English Fruit Cake

Fruit Cake bukanlah cake yang asing buatku. Dulu sewaktu bekerja di Kedutaan Amerika, daku pernah diajak oleh supervisorku yang kebetulan sudah senior banget, yang temannya tuh ya yang senior2 juga xixi jadi ibu-ibu yang sudah berumur 50-an, dan ibu-ibu pensiunan. Eh pensiunan di US Embassy enak lho… karena uang pensiunnya dalam dollar, besarannya ya tergantung jabatan sih… tapi gak enaknya, mereka harus ambil sendiri ke Embassy. Jadi kebayang donk yang umurnya udah sepuh banget gitu masih harus ke Embassy, tapi di lain sisi, buat mereka mengambil uang pensiun ke embassy itu menyenangkan karena bisa ketemu teman-teman yang masih aktif di sana.

Nah, supervisorku itu, namanya Ibu Lien, sangat supel karena beliau kenal banyak orang dan punya banyak teman. So, sebagai anak buahnya, aku suka kecipratan jadi kenal banyak orang juga di embassy hehe dan satu hal lagi, eh dua hal denk, beliau suka piknik, suka mengkoordinir piknik, dan aku juga suka piknik, yang kedua, beliau suka memasak, dan daku juga suka memasak, so klop donk hahaha

Jadi suatu waktu beliau mengajak anak buahnya untuk ikut main ke rumah Ibu Hartati (alm.) di daerah Pamulang, beliau Staff Senior di bagian Consular (itu lho bagian yang mengurus permohonan visa Amrik) untuk silaturahmi. Bu Hartati akan memasak lasagna, dan juga Fruit Cake, yang kuingat tuh Fruit Cake-nya enakkk pake bangett begitu pula lasagnanya, yummy bangetttt…

Bu Hartati juga membagi resepnya buat kita yang hadir saat itu, aku masih keep resepnya dan pernah coba juga, sayang kurang berhasil karena aku gak ikutin plek seperti resepnya, ah lain waktu harus kucoba lagi.

Resep Fruit Cake ini menurutku masih kalah dengan Fruit Cake-nya ibu Hartati, karena masih kurang kacang-kacangan dan juga buah-buahannya, selain kurang variasi, juga kurang banyak xixi terlebih gak pakai acara rendam dengan rhum 🙂

English Fruit Cake
By Fatmah Bahalwan
Sudah dimodifikasi by tim amarabakery
Bahan A:
100 gr manisan cherry merah, cincang kasar
100 gr manisan cherry hijau, cincang
100 gr Kismis, rendam sebentar di air panas, tiriskan
100 gr Kacang almond panggang, cincang kasar
100 gr sukade
25 gr tepung terigu
Ini utk 3loyang bolu uk10x20
Bahan B utk 1 loyang uk10x20
150 gr mentega / margarin
100 gr gula pasir
3 btr telur
125 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
2 sdt bumbu spekoek
1 sdt kayu manis bubuk

Cara membuatnya:
Bahan A:
Campur semua aneka buah dan kacang, taburi dengan 25 gr terigu, aduk dan awur-awur supaya butirannya memisah-misah. Sisihkan.
Bahan B:
Kocok mentega dan gula pasir hingga pucat dan mengembang, masukkan telur satu persatu sambil dikocok terus hingga rata.
Masukkan tepung terigu, baking powder, bumbu spekoek dan kayu manis, aduk rata. Tuangkan campuran buah, aduk lagi hingga rata.
Tuang adonan kedalam oyang ukuran 10x22x7 cm yang sudah dioles margarin dan dialasi kertas. Panggang dalam oven suhu 180˚C selama 45-60 menit atau hinga matang.
Angkat, dinginkan. Keluarkan dari loyang, simpan hingga saat disajikan. Hidangkan dengan taburan gula halus.
Catatan:
Fruit cake lebih lezat dinikmati setelah menginap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *