Category Archives: Cookies

Gluten Free Semprit Cookies

Sejak antar jemput Callista volunteering Asian Games, daku jadi ga sempat bebikinan kue, berasa dah lama banget ga bikin2 kue… akhirnya sore tadi kesempatan bikin Cookies Gluten Free ini, yang sudah lama pengen kucoba buat.

Dan hasilnya uenakkk, renyah dan tepungnya yang merupakan campuran tepung mocaf dan all purpose gluten free flour mix (mix tepung sorgum, mocaf, tepung pisang dan pati garut) benar-benar menghasilkan cookies yang enakkk 🙂

Foto menyusul yak karena bikinnya malam hehe

Semprit Gluten Free Cookies

  • 150 gram butter
  • 100 gram margarin
  • ½ sdt vanili
  • 1 butir telur
  • 25 gram tepung maizena
  • 25 gram susu bubuk
  • 150 gram tepung mocaf
  • 100 gram tepung all purpose gluten free

 

Cara membuat :

  1. Kocok butter dan margarin sampai putih dan mengembang dengan baik, lalu masukkan telur dan kocok lagi hingga rata.
  2. Ayak tepung dan campurkan ke adonan, kocok sebentar asal rata dan tercampur.
  3. Masukkan di plastik segitiga dan spuitkan di Loyang sesuai selera (daku pakai spuit bintang)

 

Spicy Italian Herbs Cheese Cookies (Kaastengels)

Lihat statusnya Lia F. Dewi di facebook jadi kepengen bikin kastengelsnya. Kata Lia, kastengelsnya dikekepin buat dia sendiri, ga akan dibagi saat Lebaran hahaha saking enaknya kayaknya

Resep Spicy Italian Herbs Kastengels ini sebenarnya sudah lama banget dishare Lia di milis NCC cuma dulu aku sekedar, “oh ok suatu waktu akan cobain deh”, dan suatu waktu itu adalah kemarin, saat masih “liburan” dan belum banyak kegiatan gitu…

Kastengels ini beneran enak lho, saat dipanggang saja harumnya memenuhi ruangan. Callista mencobanya 1 doank sih karena pedas dan dia bilang, “wanginya seperti makan spaghetti ya mah”, hahaha ya iyalah namanya Italian herbs yak,,,  Sebenarnya sih gak pedas kalau menurut assisten cuci di rumahku, kalau menurutku pedasnya sedikit saja… overall, kastengels ini enakkk banget, typical kastengels tanpa telur full butter dan full cheese namun tetap kokoh teksturnya.

Spicy Italian Herbs Kastengels

Bahan :

Butter                                        250 gram

Keju parmesan                     250 gram

Italian herbs                          3 sdt (4 gram)

Chili powder                          2 sdt (tambahkan bila ingin lebih pedas)

Tepung protein rendah    400 gram

Cara membuat :

  1. Kocok butter sebentar saja, lalu masukkan keju parmesan, Italian herbs dan chili powder. Aduk rata.
  2. Tambahkan tepung, aduk hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk.
  3. Giling adonan sesuai ketebalan yang diinginkan. Cetak sesuai selera.
  4. Panggang di suhu 140-150 derajat Celcius selama kurang lebih 50 menit.
saya menggunakan Bon Cabe, karena gak dapat Cabai Bubuk di Superindo

beginilah cara saya membuat Kastengels, lebih cepat menurutku, ga usah kasih keju satu-satu di atasnya

Sagoo Snowball Cookies

Fix dah sebulan lebih 2 hari gak posting2 di blog, sok sibuk dengan proyek kue kering Lebaran ceritanya hahaha

H+4 Lebaran dan jalanan masih sepiii, pasar juga sepiii, mau silaturahmi ke teman tapi banyak yang mudik hehehe akhirnya kuputuskan untuk membuat kue kering saja. Pilihanku jatuh pada kue Sagoo Snowball ini.

Kue kering sagu tapi tanpa keju, mirip putri salju tapi tidak pakai kacang mede melainkan wijen sangrai yang digiling halus, membuat rasanya istimewa. Anehnya, rasa enaknya didapat setelah kue habis atau istilahnya after tastenya uenakkk hehe

Patut dicobakeun deh…

Sagoo Snowball

Bahan :

  • Mentega             100 gram
  • Margarin              50 gram
  • Gula tepung       100 gram
  • Telur                      1 butir
  • Susu cair              25 ml
  • Wijen                    100 gram (sangrai lalu giling halus)
  • Baking powder  ½ sdt
  • Tepung sagu      320 gram (sangrai terlebih dahulu)
  • Pasta pandan     ½ sdt
  • Gula dusting       100 gram

Cara membuat:

  1. Kocok mentega, margarin, gula tepung selama kurang lebih 2 menit. Tambahkan telur. Kocok rata sebentar. Tambahkan susu cair, dan pasta pandan. Kocok rata.
  2. Masukkan wijen. Aduk rata. Tambahkan tepung sagu dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
  3. Bentuk bola-bola. Oven dengan api bawah suhu 130 derajat Celcius selama 45 menit hingga matang.
  4. Gulingkan di atas gula dusting (gula tabur).

Brown Sugar Cheese Cookies

Lagi kapan sedang ngehits resep Palm Cheese Sugar Cookies yak, dan saya males mencobanya xixi baru sekarang mo nyobainnya, telat pake banget2 yaa…

Gpp ya daripada tidak sama sekali… oh iya, saya tidak tambahkan kata Ball ya karena bentuknya tidak bulat, segi empat menyesuaikan cetakan yang ada hahaha bentuk bulat seperti nastar lebih lama bikinnya, buletin satu-satu, kerjaan banget wkwkwk #dasarpemalas

Resepnya kuambil dari blognya mbak Nina https://catatan-nina.blogspot.com/2016/06/palm-cheese-ball-cookies.html

 

Brown Sugar Cheese Cookies

Bahan :
150 gr butter
75 gr margarin
75 gr gula pasir halus
1/2 sdt vanilla bubuk
2 kuning telur
1 putih telur
100 gr keju parmesan bubuk
425 gr tepung terigu protein rendah / sedang
25 gr susu bubuk
gula palm secukupnya
Cara Membuat :
1. Kocok butter, margarin dan gula hingga tercampur rata dan gula larut kemudian masukkan vanilla dan susu bubuk.
2. Masukkan telur satu persatu dan kocok hingga tercampur rata.
3. Masukkan keju parmesan, kocok rata.
4. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk memakai spatula hingga tercampur rata.
5. Pulung adonan bentuk bulat kecil, gulingkan di atas gula palm hingga tertutup rata.
6. Tata di loyang yang sudah dioles tipis margarin dan panggang dengan suhu 140’C hingga matang.
7. Angkat, pindahkan ke cooling rack dan biarkan dingin baru dimasukkan ke wadah kedap udara.

Oatmeal Brown Butter Cookies

Brown Butter Cookies ke-2 yang saya coba, basicnya dari youtube dan saya coba2 ternyata adonannya kelembekan dan malah bisa dibentuk dengan garpu seperti Chocolate Chips gitu hahaha tapi gpp sih gak kapok kok… kapan2 akan aku coba lagi, mumpung lagi rajin hahaha

Brown Butter Cookies

Resep asli :

  • 1/2 cup brown butter (= 226 gram brown butter)
  • 3/4 cup brown sugar (= 80 gram gram light brown sugar)
  • 1/4 cup white sugar : (= 20 gram gula pasir)
  • 1 egg (= 1 butir telur utuh)
  • 1/2 tsp vanilla (= 1/2 sdt vanilla)
  • 1/2 tsp baking soda (= 1/2 sdt baking soda)
  • 1 cup rolled oats (= 140 gram oatmeal, haluskan)
  • 1 cup flour (=170 gram tepung terigu protein rendah)
  • 1/2 cup chocolate chips (= 75 gram chocolate chips)

Cara membuatnya sama seperti ini http://kaliskukis.com/brown-butter-cookies/

Lidah Kucing Almond | Resep Lidah Kucing Enakkk

Selama ini bila sedang bikin kue kering, daku sering punya putih telur sisa dalam jumlah banyak. Selain dibagi-bagikan ke tetangga atau dimasak sambal goreng, kalau lagi rajin aku bikin Brownies Putih Telur atau Lidah Kucing ini. Aku tambahkan Almond, jadilah Lidah Kucing Almond. Eh tapi itu mah jarang-jarang terjadi karena membuat si Lidah Kucing agak lama, tapi itu dulu lho xixi Sekarang nie, setelah bikin lagi, bahkan bikinnya malam hari jam 9-an, selesai-selesai jam 11 lewat. Cepat ternyata, karena gak banyak sih putih telur yang dipakai, hanya 125 ml saja.

Oh iya, ada 2 cara membuat Lidah Kucing. Pertama, putih telur tidak usah dikocok tersendiri, melainkan dimasukkan setelah pengocokan mentega, margarin dan gula. Kedua, putih telur dikocok tersendiri bersama sebagian gula. Dua-duanya aku pernah coba bikin, lupa hasil akhirnya enak yang mana karena udah lama banget bikinnya.

Nah Resep Lidah Kucing yang ini, kubuat dengan cara yang pertama. Kocok mentega, margarin dan gula hingga putih mengembang hampir 2x dari adonan semula. Kenapa adonan mentega, margarin dan gula bisa mengembang? Karena si margarin adalah pengemulsi yang baik sehingga bila dikocok akan membuat adonan mengembang. Bila hanya butter saja, tetap mengembang sih tapi tidak sebanyak bila ditambahkan margarin.

Karena udah lupa berapa besar ideal si Lidah Kucing, pertama aku buatnya lebih imut, mirip orang2 bikin Lidah Kucing Rainbow yang berwarna-warni itu, berikutnya lebih besar lagi, atau malah jumbo ya hahaha dan juga warnanya eksotis tapi gpp kok sebetulnya, soalnya waktu dulu pernah lihat Lidah Kucing dengan warna eksotis begitu dijual di Toko Ani 🙂

Oh iya, Lidah Kucing ini beneran enak lho, wajib coba yak 🙂

Yang Oriental dan Eksotis, suka yang mana? Tinggal pilih xixi

Lidah Kucing Almond

Bahan :

  • 100 gram margarin
  • 150 gram butter
  • 130 gram gula halus (saya menggunakan gula pasir yang diblender)
  • 125 ml putih telur (biarkan suhu ruang ya)
  • 180 gram tepung terigu protein rendah
  • 50 gram tepung sagu (bisa diganti dengan tepung maizena)
  • 40 gram susu bubuk
  • 50 gram almond bubuk
  • 1 sdt almond essence

Cara membuat :

1. Kocok mentega, margarin dan gula halus sampai putih dan mengembang (dimixer menggunakan speed sedang selama kira-kira 10-15 menit).

2. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, tepung sagu dan juga almond bubuk, aduk rata dengan kecepatan paling rendah hingga rata.

3. Masukkan adonan ke plastik segitiga, potong ujung plastik dengan diameter yang kita inginkan, lalu tekan dan bentuk panjang-panjang di loyang yang telah dilapisi baking paper (lebih bagus lagi bila menggunakan loyang lidah kucing).

4. Panggang hingga matang (kira-kira 25 menit) dengan suhu antara 140-150 derajat Celcius.

 

 

Brown Butter Cookies

Ga sengaja lagi lihat fb dan ada postingannya Dona, FB-nya Riyas Irmadona owner group Dona’s Delight yang aku ikuti groupnya di fb dan WA, tentang Brown Butter Cookies ini. Namanya menarik jadi sepertinya enak jadi aku lihat postingan resepnya, eh ternyata live-nya sudah habis denk, jadi aku lihat videonya yang waktu itu live.

Kebetulan lagi gak ke mana-mana jadi hari itu juga aku langsung eksekusi membuat Brown Butter Cookies. Awalnya membuat Brown Butternya memang agak ribet, karena gak terbiasa kali ya… pembuatan pertama, brown butterku sukses banget, hangusnyaaa… hahaha iya hangus karena sepertinya apinya kegedean. Pembuatan brown butter kedua, api agak kukecilkan dan akhirnya jadi juga brown butternya, walaupun gak sempurna xixi

Selain resepnya Dona, aku ketemu resep Brown Butter Cookies lainnya di youtube dan di situ penggunaan tepung terigunya lebih banyak, atau aku yang salah konversi ya hahaha jadilah aku tambahkan tepungnya, mungkin sekitar 100 gram-an. Tapi anehnya si adonan gak keras lho makanya aku adem aja menambahkan tepung, eh ternyata setelah dipanggang hasilnya keras, kelamaan panggang juga kayaknya wkwkwk dan bentuknya pun mengikuti yang di youtube itu. Kalau yang di youtube bentuknya lebih besar dan tebal, kebiasaan orang kita khan sukanya kue kering yang imut-imut, jadi aku membuatnya pun kecil-kecil saja hehe

Tapi ya overall rasa kue ini enak banget, setuju aku dengan Dona, so next time sebelum bulan puasa kayaknya aku akan mencoba kembali membuat Brown Butter Cookies ini. Tunggu aku ya Brown Butter Cookies xixi

Untuk fotonya, maafkeun ya karena kefotonya yang di loyang saja hahaha

Resep yang kucoba sih 11-12 dengan resep Dona, hanya tepungnya lebih banyak, jadi aku posting resepnya Dona saja ya

Brown Butter Cookies

  • 200 gr unsalted butter
  • 150 gr gula pasir
  • 1 kuning telur
  • 250 gr terigu
  • 1/2 sdt baking soda atau baking powder
  • sejumput garam
  • 1 sdt vanili
  • Selai buah apa saja tapi boleh juga tidak di pakai

Cara membuat :

  1. Siapkan wadah yang cukup besar dan isi dengan air es (gunanya unduk segera mendinginkan brown butter yang kita buat, agar tidak menjadi gosong.
  2. Panas kan oven 170 derajat
  3. Lelehkan unsalted butter dengan api sedang, aduk sesekali kurang lebih 12-13 menit, setelah itu aduk lebin sering sampai berwarna kuning keemasan dan akan menjadi kecoklatan.
  4. Cepat masukan ke wadah berisi air es agar proses memasak terhenti, dan brown  butter tidak menjadi gosong.
  5. Pindahkan ke wadah lain (mangkok) lalu masukan gula pasir, vanili aduk rata.
  6. Masukan kuning telur, aduk rata.
  7. Ayak terigu bersama baking soda, dan garam, campur ke dalam adanan butter tadi, aduk rata hingga adonan bisa di satukan.
  8. Adonan bisa kita diamkan 1-2 jam di suhu ruang agar rasanya menjadi lebih kuat, atau mau langsung di betak juga tidak apa.
  9. Cetak adonan dengan menggunakan sendok kecil. Dengan cara tekan-tekan adonan ke dalam cekungan sendok, lalu lepaskan dari sendok dan taro di loyang yang telah kita alasi baking paper atau oles mentega dan tabur terigu.
  10. Panggang dengan shu 170 derajat celcius, kurang lebih 10-15 menit sampai berwarna kuning kecoklatan.
  11. Dinginkan, dan bisa di olesi dengan selai dan di bikin seperti sandwich, kaal mau.

Cornflake Chocolate Chips

Suatu hari sebelum Imlek Februari 16, ada yang memesan Oven Galaxy, itu lho Oven Listrik Yang Paling Laku dari Signora, namanya ibu Mila*** yang tinggal di Kayu Putih Residence, Jakarta Timur.

Setelah mencoba si Oven Listrik dan semua ok, kulihat di meja makannya banyak sekali kue kering dalam toples2 gitu. Iseng kutanya, “Dijual berapa bu kue keringnya?”, “kue apa saja itu bu?”, duh kepo yak hahaha maklum tukang kue kering 🙂 dan dijawab oleh si ibu, “gak buat dijual mbak, buat sendiri saja, buat Imlekan”, “oh” balasku. Ga disangka beliau langsung memberi 1 toples kue, yang ternyata adalah kue cornflake. “Nie mbak, cobain”, “buat putrinya tuh”, kebetulan Callista memang ikut karena minta diantar ke rumah duka di daerah Pluit. Toplesnya yang persegi ukuran 350 gram. Wahh senang banget donk daku, “wah makasih banyak ibu”, jawabku.

Setelah ijin foto2, nyobain kuenya yang kucomment, “enak bu cornflakenya”, eh terus si ibu bilang, “nanti saya share resepnya ya”, “udah ga sabar pengen pakai ovennya buat bikin kue Imlek” wah tambah senang donk daku, baik banget si bu Mila 🙂 udah ngasih kue, eh mau kasih resepnya juga, jarang2 dapat customer seperti ini xixi

Dan akhirnya beberapa hari lalu, saat ku WA ibu Mila, gak lama beliau mengirimkan resepnya, yang diambilnya dari majalah Sedap. Hari Sabtu lalu sebenarnya kujadwalkan untuk bikin pesanan Cheese Button eh tapi karena asisten sedang sakit jadi mundur, akhirnya aku bikin saja si Cornflake resep ibu Mila 🙂

Dan beginilah hasilnya xixi oh iya aku bilangnya sih bukan Creamy Mix Cookies, lha krim kentalnya cuma 1 sdm, gak efek ke kuenya xixi tapi chocolate chipsnya kurang berasa menurutku, next kalau bikin lagi aku tambah ahh, oh iya margarinnya aku mix dengan butter 50:50 gitu…

Setelah matang agak mleber gitu xixi dan bentuknya gak beraturan wkwkwk
Sebelum matang kecil2 yak
Ini resepnya dari majalah Sedap

Biskuit Udang Kering (Ebi Cookies)

Biskuit Udang Kering atau aku menyebutnya Ebi Cookies ini alternatif kue kering asin. Setiap kali bikin kue kering kita pasti bikin yang manis-manis khan? Nah bila ingin yang rasa asin atau gurih, Biskuit Udang Kering ini salah satu pilihannya.

akhirnya bentuk seperti sagu keju hahaha

Rasanya gurih dari ebi yang terasa banget, apalagi aku campurkan ke dalam adonannya karena bila ditaburkan gak akan habis 100 gram ebi. Jadi bila mau ditaburkan menurutku gak akan sampai 100 gram sih, 50 gram juga cukup atau 75 gram dan sisanya simpan deh buat penyedap masakan.

ini yang dibentuk dengan cetakan karena adonan agak keras hehe

Biskuit Udang Kering (Ebi Cookies)

source: Ny. Liem

Bahan I :

  • 150 gram mentega
  • 150 gram margarin
  • 125 gram gula bubuk
  • 1 sdt emplex (saya tidak pakai)
  • 1 sdt garam (saya tidak pakai juga)
  • 1 sdt penyedap rasa (tidak pakai juga)
  • 1 butir telur

Bahan II :

  • 1 sdt baking powder (saya skip)
  • 40 gram susu bubuk full cream
  • 400 gram tepung terigu protein sedang (menurut saya agak kebanyakan jadi kurangi sekitar 50 gram lalu rasakan lagi adonannya, bila kurang tepung tambahkan tepung)

Bahan III : (campur dan ayak)

  • 3 kuning telur
  • 1 sdm air
  • ½ sdt minyak sayur
  • 2 tetes pewarna kuning telur

Bahan IV : (campur dan haluskan)

  • 100 gram ebi, sangria
  • ½ sdt penyedap rasa (skip lagi)
  • ¼ sdt merica bubuk (saya lupa pakai hehe)
  • 1-2 sdm gula bubuk (ini juga lupa wkwkwk)

Cara membuat :

  1. Campur dan kocok bahan I menjadi satu hingga mengembang dan putih.
  2. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata. Masukkan ke dalam kantong plastic segitiga yang telah diberi mata spuit.
  3. Semprotkan adonan berbentuk kerang atau sesuai selera di dalam Loyang yang telah diolesi dengan sedikit margarin hingga rata, atau gunakan baking paper.
  4. Olesi permukaan kue dengan bahan III hingga rata, taburi dengan bahan IV.
  5. Panggang ke dalam oven dengan suhu 150 derajat Celcius selama 15 menit, kecilkan suhu oven menjadi 100 derajat Celcius lalu panggang kembali selama 15 menit hingga matang dan kering. Angkat dan dinginkan.

(saya gak semua dispuit karena spuit yang kekecilan dan adonan agak keras karena kebanyakan tepung. Supaya gak keras, kocok Bahan I harus benar2 mengembang dan putih, saya tidak LOL)

Orange Almond Stick Cookies

Lagi iseng pengen nyobain resepnya nyonya Liem, secara udah lama punya bukunya tapi yang dipraktekkan baru beberapa resep saja.

Kebetulan pula lagi mager xixi jadilah keluar hanya ke Titan dan Bluebell membeli almond, pasta orange, dll.

Dapat pasta orange di Titan eh tapi setelah dibuka kok cair banget seperti pewarna padahal di botolnya tertulis “pasta”, jadi bingung… eh tapi telat, udah aku masukkan 1 sdm itu pasta dan hasilnya adonan menjadi orange banget xixi kayaknya besok2 harus lebih hati-hati deh…

Orange Almond Stick Cookies

Bahan I :

  • 200 gram mentega
  • 100 gram margarin
  • 100 gram gula bubuk
  • 100 gram gula pasir
  • 2 sdm pasta orange (aku cuma pakai 1 sdm, itu pun bukan pasta sepertinya)
  • 2 kuning telur

Bahan II :

  • 50 gram fruit orange, potong kecil2, nah ini pun ketemunya peel orange
  • 50 gram almond bubuk
  • Bahan III (campur dan ayak) :
  • 1 sdt baking powder
  • 50 gram susu bubuk full cream
  • 50 gram tepung maizena
  • 450 gram tepung terigu protein sedang (segitiga) – kalau kataku agak kebanyakan, besok2 kalau bikin lagi mau 400 gram saja

Bahan IV : (campur dan saring)

  • 5 kuning telur (aku cuma 3 kuning telur, kalau 5 kebanyakan)
  • 1 sdm air
  • 1/2 sdt minyak sayur
  • 2 tetes pewarna kuning (aku gak pake)

Bahan V :

  • 100 gram jelfix / selai apricot (ini harus ditambahkan air lalu panaskan di api kecil supaya halus)

Bahan VI :

  • 50 gram almond, potong memanjang (aku pakai 100 gram almond untuk 1 loyang atau setengah resep jadi kalau 1 resep 100 gram almond keping, eh tapi aku gak potong2 lagi sih, jadi kerjaan banget kalau dibagi 2 lagi hehe)

Bahan VII :

  • 50 gram dark cooking chocolate, cairkan (aku gak pake xixi)

Cara membuat :

  1. Campur dan kocok bahan I menjadi satu hingga mengembang dan putih. Tambahkan bahan II, aduk.
  2. Masukkan bahan III sedikit demi sedikit, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.
  3. Giling adonan dengan ketebalan 3 mm, potong ukuran 1×8 cm (aku : 1.5×8 cm). Letakkan dan susun di dalam loyang yang telah diolesi dengan sedikit margarin hingga rata (aku : pakai baking paper atau kertas roti).
  4. Olesi permukaan kue dengan bahan IV hingga rata. Panggang ke dalam oven dengan suhu 150 derajat Celcius selama 15 menit, angkat.
  5. Olesi dengan bahan V, taburi dengan bahan VI. Panggang kembali ke dalam oven dengan suhu 100 derajat Celcius selama 15 menit hingga matang dan kering.
  6. Angkat dan dinginkan. Semprotkan dengan bahan VII, biarkan kering.
  7. Simpan ke dalam wadah kedap udara.