2. Masak dengan api kecil sampai mendidih sambil terus diaduk.
  3. Setelah mendidih tambahkan larutan maizena dan aduk rata.
  4. Kemudian segera tuang pada cetakan.
  5. Dinginkan, kemudian lepaskan dari cetakan.

Brudel (or Bluder) Khas Manado

Sudah lama pengen bikin Brudel, (atau Bluder?) ini, akhirnya kesampaian juga hahaha Tepatnya setelah chit chat dengan ibu pendeta Roy Mandagi saat pertemuan kampung Talawaan bulan lalu di Cibitung. Ibu pendeta (lupa namanya hehe) memang sering membuat aneka kue basah Manado dan kuenya enak2 🙂

Jadi niatlah daku tanya2 resep kue2 seperti Brudel/Bluder ini, namun tepung yang digunakan dalam resep yang dishare ibu pendeta sepertinya kebanyakan, 1 kg per resepnya. Biasa deh aku buat perbandingan dengan resep lainnya, jadi aku ambil average aja karena resep lain dengan jumlah telur yang kurang lebih sama, ada yang 300 dan 500. Bila 1 kg kebanyakan, pastinya 300 kedikitan jadi yang pas adalah 500 gram, ya khan? hehe

Oh iya satu hal lagi, menurut ibu pendeta, aslinya dalam membuat brudel menggunakan santan, jadi aku ikuti menambahkan santan di adonan, ga banyak sih hanya 1 sachet kecil dan hasilnya ada gurih2 si santan, enak sih menurutku tapi bila tidak suka ya skip saja santannya.

Untuk tekstur si Brudel/Bluder udah dapat, cake enggak roti enggak dan mudah byar gitu…

BRUDEL KHAS MANADO

Bahan :

  • Margarin 150 gram
  • Gula pasir or halus 100 gram
  • Susu kental manis 1/2 kaleng
  • Kuning telur 5 butir
  • Putih telur 3 butir
  • Santan kara 65 ml (1 sachet kecil)
  • Air 185 ml
  • Ragi instan 1 sdt (larutkan dengan sedikit air dari 185 ml air)
  • Tepung terigu 500 gram, ayak
  • Vanilla 1 sdt
  • Keju parut 100 gram

Cara membuat :

  1. Kocok margarin dan gula hingga lembut (kurang lebih 10 menitan).
  2. Tambahkan telur, kocok hingga rata.
  3. Masukkan vanilla, susu kental manis dan santan.
  4. Masukkan air dan air + ragi, aduk hingga rata.
  5. Tambahkan tepung dan terakhir keju parut.
  6. Tuang adonan ke loyang tulban diameter 24 cm.
  7. Tutup dengan serbet, tunggu hingga mengembang.
  8. Setelah agak mengembang, panggang dengan suhu 170 derajat Celcius selama kurang lebih 50 menit hingga matang.

Ayam Tangkap, Ayam Goreng Khas Aceh

Siang all, ada yang pernah ke resto Aceh Seulawah di Benhil? atau ada juga di Cikini, Jakarta Pusat. Saya beberapa kali ke Seulawah karena penasaran dengan mie Acehnya yang katanya enak bingits itu… tapi saya ga lihat kalau ada menu Ayam Tangkap ini di Seulawah. Rasanya besok-besok wajib coba deh, sudah masak tapi ga tahu aslinya seperti apa hahaha

Ayam Tangkap ini saya buat dalam rangka demo panci ISA di rumah seorang teman, jauh bingit di Tambun… Memang mendadak banget ini demonya, hanya 2 days notice, dan sudah kadung janji pada Callis untuk mengantar dia ke daerah Menteng. Jadilah daku datangnya telat banget2, ternyata hari Sabtu sama saja seperti weekdays yak hiksss…

Resep Ayam Tangkapnya sendiri saya ambil dari beberapa sumber jadi udah dimodif gitu… Saya lihat sih lebih enak, lebih empuk bila ayam diungkep terlebih dahulu dan saya menggunakan panci ISA untuk mengungkep ayam, hanya 10 menit lho… ini enak lho, wangiii dan bumbunya meresap ke ayam…

Ayam Tangkap

  • Bahan:
    1 ekor ayam kampung muda, potong kecil2 (24 potong) #saya menggunakan ayam negeri

Bumbu halus:

  • bawang merah 12 butir
  • bawang putih 8 butir
  • jahe 6 cm
  • kunyit 6 cm
  • air asam 2 sdm
  • gula merah 1 sdm
  • merica secukupnya
  • garam secukupnya
  • ketumbar secukupnya
  • bila suka pedas, silakan tambahkan cabe rawit hijau
  • 300 ml air kelapa (beli di tukang kelapa, biasa mereka jual air kelapanya saja)
ini setelah diungkep gambar panci isanya doank, lupa foto hahaha

Bumbu Iris Goreng:

  • bawang merah 100 gram, iris tipis
  • bawang putih 50 gram, iris tipis
  • daun pandan 3 lembar, iris seruas jari
  • daun kari 4 tangkai (saya menggunakan daun ketumbar karena tidak punya daun kari, daun ketumbar goreng wanginya enak dan rasa tidak pahit)
  • daun kunyit 3 lembar, iris tipis
  • daun bawang 3 batang, iris seruas jari
  • cabe hijau 4-5 buah, belah memanjang
  • kalau suka pedas tambahkan cabe rawit hijau, belah memanjang

Cara membuat:

  1. Campur ayam dengan bumbu halus, diamkan minimal 3 jam dalam kulkas atau semalaman agar lebih meresap
  2. Ungkep ayam dengan presto ISA dengan air kelapa, kira2 10 menitan, sisihkan
  3. Panaskan minyak cukup banyak, goreng bumbu iris secara terpisah hingga kering dan matang. Gunakan api kecil sedang.
  4. Goreng ayam hingga kering dan matang, tiriskan
  5. Campur ayam dengan bumbu iris, hidangkan

Note:

  1. Bumbu iris digoreng terlebih dahulu dengan alasan: memberi rasa pada minyak, sehingga minyak sudah beraroma ketika menggoreng ayam, dan minyak masih bersih (jika sudah menggoreng ayam, minyak akan berubah warna, hasil gorengan bumbu iris tidak terlalu cantik).
  2. Namun bisa juga bumbu iris diberi bumbu ungkepan ayam sehingga bumbu iris lebih berasa dan beraroma.
  3. Goreng sesaat sebelum disajikan, sehingga ketika dimakan bumbu iris masih kemeriyuk, gurih dan sedap sekali! Untuk daun bawang goreng, rasanya manis, enakk tapi bila tidak suka silakan skip 🙂

Telor Gabus Keju

Sudah lama ga bikin Telor Gabus, iseng browsing LE dan ketemu resepnya Fah Umi Yasmin ini. Overall enak tidak keras, tapi pas aku bikin tetap kurang cairan jadi kutambahkan air sedikit. Adonan Telor Gabus memang seperti itu, kalau agak kering maka saat kita pulung agak retak gitu, setelah digoreng pun terlihat retak2.

Karena campuran keju edam, rasa kejunya jadi berasa banget, enakkk… warna kejunya pun terlihat kemerahan, cantik…

TELOR GABUS KEJU

  • 100 gr tepung tapioka/sagu
  • 1 butir telur
  • 40 gr keju (aku pakai keju edam)
  • 3/4 sdm margarin
  • 1/4 sdt garam

    Mixer telur, garam, margarin dan keju sampai lembut. Masukkan tapioka sedikit demi sedikit sampai adonan kalis dan bisa dibentuk.
    Masukkan adonan yang sudah dibentuk dalam minyak dingin kemudian goreng dengan api sedang hingga matang.

Basque Cheese Cake

Dapat resep ini dari mbak Emma Rumawas (Langsung Enak) dan ternyata enak lho kuenya. Cara lain menghabiskan cream cheese dan whip cream hahaha

Ya daku tuh suka banget beli2 cream cheese dan whip cream, anakku Callista doyan banget Cheese Pie ala mall gitu dan aku suka bikinin, cream cheesenya aku sih pakai Anchor saja, yang lebih murah hahaha

Basque Cheese Cake ini Callis pun doyan, jadi alternatif lain buat Cheese Cake 🙂

Makasih mbak Emma buat resepnya 🙂

karena ga punya loyang diameter 16 cm jadi deh aku pakai loyang brownies tetap jadi kok tapi kuenya pendekkk hehehe

Basque Cheese Cake

Bahan:

  • 200 gram Cream cheese – suhu ruang
  • 70 gram Gula pasir
  • 1 kuning telur
  • 100 gram telur utuh
  • 115 ml Krim segar
  • 7 gram Tepung terigu (ini tepungnya beneran hanya 7 -tujuh- gram tapi aku tambahkan jadi 20 gram, it’s ok kok)

 

Cara membuat:

  1. Mixer dengan kecepatan rendah keju krim dan gula pasir. Sampai tercampur rata.
  2. Masukan kuning telur dan telur satu persatu. Pastikan beri waktu setiap menambahkan telur agar tercampur rata.
  3. Masukan krim segar, kocok hingga rata. Kemudian masukan tepung yang sudah di ayak, Mixer sebentar hingga rata . Matikan mixer.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang diameter 16 cm yang sudah dialasi baking paper di semua sisi.
  5. Panggang dalam oven yang sudah dipanasi terlebih dahulu pada suhu 220c selama 25-30 menit. Panggang sampai permukaannya kecoklatan cenderung gosong.
  6. Keluarkan loyang dari oven. Biarkan dingin. Setelah dingin, tutup bagian atas dengan alumunium foil lalu masukan kedalam kulkas selama 1 malam. Kue dapat di lepas dari loyang dan disajikan keesokan hari.

Sambal Bawang Alm. Lilies Member LE

Waktu kapan lihat group LE dan ada postingan Sambal Bawang ini, yang dishare alm. Lilies member LE Surabaya.

Sambal ini ga aku simpan kulkas, hanya taruh di meja makan saja dan awet kurang lebih 10 hari, mungkin karena aku masaknya “tanak” atau matang benar sehingga lebih awet.

 

Sambel Bawang

Source: alm. Lilies Indrawati (Langsung Enak)

Intinya 1:1:1 antara cabe, bawang merah dan minyak goreng

  • 250 gram cabe rawit (mo mix juga ok, 100 gram cabe merah dan 150 gram cabe rawit merah misalnya)
  • 250 gram bawang merah
  • 250 ml minyak goreng
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara membuat :

  1. Kupas bawang merah, petiki cabe lalu bersihkan.
  2. Goreng bawang merah dan cabe sebentar, tiriskan.
  3. Ulek kasar beserta garam dan gula (kalau saya pakai chopper SICO dan saya chop kasar2 saja)
  4. Goreng kembali hingga sambal masak.
  5. Dinginkan, masukkan ke dalam wadah tertutup.
  6. Simpan di suhu ruang bisa awet kurang lebih 1 minggu, simpan di kulkas bisa awet lebih lama.

Almond Butter Cookies

Aku tuh suka banget sama almond, ya almond whole, almond slice maupun almond ground. Kalau ke bluebell dan kepikiran kayaknya almond dah habis, langsung beliii… padahal pas kapan check2 bahan eh masih ada itu almond, jadi suka masih banyak aja itu almond wkwkwk

Seperti almond ground dalam bahan Almond Butter Cookies ini, itu juga stock dari kapan tahu, setelah kurasa2 masih enak ya aku pakai deh…

Resep ini aku lihat di majalah Sedap edisi 12/XVI/2015, masuk wish list dan baru bisa dieksekusi kemarin.

Almond Butter Cookies

Bahan :

  • 100 gram butter
  • 100 gram margarin
  • 1 sendok teh krim kental (atau susu cair)
  • 1 kuning telur
  • 100 gram almond cincang kasar
  • 140 tepung terigu protein sedang

Cara membuat:

  1. Kocok mentega, margarin dan gula. Masukkan krim kental dan kuning telur. Kocok rata.
  2. Masukkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata. Tambahkan almond. Aduk rata.
  3. Sendokkan adonan bulat di atas loyang dioles mentega. Ratakan dengan pinggiran sendok. Atau spuit dengan spuit no. 1M (spuit kue soes) panjang-panjang atau spuit polos bentuk bulat.
  4. Oven dengan api bawah suhu 150 derajat Celcius 30 menit sampai matang dan kecokelatan.

Kue Sagu Almond Madu

Iseng bikin cookies ini, tapi lupa ga difoto-foto walau dah disimpan lama di toples #tepokjidat

Resepnya aku dapat di majalah Sedap XVI/2015, tertarik bikin karena ada almond dan madunya, plus dari tepung sagu, harapannya sih seperti Sagu Keju hehehe

lupa difoto, syukurlah masih ada 3 pcs ini wkwkwk

Kue Sagu Almond Madu

  • 230 tepung sagu, sangrai 10 menit dengan api kecil, timbang kurleb 200 gram
  • 100 gram mentega dingin
  • 50 gram margarin
  • 85 gram gula tepung
  • 1 butir telur
  • 50 ml krim kental
  • 1 sendok makan madu
  • 25 gram maizena
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 100 gram kacang almond, cincang halus

Cara membuat :

  1. Kocok mentega, margarin dan gula halus selama 3 menit. Tambahkan telur, krim kental dan madu. Kocok rata.
  2. Masukkan tepung sagu, maizena dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata. Tambahkan almond. Aduk rata.
  3. Masukkan adonan dalam plastik segitiga yang sudah diberi spuit. Semprotkan di atas loyang yang sudah dioles margarin bentuk bulat kerang.
  4. Oven dengan api bawah suhu 150 derajat Celcius selama 40 menit hingga matang.

Amaretti Cookies

Amaretti Cookies yang asalnya dari Italy ini tidak menggunakan tepung terigu melainkan almond paste. Aku ga tahu seperti apa almond paste itu, sepertinya almond yang diblender trus ditambahkan perekat gitu tapi di Indonesia ga ada dijual, jadi aku blender almond saja, atau jadinya almond bubuk.

Rasa asli Amaretti Cookies seperti apa pun aku ga tahu, pede aja deh bikin hahaha karena cara pembuatannya pun tidak menggunakan mixer, daku penisirin karena menggunakan food processor untuk mengaduk adonannya.

Amaretti Cookies yang putih di atas

Amaretti Cookies

source: Joy of Baking

  • 200 gram gula pasir, blend sebentar dengan food processor hingga halus
  • 225 gram almond paste (almond + gula + binding agent) blender bersama gula halus menggunakan food processor, sekitar 1 menit.
  • 60 gram putih telur tambahkan ke adonan, terus proses dengan food processor hingga menjadi adonan yang halus agak lengket gitu
  • Masukkan ke pastry/ piping bag, pasang spuit polos besar, atau gunting ujung plastik, lalu spuitkan di loyang
  • Panggang 15 menit di suhu 160 derajat Celcius