Poffertjes Lembut

Poffertjes Lembut, cemilan bulat yang konon asalnya dari negeri kincir angin ini yummy lho buat sarapan atau untuk teman minum teh di sore hari. Kalau ditambah rempah juga enak deh kayaknya. Di resep ini tidak pakai santan tapi kata papaku aslinya pakai santan, mana yang benar aku ga tahu deh hehe Oh iya aku ga pakein apa2 jadi polosan aja

Cetaknya pakai cetakan poffertjes lembut dari ISA yang 18 lubang, diameternya 4 cm alhasil poffertjesnya imut2, 1 resep jadinya kurang lebih 50 atau 60 pcs.

Poffertjes

Poffertjes

 

Ini si Cetakan Poffertjes ISA yang kupakai

Ini si Cetakan Poffertjes ISA yang kupakai

Pakai cetakan ini bisa juga, hasilnya lebih besar sedikit tapi justru ngepas ukurannya

Pakai cetakan ini bisa juga, hasilnya lebih besar sedikit tapi justru ngepas ukurannya

Ingredients:

350 gr Terigu Cakra

150 gr Tepung Maizena

100 gr Gula pasir

500 ml Susu hangat

5 butir telur

1 bks ragi instant(Fermipan/Haan/Mauripan) (11 gram)

3 sendok makan Margarine di cairkan

1/4 sdt vanili powder

1/4 sdt garam

 

Directions:

1. Campur terigu, maizena, gula dan ragi instan, aduk rata

2. Campurkan telur dan sebagian susu aduk/mixer sampai rata dan

licin.

3. tuangkan margarine cair, sambil terus di mixer, dan sisa susu.

4. Diamkan agar mengembang.

5. Cetak dengan Cetakan Poffertjes, (jangan di tutup) apa bila

bagian bawah/pinggir telah matang, baliklah dengan cara di

cungkil dan tarik menggunakan tusuk sate. Jika telah matang, akan

merupakan kue yang bulat.

8. Di makan dengan ditaburi tepung gula/gula bubuk dan kayu

manis bubuk.

 

SCC : Spreadable Cheedar Cheese

DCC : Dark Cooking Chocolate

 

Note:

 

1. Jika di isi dengan SCC/DCC, potong seukuran dadu 1/2X1/2 cm.

setelah adonan di tuang, cemplungkan SCC/DCC tenggelamkan

dalam adonan dengan menggunakan tusuk sate.

2. Loyang jangan terus2an di oles margarine, karena ntar jadinya

bopeng2. sekali aja ngolesnya waktu pertama kali akan makai.

setelah itu, loyang jangan di cuci, tapi cukup di lap bersih

dengan tissue untuk menghilangkan minyak2 yang nempel, dan

bungkus dengan plastik.

3. satu resep ini, bisa jadi 80 butir lebih, jadi, kalau

keluarga kecil, 1/2 resep dululah, kan bisa sepiring munjung.

1 comment

  1. Poffertjes 17 September, 2016 at 1:14 pm Reply

    Poffertjes yg pake santan, gimana ya? belum pernah liat nih.. :3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *