Resep Karamel Kenari Kukis yang manisnya pass…

Punya buku ini sejak tahun 2000 tapi baru dipraktekkan beberapa, huuuu… saking sakingnya ya hehe

Buku-bukunya Yasaboga recommended banget deh, aku punya yang Kue Basahnya juga, suka praktekkin juga, plus yang Cheese Cake dan Aneka Bolu, cuma yang 2 terakhir dipinjam teman dan gak kembali hiksss

Oh iya, kenapa kupraktekkan kue ini? Karena cara bikinnya yang unik dan nyantai… kenapa nyantai? karena si adonan bisa disimpan dulu di kulkas, ya aslinya di kulkas, tapi aku cobain masuk freezer dan it works lho, hingga seminggu pun kalau masuk freezer adonan aman-aman saja hahaha dasar pemalasdotcom yaaa… jadi bikinnya sekarang bisa panggangnya kapan-kapan, asyikkk khan…

Soal rasa? hmm yummy deh… karena ya aku suka kenari sih ya hehehe tapi gak terlalu manis, padahal gulanya banyak lho, 500 gram, ternyata gula palem tuh gak manis ya xixi soalnya aku jarang pakai sihhh jadi gak tahu

ini dia bukunya... ada Resep Karamel Kenari yang manisnya pass...

ini dia bukunya… ada Resep Karamel Kenari yang manisnya pass…

Resep Karamel Kenari (Judul aslinya Kue Iris Karamel)

Bahan :

250 gram mentega/margarin

500 gram gula palem

400 gram kenari kupas, cincang kasar

2 butir telur

2 sdt vanili ekstrak/1/2 sdt vanili bubuk

Ayak :

400 gram tepung terigu

3/4 sdt soda kue

1/4 sdt baking powder

1/2 sdt garam

Karamel Kenari

Karamel Kenari

 

si Karamel Kenari ini, jadi kurang lebih 3 toples...

si Karamel Kenari ini, jadi kurang lebih 3 toples…

Cara Membuat :

– Taruh mentega/margarin dalam tempat tahan panas.

– Campur gula palem dengan 75 cc air, masak hingga mendidih selama 3 menit sambil diaduk dengan sendok kayu supaya tidak hangus dan menjadi karamel. Tuang 0.75 cairan karamel panas ini ke dalam mentega, aduk rata.

Karamel Kenari Cara 1

– Olesi sebuah loyang kue kering dengan margarin. Didihkan kembali sisa karamel, aduk selama 2 menit, angkat dari api. Masukkan setengah bagian kenari, aduk cepat dan rata. Tuang dan ratakan pada loyang tersebut. Setelah dingin, lepaskan dari loyang, masukkan kantong plastik, hancurkan.

Karamel Kenari Cara 2

– Kocok rata campuran mentega dan karamel. Masukkan telur dan vanili, kocok lagi hingga halus.

– Masukkan setengah bagian campuran tepung ini ke dalam adonan mentega, aduk rata. Tambahkan hancuran karamel kenari, aduk rata, baru masukkan sisa tepung terigu. Aduk hingga adonan rata benar. Tutup dengan plastik, dinginkan dalam lemari es selama 15 menit, hingga adonan dapat dibentuk.

– Bagi dua adonan sama banyak, letakkan pada kertas roti (karena kehabisan kertas roti jadi aku pakai aluminium foil). But dua buah gulungan bergaris tengah 5 cm, panjang 25 cm (aku seadanya aluminium foil dan sejadinya adonan digulung hahaha). Taburkan sisa kenari pada bagian luarnya hingga tertutup rata. Bungkus dan dinginkan dalam lemari es selama 1,5 jam.

karamel kenari 3

– Potong-potong dengan pisau tajam setebal 0,5 cm, tata pada loyang yang telah diolesi margarin, beri jarak 3 cm, panggang hingga matang.

(hasil jadi: 90 buah/1200 gram).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *