Donat Tanpa Fermentasi (Greentea Pistacio)

Resep ini aslinya dari majalah Sedap edisi 10/XVI/2015 yang membahas Donat Lembut Berbagai Teknik. Jadi ini resep donat ke-3 yang telah kucoba.

Resep aslinya menggunakan Greentea Pistacio tapi aku polosan aja karena dah capek habis bikin Cheese Button hahaha lagipula Pistacio tahu sendiri khan harganya mihilll wkwkwk

TIPS

TELUR

  • Seringkali penggunaan telur dianggap tidak penting pada pembuatan donat. Tidak sepenting cake, misalnya. Padahal telur sangat berpengaruh terhadap hasil donat.
  • Penggunaan telur utuh membuat donat sedikit lebih kenyal dibanding donat yang dibuat dengan banyak kuning telur.
  • Bila dalam resep menggunakan satu butir telur, kurangi putihnya sedikit dan tambahkan satu kuning telur sebagai gantinya.
Abaikan jari ponakanku yang dah ga sabar pengen mencomot si donat panas hahaha oh iya donatnya cakadul yak, ada yang bolong ada yang enggak. Ponakanku sukanya donat yang polos gini aja dan kadang dia mau yang bolong, kadang minta yang gak bolong jadi buat dua-duanya deh…

Donat Tanpa Fermentasi

Bahan :

  • 375 gram tepung terigu protein tinggi
  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 1/2 sendok teh ragi instan
  • 40 gram gula pasir
  • 25 gram susu bubuk
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 5 kuning telur
  • 1 putih telur
  • 225 ml susu cair
  • 100 gram mentega tawar
  • 1/2 sendok teh garam
  • 50 gram kacang pistacio (saya gak pake)
  • minyak untuk menggoreng

Bahan Hiasan (aduk rata) –> saya skip hehe

  • 150 gram white cooking chocolate, lelehkan
  • 1/2 sendok teh greentea

Cara membuat:

  1. Masak susu cair di atas api, hanya asal hangat. Matikan api. Masukkan mentega tawar. Aduk hingga mentega leleh. Tuang ke dalam baskom.
  2. Masukkan garam, gula pasir, dan ragi instan. Aduk rata. (ragi agak bergerindil tapi it’s ok)
  3. Tambahkan telur. Kocok dengan whisk sampai rata. Masukkan campuran tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder. Uleni hingga kalis. (di sini saya menggunakan mixer Bosch hehehe)
  4. Giling tipis adonan setebal 1 1/2 cm. Plong bulat. Lubangi tengahnya. Letakkan di sisi loyang yang ada taburan tepung terigu. Goreng di dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga matang. Angkat.
  5. Ambil donat. Celupkan ke dalam bahan hiasan. Taburkan pistacio.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *