Martabak Bolu

Waktu kapan (lupa hehe) pernah bikin martabak, dengan cetakan teflon sih tapinya dan hasilnya gak berbentuk martabak hehe

Sebenarnya dah lama lihat teman-teman pada berhasil bikin martabak bolu resepnya Rina, temanku di milis NCC  http://rinarinso.com/ tapi belum kesampaian beli cetakan martabaknya. Setelah cetakan martabaknya kebeli, masih dianggurin juga tuh hingga beberapa bulan (dasar pemalas.com ya hahaha)

Akhirnya kemarin eksekusi deh resep Martabak Bolu ini dan hasilnyaaaa…. seperti di gambar deh, langsung pasang di pp bb dan banyak yang minta resepnya, xixixi jadi kuposting di sini aja ya… rasanya enakkk walaupun masih lebih rasa “bolu”, makanya disebut martabak bolu 🙂

 

Martabak Bolu

Martabak Bolu

Cetakan Martabak yang kupakai seperti ini yaa, yang diameter 13 cm

Cetakan Martabak yang kupakai seperti ini yaa, yang diameter 13 cm

 

Martabak Bolu

 Bahan :

250 gr terigu serbaguna (segitiga biru)

50 gr gula pasir

1/4 sdt baking powder

1/4 sdt garam

300 cc susu cair

3 butir telur

30 gr gula

1/2 sdt fermipan/ragi instan

1/4 sdt baking powder

50 gr mentega dicairkan

Taburan di atas :

butter

gula pasir

susu kental manis

keju parut

cokelat meises

Cara membuat :

Campur jadi satu terigu, gula, baking powder, dan garam.

Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil di aduk dengan whisk.

Setelah tercampur rata masukkan fermipan dan istirahatkan selama 30 menit.

Di tempat lain kocok telur dan gula (kocok lepas aja pakai garpu) kemudian masukkan ke dalam adonan yg sudah di istirahatkan selama 30 menit.

Terakhir masukkan mentega cair dan baking powder.

Panaskan cetakan, ambil 1 sendok sayur cetakan, biarkan sampai adonan mengembang dan berlubang, taburi dengan gula kemudian tutup hingga matang.

Angkat martabak dari cetakan dan beri olesan butter, kemudian beri susu kental manis dan keju atau meises atau topping sesuai selera sebagai taburan.

Note dariku:

gunakan api kecil dan tunggu kurang lebih 3 menit untuk ke batch berikut. Jadinya sekitar 9 buah martabak diameter 13 cm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *