Putri Salju Ngeprul

Jadi ceritanya saya punya seorang sahabat sekolah, kami sekelas di kelas 2 SMP. Kami mendapat SMA yang sama, mungkin 70-80% SMA tersebut berasal dari SMP kami. Ya, dua-duanya adalah sekolah negeri favorit di Tanjung Priok.

Selepas SMA kami masih sering berkomunikasi, hingga suatu saat daku bekerja di PT PICO, doi menelpon dan setelah lulus kuliah bertanya apakah ada lowongan kerja di tempatku. Saat itu kebetulan banget pas ada lowongan untuk Project Assistant (sama posisinya denganku hehe), setelah diinterview, lolos jadi deh kita satu kantor. Oh iya sahabatku itu kuliahnya di IKIP Jurusan Tata Boga tapi sayangnya ilmu yang didapatnya di bangku kuliah itu tidak pernah dipraktekkan dengan bekerja di lapangan kerja yang berhubungan dengan kuliahnya itu. Ke sini-sininya justru aku yang banyak berkecimpung di dunia kuliner walau belum pernah sekalipun bekerja di bidang tersebut. Aku justru langsung menjadi businesss owner Kalis Kukis, yang memproduksi kue kering, walaupun hanya di hari raya saja tapi judulnya business owner khan? hahaha

Nah temanku itu karena kuliahnya Tata Boga, jadi banyak donk punya teman yang bekerjanya di jalur boga. Dari teman-temannya inilah sahabatku kadang mendapatkan resep2 ciamik, eh tapi tetangganya pun ada yang pintar bikin kue dan memberikan resep kue2 pada sahabatku tersebut.

Kue Putri Salju ini adalah resep ibu Roso, tetangga sahabatku yang berbaik hati sharing resepnya pada sahabatku, dan sahabatku itu berbaik hati sharing resep tersebut padaku. Resep ini beneran enak lho, ngeprul gitu hasilnya…

Putri Salju Ngeprul

Bahan :

  • Tepung terigu 600 gram (sangrai terlebih dahulu)
  • Gula halus 2 sdm
  • Susu bubuk 25 gram
  • Kuning telur 2 butir
  • Mentega 150 gram
  • Margarin 250 gram
  • Vanila 1/2 sdt
  • Kacang mede 100 gram, sangrai atau goreng, lalu haluskan

Bahan taburan : aduk rata gula halus 4 sdm dan susu bubuk 2 sdm, bila kurang, didouble saja ukuran tsb.

Cara membuat :

  1. Kocok mentega dan margarin hingga halus, masukkan kuning telur.
  2. Tambahkan gula, kocok sebentar.
  3. Masukkan susu bubuk, vanila, lalu tambahkan kacang mede halus, aduk rata.
  4. Masukkan tepung terigu, aduk hingga rata dan bisa dibentuk.
  5. Giling adonan sesuai ketebalan yang diinginkan. Cetak menggunakan cetakan putri salju (bentuk bulan sabit) atau cetakan lainnya sesuai selera.
  6. Panggang dengan suhu 110-125  derajat Celcius hingga matang. Panas-panas beri taburan gula halus dan susu bubuk.

Tagged:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *