Somay Ayam Udang

Somay Ayam Udang ini adalah somay ke sekian yang pernah kubuat, walaupun aku penggemar berat somay tapiii baru bikinnya sih bisa dihitung, alias kurang dari 10x xixi Sebetulnya sih aku masih penasaran untuk membuat Somay yang enak… Oh iya somay ayam udang enak menurutku tuh seperti somay di Gelanggang Renang Tirta Mas di Pulomas. Kalau berenang di situ khan ada kantinnya, setelah berenang trus makan mie goreng atau nasi goreng, seringnya sih somay, tuh rasanya gimana yaaa… surga dunia deh buatku hehe

Tahun lalu saat ke Gramedia gak sengaja ketemu buku resepnya Ny. Liem “Masak Lezat Chinese Food ala Ny. Liem”, dan ada Resep Somay Ayam Udang ini di situ. Judul sih aslinya di buku “Siomay Goreng / Pangsit Goreng / Pangsit Roll” tapi karena aku gak digoreng somaynya jadi ya yang biasa saja alias dikukus.

 

Somay Ayam Udang
Somay Ayam Udang

Resep Somay Ayam Udang :

Bahan :

150 gram udang kupas, cincang

200 gram ikan tenggiri fillet, cincang (aku ganti ayam)

250 gram dada ayam fillet, cincang

1/2 sdt merica bubuk

1 sdt minyak wijen

2 sdt garam

100 ml air es

1 sdt penyedap rasa, jika suka

2 sdt kecap asin

2 sdm minyak ayam/59 gr lemak ayam

1 sdm bawang goreng, haluskan

1 batang seledri, iris halus

1 batang daun bawang, iris halus

125 gram tepung sagu

100 ml putih telur

 

Cara Membuat :

1. Campur udang dan ayam, merica bubuk, minyak wijen, garam, air es, penyedap, kecap asin, minyak ayam, bawang goreng, seledri dan daun bawang menjadi satu.

2. Tambahkan tepung sagu dan putih telur, aduk hingga tercampur rata.

3. Ambil kulit pangsit, beri adonan isi lalu bentuk. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.

4. Siap untuk dikukus atau digoreng.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *