Ongol-ongol Sagu

Ongol-ongol Sagu

Ongol-ongol Sagu

Salah satu kue tradisional kesukaanku 🙂 Apa karena aku orang Ambon yak jadi segala yang berbahan dasar sagu, daku suka hehe

Kalau ke pasar tradisional atau ke bakery selalu kucari ongol-ongol ini karena daku daku doyan banget ongol-ongol ini dan jarang banget bikin, mungkin cuma sekali dua kali aja saat almarhum mama masih ada.

Selama ini sudah mengumpulkan banyak resep ongol-ongol tapi belum satupun yang dieksekusi xixi Resep ini kudapat dari cik Suzie Sasmita saat ketemuan KTM di rumah beliau di daerah Puri Indah, Jakarta Barat 14 Desember lalu. Kenapa juga resep cik Suzie yang aku cobain? Karena ternyata nie ongol-ongol full santan dan bukan pakai air, jadi pastinya lebih enak hehe

Hasilnya beneran yummy dan lembek lho yah, tapi aku juga suka sih yang lembek 🙂

Ongol-ongol Sagu

350 gram Tepung sagu (aku pakai tepung ubi, beli di Titan)

1400 cc santan sedang (dari 1 buah kelapa)

400 gram Gula merah

150 gram Gula pasir

1 sdt Garam

1 buah kelapa agak muda, kupas kulitnya kemudian diparut, kukus, tambahkan sedikit garam

 

Cara Membuat :

Campur tepung sagu dan setengah bagian santan, aduk rata, saring.

Masak sebagian santan dan gula merah hingga gula hancur, saring

Campur adonan kedua adonan, masak hingga setengah matang, kemudian masukkan ke loyang, kukus hingga matang. Bisa juga adonan dimasak hingga matang, tandanya adonan meletup-letup. Oh iya gunakan api kecil untuk memasak.

Selagi panas, ambil sesendok adonan, gulingkan di kelapa parut. Tata di piring.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *