Kue Cucur

Kue Cucur adalah kue khas tradisional goreng yang bentuknya bulat, dengan bagian tengah membulat dan bagian pinggir yang berenda. Untuk menghasilkan serat, bagian tengah yang membulat, dan bagian pinggir berenda itu, ada teknik khusus yang dilakukan.

Resep serta trik kuambil dari majalah Sedap, dan berhasil jadi, sayangnya hanya 5 biji yang berhasil jadi bagus, sisanya jelek semua hahaha ga keruan gitu bentuknya #malu wkwkwk

Tapi gpp ya namanya juga baru bikin kue Cucur lagi, setelah puluhan tahun. Anehnya dulu ga pake tips trick apapun tetap jadi bagus kue Cucurnya, aku inget banget soalnya mertua laki (alm.) dulu itu doyan banget si Kue Cucur, dan aku pernah buatin buat beliau.

Kue Cucur

untuk 10 buah (ini beneran jadinya hanya 10 buah ukuran sedang)

Bahan :

  • 230 ml air
  • 125 gram gula merah
  • 2 lembar daun pandan
  • 125 gram tepung beras
  • 30 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/4 sdt garam

Cara membuat:

  1. Didihkan air, gula merah dan daun pandan sampai gula larut. Saring. Diamkan hingga hangat kuku.
  2. Campur tepung beras, tepung terigu dan garam. Tuang larutan gula sedikit-sedikit sambil diuleni. Setelah adonan kental, keplok-keplok 30 menit sambil terus dituangi larutan gula sedikit-sedikit sampai habis. Diamkan 40 menit.
  3. Panaskan 4 sdm minyak dalam wajan cekung kecil. Tuang adonan cucur. Siram-siram dengan minyak panas sampai mengembang dan berserat.
  4. Tusuk bagian tengahnya dengan tusuk sate sambil diputar-putar sehingga adonan yang masih mentah keluar. Siram-siram sampai matang. Balik sebentar. Angkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *