Kue Sus Kering

Kue Sus Kering ini contoh gagal sihhh hehe tapi gpp ya ku upload di sini, kali aja besok-besok aku bisa bikin lagi dan berhasil hahaha Kenapa gagal? Ya karena aku gak cermat melihat resep. Di resep telur memang 4 butir tapiiii beratnya 200 gram, alias masing-masing beratnya 50 gram, sementara telur yang kupakai itu besar-besar alias lebih dari 50 gram, ya sud deh si adonan jadinya lebih encer hiksss Baru nyadar setelah semua telur masuk dan sebelumnya sempat kutimbang, 250 gram, cuma aku gak ngeh hikss

Ceritanya kepengen cobain bikin Kue Sus Kering, padahal aku gak begitu doyan makannya, cuma pengenan aja, sepertinya gak susah, jadi dari adonan sus biasa cuma dibuat kecil-kecil dan dipanggang kembali dengan api kecil dan agak lama sehingga kue sus kering/renyah.

Oh iya, aku menggunakan resep Kue Sus dari Femina jadul :

Bahan :

Kulit Sus :

200 ml air

125 gram margarin

1 sdm gula pasir

150 gram tepung terigu protein tinggi

4 butir (200 gram) telur ayam

 

Isian Vla :

2 kuning telur

50 gram tepung maizena

400 ml susu cair

75 gram gula pasir

1 sdm essence vanilla

 

Taburan :

50 gram gula bubuk

 

Cara Membuat :

Kulit Sus :

1. Didihkan air, masukkan margarin dan gula pasir. Masak di atas api kecil hingga margarin leleh. Masukkan tepung terigu sambil aduk-aduk hingga adonan matang dan kalis. Angkat, biarkan uapnya hilang.

2. Masukkan setiap 2 butir telur ke dalam adonan kulit sus, aduk cepat dan rata hingga menjadi adonan yang lembut.

3. Masukkan adonan kulit sus ke dalam kantorng yang dihubungkan dengan spuit (spuit Wilton no. 1M, bisa dibeli di TBK) bentuk bintang. Semprotkan adonan di atas loyang dan bertabur terigu, dengan cara melingkar. Beri jarak di antaranya. Panggang dalam oven panas bersuhu 200 derajat Celcius selama 30 menit, angkat. Sisihkan.

4. Isian Vla : Aduk rata kuning telur, tepung maizena dan 50 ml susu, sisihkan. Didihkan sisa susu dan gula pasir sambil aduk-aduk di atas api kecil hingga gula larut. Tuangkan larutan telur-maizena sambil aduk cepat dan rata hingga menjadi adonan yang kental dan mengkilap. Tambahkan essence vanilla, aduk rata.

5. Penyelesaian : Belah setiap kue sus membujur dengan pisau tajam atau gunting, tidak sampai putus. Beri 1 sdm adonan isi. Taburi bagian atas kue sus dengan gula bubuk, sajikan.

Kue Sus Kering

Kue Sus Kering

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *