Lontong Sayur

Gegara antar Callis ke Periplus trus beli novel berbahasa Inggris berjudul “Reboot”, yang harganya mayan mahal… Mamanya mah dah pusing deh baca novel berbahasa Inggris, yang bahasa Indonesia aja gak kebaca xixixi tapi gpp deh mumpung doi masih semangat2nya membaca, walaupun itu novel hehe

So, dari Periplus mampir ke Gramedia karena menurut info dr. Sindhi, ada discount 30% untuk semua buku terbitan GPU, dah sering discount sih sebenarnya tapi daku suka aja melihat-lihat dulu, kali aja ada yang nyantol gitu…

Dan benar saja, kulihat ada buku resepnya Ny. Liem berjudul “Masak Lezat Chinese Food ala Ny. Liem”, langsung deh pengen beli… secara daku, juga anakku pencinta Chinese Food, walaupun biasanya daku nyari resep yang praktis-praktis aja sih… hehehe dasarrrrr yaaa

Cover bukunya seperti ini

Cover bukunya seperti ini

So, karena daku pengen bikin lontong dengan panci ISA (dulu pernah bikin sih cuma gak pernah difoto), dan masih punya cetakannya, jadi langsung deh eksekusi si lontong sayur.

Kalau di buku Ny. Liem judulnya Lontong Capgomeh, cuma karena aku hanya bikin lontong dan sayur labunya saja, jadi yang kuposting lontong dan sayur Lodeh Labu Siam-nya saja.

 

LONTONG SAYUR ala Femmy 🙂

Bahan Lontong :

– 250 gram beras berkualitas baik/pulen, cuci bersih kemudian rendam dulu selama kurang lebih 2 jam, tiriskan

– daun pisang

– cetakan lontong

Cetakan lontongnya seperti ini

Cetakan lontongnya seperti ini

Cara membuat :

– Isikan beras ke dalam daun pisang, sematkan dengan tusuk gigi/lidi

– Rebus dalam panci ISA yang telah diberi 1 sdm garam hingga terendam selama 1 jam, kalau panci biasa bisa 3 jam. Untuk panci ISA ukuran 5 liter hanya muat kurang lebih 8 buah cetakan (kira-kira 500 gram beras), bisa lebih sih sebetulnya…

– Angkat dan tiriskan

lontong 1

Sayur Lodeh Labu Siam :

– 1 buah labu ukuran besar, potong bentuk korek api, remas dengan garam, cuci bersih

– 50 gram udang kering (ebi), haluskan (cuci dengan air panas terlebih dahulu)

– 100 gram udang segar/daging sapi, potong kecil-kecil (daku gak pake, secara dah kesiangan ke pasarnya hahaha habis hulahupan dulu di Taman Jogging) jadi kuganti dengan 2 buah tahu kuning, potong-potong

– 500 ml santan sedang dari 1 butir kelapa

– 250 ml santan kental dari 1 butir kelapa (aku pakai 1 kelapa saja)

– 2 ruas lengkuas

– 3 lembar daun salam

– 3 lembar daun jeruk

– 1 buah tomat, potong-potong

– 1 sdt garam

– 1 sdt gula pasir

– 1 bungkus kaldu bubuk instan

– 3 sdm minyak untuk menumis

 

Bumbu halus :

– 50 gram cabai merah keriting (aku gak pakai secara Callis gak doyan pedas)

– 5 siung bawang merah

– 4 buah kemiri

– 2 ruas kunyit

– 1 ruas jahe

 

Cara Membuat :

– Rebus daging bersama santan sedang hingga empuk. Masukkan lengkuas, daun salam, dan daun jeruk.

– TUmis bumbu yang dihaluskan hingga harum. Masukkan ke dalam rebusan daging. Aduk rata.

– Masukkan udang kering, labu, tomat, garam, gula pasir, kaldu bubuk instan dan santan kental. masak hingga matang dan mendidih. Angkat.

Ngebungkus Lontongnya masih belum rapi ya xixixi

Ngebungkus Lontongnya masih belum rapi ya xixixi

Lontong jadinya lebih menyatu bila beras direndam dulu selama 2 jam

Lontong jadinya lebih menyatu bila beras direndam dulu selama 2 jam

Lontong Sayur Sederhana ala Femmy

Lontong Sayur Sederhana ala Femmy

 

Lontong Sayur nya memang sederhana banget nie, gak pake kerupuk, gak pake bawang merah (Callis gak suka sih), gak pake sambel (gak doyan banget si Callis… ahhhh…) tapi gpp begitu aja Callis doyan kok hehehe

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *