Lidah Kucing Almond | Resep Lidah Kucing Enakkk

Selama ini bila sedang bikin kue kering, daku sering punya putih telur sisa dalam jumlah banyak. Selain dibagi-bagikan ke tetangga atau dimasak sambal goreng, kalau lagi rajin aku bikin Brownies Putih Telur atau Lidah Kucing ini. Aku tambahkan Almond, jadilah Lidah Kucing Almond. Eh tapi itu mah jarang-jarang terjadi karena membuat si Lidah Kucing agak lama, tapi itu dulu lho xixi Sekarang nie, setelah bikin lagi, bahkan bikinnya malam hari jam 9-an, selesai-selesai jam 11 lewat. Cepat ternyata, karena gak banyak sih putih telur yang dipakai, hanya 125 ml saja.

Oh iya, ada 2 cara membuat Lidah Kucing. Pertama, putih telur tidak usah dikocok tersendiri, melainkan dimasukkan setelah pengocokan mentega, margarin dan gula. Kedua, putih telur dikocok tersendiri bersama sebagian gula. Dua-duanya aku pernah coba bikin, lupa hasil akhirnya enak yang mana karena udah lama banget bikinnya.

Nah Resep Lidah Kucing yang ini, kubuat dengan cara yang pertama. Kocok mentega, margarin dan gula hingga putih mengembang hampir 2x dari adonan semula. Kenapa adonan mentega, margarin dan gula bisa mengembang? Karena si margarin adalah pengemulsi yang baik sehingga bila dikocok akan membuat adonan mengembang. Bila hanya butter saja, tetap mengembang sih tapi tidak sebanyak bila ditambahkan margarin.

Karena udah lupa berapa besar ideal si Lidah Kucing, pertama aku buatnya lebih imut, mirip orang2 bikin Lidah Kucing Rainbow yang berwarna-warni itu, berikutnya lebih besar lagi, atau malah jumbo ya hahaha dan juga warnanya eksotis tapi gpp kok sebetulnya, soalnya waktu dulu pernah lihat Lidah Kucing dengan warna eksotis begitu dijual di Toko Ani 🙂

Oh iya, Lidah Kucing ini beneran enak lho, wajib coba yak 🙂

Yang Oriental dan Eksotis, suka yang mana? Tinggal pilih xixi

Lidah Kucing Almond

Bahan :

  • 100 gram margarin
  • 150 gram butter
  • 130 gram gula halus (saya menggunakan gula pasir yang diblender)
  • 125 ml putih telur (biarkan suhu ruang ya)
  • 180 gram tepung terigu protein rendah
  • 50 gram tepung sagu (bisa diganti dengan tepung maizena)
  • 40 gram susu bubuk
  • 50 gram almond bubuk
  • 1 sdt almond essence

Cara membuat :

1. Kocok mentega, margarin dan gula halus sampai putih dan mengembang (dimixer menggunakan speed sedang selama kira-kira 10-15 menit).

2. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, tepung sagu dan juga almond bubuk, aduk rata dengan kecepatan paling rendah hingga rata.

3. Masukkan adonan ke plastik segitiga, potong ujung plastik dengan diameter yang kita inginkan, lalu tekan dan bentuk panjang-panjang di loyang yang telah dilapisi baking paper (lebih bagus lagi bila menggunakan loyang lidah kucing).

4. Panggang hingga matang (kira-kira 25 menit) dengan suhu antara 140-150 derajat Celcius.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *