ICE CREAM Sederhana dan Mudah

Edisi senang membuat ice cream karena Callis doyan bangetttt… sengaja bikin dan taruh di cup kecil-kecil supaya bisa ambil kapan saja, ealah karena doyan bisa habis 20 cup kecil dalam 2 hari, jadi ya rugilah ya kalau taruh di cup-cup, jadi sekarang langsung aja di baskomnya, sekalian kalau buat kocok lagi jadi lebih enak gitu hehe

Oh iya, resep ini aslinya menggunakan Whip Cream semua (Resep Dasar I), tapi kebayang donk kalau menggunakan whip cream semua bagaimana gurihnya, jadi kugabung dengan susu cair, rasanya mantappp dehhh, ini hanya kocok 1x, jadi setelah 2 jam di freezer aku kocok sekali lagi, dah cukup halusss…

Sementara Resep Dasar II tadinya menggunakan susu cair semua, lagi-lagi aku mix dengan whip cream, sayang khan ada sisa Whip Creamnya.

Oh iya, jadi bila ada Whip Cream sisa, buat es krim ini aja, bisa tahan berminggu-minggu di freezer. Dari resep dasar ice cream ini bisa ditambahkan 250 gram coklat blok yang telah dilelehkan, jadilah es krim coklat, atau 250 gram strawberry yang diblender, jadi deh es krim strawberry, dan lain-lain.

ES KRIM VANILI

Resep Dasar I Ice Cream Sederhana

Resep ini paling sederhana dan mudah dibuat. Jika memiliki mesin es krim, kita dapat membuatnya dengan cepat, kurang lebih 30 – 50 menit sudah jadi. Tapi jangan kuatir, dengan mixer juga bisa kok hanya saja teksturnya tidak sehalus yang dibuat dengan mesin es krim.

Ice Cream Sederhana dengan Whip Cream

Ice Cream Sederhana dengan Whip Cream

Bahan :

500 ml krim encer (aku pakai Rich karena murah khan tuh, Rp 37.000 per liter, beli di toko Titan Kelapa Gading)

450 ml susu cair (saya pakai susu Ultra)

100 gram gula pasir

1/8 sdt garam

1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat :

1. Dalam sebuah panci berdasar tebal, masak, masak 250 ml krim, gula pasir dan garam di atas api kecil sambil diduk terus sampai gula larut, tapi tidak mendidih. Angkat dan dinginkan, tambahkan vanili dan sisa krim. Jika adonan pecah, saring, supaya es krim benar-benar halus.

2. Siapkan mesin es krim, tuang adonan ke dalam wadah, tutup rapat. Proses selama kurang lebih 50 menit, simpan es krim di freezer selama 1-2, bila kurang halus, proses lagi. Bila menggunakan mixer, kocok selama kurang lebih 15 menitan, gak sampai mengembang, jadi masih cair masukkan di freezer.

Resep Dasar II Ice Cream Sederhana

Ini adalah cara membuat es krim tempo dulu, yaitu dengan membuat custard (vla) dulu. Vla ini enak, karena menggunakan kuning telur sebagai pengental, bukan tepung.

Ice Cream Sederhana, dengan susu cair dan whipcream plus kuning telur

Ice Cream Sederhana, dengan susu cair dan whipcream plus kuning telur

Bahan :

450 ml susu cair (bisa mix dengan whip cream)

100 gram gula pasir

2-3 kuning telur

1/4 sdt vanili bubuk

Cara Membuat :

1. Siapkan freezer pada suhu terdingin. Masukkan wadah dan kocokan mixer dalam freezer.

2. Dalam sebuah panci berdasar tebal, masak susu dan gula pasir di atas api kecil sambil diaduk terus sampai gula larut tapi tidak mendidih. Angkat.

3. Kocok kuning telur dan vanili dengan mixer kecepatan tinggi sehingga pucat dan kental. Sambil terus diaduk, tuangi susu panas sedikit-sedikit hingga rata.

4. Tuang dalam wadah yang telah didinginkan, tutup rapat dengan plastik lengket/kertas aluminium. Bekukan dalam freezer hingga pinggirannya membeku (1-3 jam).

5. Keluarkan wadah dari freezer. Kocok dengan mixer kecepatan sedang hingga halus, simpan kembali dalam freezer. Ulangi proses tersebut sebanyak 2-3 kali supaya es krim benar-benar lembut.

6. Setelah itu, bekukan es krim semalaman dalam freezer. Sebelum disajikan, keluarkan es krim dari freezer, taruh dalam refrigerator sedikitnya 10 menit.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *