Category Archives: Snacks

Ongol-ongol Tepung Garut / Larut

Beberapa waktu lalu aku sedang suka banget bikin Ongol-ongol. Ternyata baru sadar, gampang banget lho bikin Ongol-ongol ini dan daku doyan bener sama si Ongol-ongol. Iseng2 lihat postingannya DiahDidi ini dan di situ kata Diah Didi, Ongol2 jadul paling enak ya memakai Tepung Garut.

Jadilah aku beli Tepung Garut, kebetulan sejak bikin Granola aku dapat Tepung Larut di Club Sehat MOI. Oh iya Tepung Garut ini disebut juga Tepung Larut ya, atau Ararut / Arrowroot.

Jadi deh aku bikin, iseng aku jualin di tempat teman. Mayan habis hahaha

Tapi ternyata saudara-saudara, menurutku yaa, lebih enak Ongol-ongol dari Tepung Sagu Aren. Sebelumnya aku bikin dengan si Sagu Aren, tapi ga kefoto hahaha dan teman2ku juga lebih suka Ongol-ongol Sagu Aren. Aku beli tepungnya di Indomaret kalau tidak salah.

Ongol-ongol Tepung Garut ini berasa tepung banget, lembut gitu… harusnya agak kenyal2 gitu khan…

Resepnya aku ngikut Diah Didi…

Ongol-ongol Tepung Garut

Bahan :

Bahan A :

  • 150 gram tepung garut, ayak
  • 150 ml air

Campur tepung garut dan air, aduk hingga larut, sisihkan

 

Bahan B :

  • 125 gram gula aren atau gula merah
  • 400 ml air
  • 2 lembar daun pandan

Masak air + gula + daun pandang hingga gula larut, saring

 

Bahan C :

  • Kelapa muda parut, kukus, atau bila langsung dimakan tidak usah dikukus

 

1. Didihkan kembali air gula, masukkan larutan tepung garut, lalu masak sambil diaduk hingga menjadi adonan yang kental dan bening. Adonan ongol2 tepung garut ini teksturnya bagus deh, merata gitu coklatnya, aku suka bangettt… kalau tepung sagu aren warnanya ga menyatu, satu sisi coklat tua, sisi lain coklat muda.

2. Tuang adonan di Loyang yang di alas plastik. Padatkan, biarkan hingga dingin.

3. Potong-potong, lalu gulingkan di kelapa parut. Atau, masih panas bulat2kan lalu gulingkan di kelapa parut.

 

Asinan Buah Bogor Enakkkk…

Resep Asinan Buah Bogor ini udah lama banget kusimpan, pas lagi beberes eh ketemu buku “Aneka Rujak & Asinan” Bikin Ketagihan by Eva Luthfiany, yang sebenarnya resepnya hanya 1 tapi divariasikan ke banyak macam buah, jadi kesannya banyak hahaha

Jadilah aku kombinasikan resep yang kusimpan ini dengan buku tsb, dan ternyata membuat Asinan Buah itu ga susah lho, duhh jadi sukaaa hahaha buat acara ngumpul2, arisan, atau pas siang2 lagi suntuk bikin deh ini Asinan Buah, mayan bisa mencerahkan hari lho…

Asinan Buah

Kuah:

  • 10-15 cabai merah keriting boleh mix dengan cabai merah besar, cuci bersih dan haluskan (pedas tidaknya sesuaikan selera ya…)
  • 75 gr gula pasir
  • 50 gr asam jawa
  • Garam secukupnya

Buah:

(sesuai selera sukanya buah apa), potong tipis lalu beri garam + air, diamkan sekitar 30 menit.

  • Mangga mengkal
  • Pepaya mengkal
  • Bengkuang
  • Kedondong
  • Nanas

CARA MEMBUAT (kuah asinan) :

  1. Rebus semua bahan kuah sampai mendidih beberapa saat.
  2. Tetap biarkan di atas api selama 15 menit
  3. Angkat dari atas api dan dinginkan.
  4. Setelah kuah dingin, saring, masukkan buah2an dan aduk rata.

Pork Puff Pastry

Ceritanya Callista lagi suka banget mantengin youtube, lupa channelnya apa tapi dari situ Callis jadi pengen bikin macem2 yang dia suka. Suatu saat bikin pancake, ganache chocolate, dll. Terakhir nyobain Pork Puff Pastry ini.

Mudah sih membuatnya karena menggunakan puff pasty ready to use. Aku sih senang2 saja, excited malah karena anakku akhirnya mau juga baking2 hahaha walau yang sederhana.

 

maksudnya mau menghemat wadah, langsung dari egg’s shell, eh lupa maka tumpahlah itu kuntel hahaha
cakep yaa…

Homemade Peanut Butter

Sudah lama sebenarnya Callista minta bikinin Peanut Butter ini. Waktu ke supermarket lihat skippy dan langsung aja mau beli, eits tapi emak ga ngasihhh… mihil wkwkwk bikin aja sih, gampang juga… Ya udah bikinin, balas Callis. Siyap, kujawab.

Dan itu sudah 1 atau 2 bulan yang lalu gitu wkwkwk udah lupa juga doi, pas ke supermarket lagi dan lihat skippy, langsung ingetin emak, “kapan mah bikin peanut butternya?” dan kubalas, “oh iya ntar yah… beli kacangnya dulu deh”.

Lalu kacang tanah pun dibeli, terus mendem lagi aja di lemari selama 2 mingguan, sampai Callista tanya lagi… hahaha emaknya pemalassss maafkeun ya nak cantiiiikk…

Akhirnya semalam emak browsing2 resep Peanut Butter, youtubing maksudnya hahaha dan ketemulah resep yang simple dan sepertinya enak, hanya menambahkan minyak dan madu.

Jadilah tadi bikin Peanut Butter ini (foto menyusul yak)

Besok-besok mau coba menggunakan butter, jadi minyak diganti dengan butter. Sepertinya enak juga…

Peanut Butter

  • kacang tanah 500 gram, cuci, tiriskan, jemur hingga kering
  • 3 sdm minyak (aku pakai barco)
  • 50 gram gula pasir
  • atau, kalau ada madu, ganti dengan 3 sdm madu
  • garam sedikit

Cara membuat :

  1. Panggang kacang hingga matang. Bila menggunakan Air Fryer, panggang selama kurang lebih 25-30 menit, oven suhu 190 derajat Celcius selama 30 menit, bila di oven harus dibolak-balik supaya rata. Bila menggunakan Air Fryer, biarkan alat di Air Fryer yang bekerja muter2 gitu…
  2. Blender hingga hancur dan membentuk tekstur yang halus. Gunakan food processor untuk hasil terbaik.
  3. Tambahkan minyak dan gula pasir atau madu, blender kembali.
  4. Untuk tekstur yang lebih berminyak, tambahkan waktu memblendernya.

Tahu Isi Sayuran

Sewaktu demo di rumah temanku di Medland Tambun, temanku Hartini membuat Tahu Isi sebagai suguhan arisan. Sebenarnya sering banget ketemu Tahu Isi ini di tukang gorengan, biasa depan kompleksku ada tukang gorengan yang menjualnya jadi ga pernah kepikiran buat bikin, tinggal beli ga repot hahaha

Eh iya sewaktu makan di Foodcourt MAG, biasa aku beli pastel ma’cik dan kulihat ada Tahu Isi, aku beli dan makan, dan aku kuciwa huuuu karena si Tahu isiannya dikit bangettt, padahal sayuran seperti wortel dan kol khan ga mahal, itu Tahu Isi dijual satuannya Rp 4.500, mihil yakkk, lebih baik bikin sendiri deh puas isiannya bisa banyak…

Ini dia Tahu Isi yang kubeli di booth Ma’cik, dikit bangettt khan isiannya…

Lalu suatu kali aku pulang dari MAG dan biasa mampir ke pasar Hybrida, Kelapa Gading trus lihat tahu kok jadi pengen bikin Tahu Isi. Tahu yang kubeli itu bukan Tahu Pong sih, Tahu Pong yang dalamnya kopong khan ya… ini bentuk segitiga dan dalamnya tidak kopong tapi ya setahuku tahu jenis tersebut biasa dibuat Tahu Isi.

Setelah beli tahu, kol dan wortel, aku pun browsing2 resep si Tahu Isi, walau udah tanya temanku, teteup donk perlu referensi lain hehehe dan akhirnya ketemulah resep Tahu Isi ini dari webnya www.DiahDidi.com Langsung deh eksekusi.

Tahu Isi Sayuran

Bahan Pencelup :

  • 100 gram tepung terigu protein sedang (aku ga nimbang euy, pas lagi ga ada timbangan, jadi kurang lebih 6 sendok makan, kurang dari 100 gram sepertinya sih tapi menurutku udah cukup buat tahu 10 pcs)
  • 2 sendok makan tepung beras
  • 2 sendok makan tepung sagu (ini aku tambahkan sendiri)
  • ½ sendok teh kaldu bubuk (aku pakai penyedap jamur)
  • ¼ sendok teh ketumbar, haluskan
  • 1 siung bawang putih, haluskan

Campur semua bahan dengan air secukupnya, sampai didapat kekentalan yang sedang

Bahan Isi :

  • 3 buah wortel, parut (aku menggunakan parutan keju)
  • 1/8 kol, iris halus
  • 1 sendok the penyedap
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 1 batang daun seledri, iris halus

 

Bumbu halus untuk tumis sayuran :

  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • ¼ sendok teh merica butiran
  • 1 sendok teh ebi (aku ga pakai)
  • bila suka pedas, bisa tambahkan cabe (dihaluskan boleh, diiris juga boleh)

 

Cara membuat :

Isian Sayuran :

Panaskan 1 sendok makan minyak goreng, tumis bumbu halus untuk sayuran hingga harum, masukkan wortel dan kol hingga agak layu, lalu masukkan bahan lainnya.

 

Tahu Isi :

  1. Buka tahu dan cungkil sebagian tahu, masukkan isian sayuran ke dalamnya. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak. Ambil tahu isi, celup ke dalam bahan pencelup, lalu goring hingga matang dan kecokelatan.

Puding Cokelat DCC

Puding Cokelat selalu menjadi favoritku juga anakku Callista. Setiap kali mo dibikinin puding, selalu mintanya Puding Cokelat, dan juga dengan vla yang banyak. Biasanya bikin 1 resep Puding Cokelat dan vla-nya selalu bikin 2 resep, kalau 1 resep pasti kurang, biasanya sudah habis vlanya dan pudingnya masih ada. Jadilah selalu bikin 2 resep biar puas makannya hahaha

Kali ini aku coba Resep Puding Cokelat DCC, menggunakan Dark Cooking Chocolate dan Coklat Bubuk. Tekstur pudingnya lembut dan berasa banget cokelatnya tapi aku lebih sukar yang hanya cokelat bubuk atau puding cokelat yang biasa aku bikin.

Puding Cokelat DCC

Bahan

  • Susu Cair (UHT) 1 liter
  • Gula pasir 250 gram
  • Coklat bubuk 25 gram
  • Agar-agar plain (putih) 1 bungkus
  • Dark Chocolate 100 gram
  • Maizena 15 gram (larutkan dengan sedikit air)

Cara membuat :

  1. Masak semua bahan kecuali maizena
  2. Masak dengan api kecil sampai mendidih sambil terus diaduk.
  3. Setelah mendidih tambahkan larutan maizena dan aduk rata.
  4. Kemudian segera tuang pada cetakan.
  5. Dinginkan, kemudian lepaskan dari cetakan.

Telor Gabus Keju

Sudah lama ga bikin Telor Gabus, iseng browsing LE dan ketemu resepnya Fah Umi Yasmin ini. Overall enak tidak keras, tapi pas aku bikin tetap kurang cairan jadi kutambahkan air sedikit. Adonan Telor Gabus memang seperti itu, kalau agak kering maka saat kita pulung agak retak gitu, setelah digoreng pun terlihat retak2.

Karena campuran keju edam, rasa kejunya jadi berasa banget, enakkk… warna kejunya pun terlihat kemerahan, cantik…

TELOR GABUS KEJU

  • 100 gr tepung tapioka/sagu
  • 1 butir telur
  • 40 gr keju (aku pakai keju edam)
  • 3/4 sdm margarin
  • 1/4 sdt garam

    Mixer telur, garam, margarin dan keju sampai lembut. Masukkan tapioka sedikit demi sedikit sampai adonan kalis dan bisa dibentuk.
    Masukkan adonan yang sudah dibentuk dalam minyak dingin kemudian goreng dengan api sedang hingga matang.

Bingka Singkong

Ga sengaja lihat FB-nya Vita Lim   dan sepertinya enak, bahannya juga gampang didapat, jadilah aku bikin buat camilan.

Tapi sayang udah 1 jam panggang tapi masih belum coklat bagian atasnya, sepertinya apinya masih kurang panas dan terlalu cair. Nti siang aku panggang lagi ajaa… ini dah malam2 panggangnya, capek hahaha

Besok-besok aku bikin lagi ahh….

Oh iya, untuk menghaluskan singkongnya, saya menggunakan Hipoumix dari SICO Hamada, enak lho halus lus lus hehe Jika berminat, silakan WA saya di 087881060909 yaa…

Bingka Singkong

  • Bahan :
  • 1 kg ubi kayu
  • 230 grm gula pasir
  • 200 ml santan instan
  • 200 ml air matang
  • 3 1/2 sdm tepung tapioka
  • 1/2 sdt garam
  • 2 butir telur uk. Besar, kocok lepas
  • 1 sdt munjung margarin (tambahan dari Vita, aslinya ga pake)
  • Vanili

Cara membuat:

  • Kupas singkong,potong² beri sedikit air lalu blender hingga halus. peras ubi, ambil juga endapan patinya.
  • Dalam wadah campur singkong, pati singkong, santan instan,tepung tapioka, telur, garam,vanili aduk rata.
  • Panaskan air dan gula pasir asal larut ga perlu sampai mendidih lalu masukan margarin, Aduk rata. Tuang keadonan aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  • Tuang dalam loyang 20cm yg dioles margarin taburi sedikit tepung. Panggang suhu 180’c hingga bingka kecoklatan dan matang. Dinginkan baru dipotong.

Chocolate Puding Resep Jadul

Dikasih resep oleh seorang teman, aku lihat sih enakkk jadi aku coba bikin… Apalagi aku penggemar puding coklat, pasti yummy 🙂

Sayang waktu buatnya aku mengganti tepung maizena dengan tepung sagu, pas ga punya tepung maizena soalnya hikss jadi agak beda teksturnya dan memang kebanyakan tepung sagunya juga jadi beneran kacau deh vla-nya.

Oh iya ini dari resep kursus jaman jadul, aku bingung apaan ya itu slagroom, mau tanya temanku ga enak jadi aku browsing aja. Ternyata slagroom itu adalah krim kental, jadi aku kira2 sendiri aja jumlahnya.

Chocolate Puding

Bahan :

  • 3 bungkus agar-agar plain
  • 2 kaleng susu kental manis
  • 1.900 cc air
  • 100 gram coklat bubuk
  • 2 pak slagroom (atau 50 gram)
  • 2 butir kuning telur (kocok lepas)
  • 50 gram kismis (aku ga pake)
  • 50 cc rhum (aku ga pake)

Cara membuat :

  1. Masak agar-agar, susu dan air sampai mendidih.
  2. Masukkan kocokan kuning telur
  3. Angkat dari api, masukkan slagroomnya, kemudian kismis dan rhum. Sesudah itu dituangkan ke dalam cetakan.

Saus Puding :

  • 1.500 cc susu kaleng (Carnation evaporated)
  • 50 gram tepung maizena
  • rhum dan sedikit garam
  • 2 butir kuning telur
  • 250 gram gula pasir

Masak semua bahan hingga menjadi kental dan mendidih.

Kue Pisang Nagasari

Lagi pengen kue nagasari gegara makan nagasari buatan mbak Susan yang tepungnya dari tepung hun kue semua. Kata mbak Susan sih resepnya sama dengan Kue Cantik Manis resep mbak Sugi Bae.

Jadi aku niatkan untuk membeli tepung hunkuenya, kebetulan di Farmer’s ada, jadi deh beli, lanjut beli kelapanya dalam perjalanan pulang.

Beneran kuenya enak, tergantung dari tepung hunkue yang dipakai juga sebenarnya yaa…

Kue Pisang Nagasari

Bahan :

  • 120 gram tepung hunkue
  • 1000 ml santan direbus, dinginkan (aku dari 1 kelapa)
  • 225 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanila bubuk
  • 2 lembar daun pandan
  • pisang nangka atau pisang tanduk 2 buah
  • daun pisang secukupnya

Cara membuat:

  1. Larutkan tepung hunkue dengan 500 ml santan, aduk rata dan sisihkan.
  2. Rebus sisa santan, daun pandan, gula pasir, garam, vanila bubuk, diaduk sampai mendidih.
  3. Tuang larutan hunkue, aduk rata. Masak sampai mengental dan meletup-letup.
  4. Tuang 2 sdm adonan ke dalam daun pisang, beri potongan pisang tanduk, bungkus dan lipat.
  5. Kukus kue pisang nagasari sekitar 25-30 menit.

Note:

1 resep bisa menjadi kurang lebih 20 pcs kue