Tag Archives: ayam goreng

Ayam Tangkap, Ayam Goreng Khas Aceh

Siang all, ada yang pernah ke resto Aceh Seulawah di Benhil? atau ada juga di Cikini, Jakarta Pusat. Saya beberapa kali ke Seulawah karena penasaran dengan mie Acehnya yang katanya enak bingits itu… tapi saya ga lihat kalau ada menu Ayam Tangkap ini di Seulawah. Rasanya besok-besok wajib coba deh, sudah masak tapi ga tahu aslinya seperti apa hahaha

Ayam Tangkap ini saya buat dalam rangka demo panci ISA di rumah seorang teman, jauh bingit di Tambun… Memang mendadak banget ini demonya, hanya 2 days notice, dan sudah kadung janji pada Callis untuk mengantar dia ke daerah Menteng. Jadilah daku datangnya telat banget2, ternyata hari Sabtu sama saja seperti weekdays yak hiksss…

Resep Ayam Tangkapnya sendiri saya ambil dari beberapa sumber jadi udah dimodif gitu… Saya lihat sih lebih enak, lebih empuk bila ayam diungkep terlebih dahulu dan saya menggunakan panci ISA untuk mengungkep ayam, hanya 10 menit lho… ini enak lho, wangiii dan bumbunya meresap ke ayam…

Ayam Tangkap

  • Bahan:
    1 ekor ayam kampung muda, potong kecil2 (24 potong) #saya menggunakan ayam negeri

Bumbu halus:

  • bawang merah 12 butir
  • bawang putih 8 butir
  • jahe 6 cm
  • kunyit 6 cm
  • air asam 2 sdm
  • gula merah 1 sdm
  • merica secukupnya
  • garam secukupnya
  • ketumbar secukupnya
  • bila suka pedas, silakan tambahkan cabe rawit hijau
  • 300 ml air kelapa (beli di tukang kelapa, biasa mereka jual air kelapanya saja)
ini setelah diungkep gambar panci isanya doank, lupa foto hahaha

Bumbu Iris Goreng:

  • bawang merah 100 gram, iris tipis
  • bawang putih 50 gram, iris tipis
  • daun pandan 3 lembar, iris seruas jari
  • daun kari 4 tangkai (saya menggunakan daun ketumbar karena tidak punya daun kari, daun ketumbar goreng wanginya enak dan rasa tidak pahit)
  • daun kunyit 3 lembar, iris tipis
  • daun bawang 3 batang, iris seruas jari
  • cabe hijau 4-5 buah, belah memanjang
  • kalau suka pedas tambahkan cabe rawit hijau, belah memanjang

Cara membuat:

  1. Campur ayam dengan bumbu halus, diamkan minimal 3 jam dalam kulkas atau semalaman agar lebih meresap
  2. Ungkep ayam dengan presto ISA dengan air kelapa, kira2 10 menitan, sisihkan
  3. Panaskan minyak cukup banyak, goreng bumbu iris secara terpisah hingga kering dan matang. Gunakan api kecil sedang.
  4. Goreng ayam hingga kering dan matang, tiriskan
  5. Campur ayam dengan bumbu iris, hidangkan

Note:

  1. Bumbu iris digoreng terlebih dahulu dengan alasan: memberi rasa pada minyak, sehingga minyak sudah beraroma ketika menggoreng ayam, dan minyak masih bersih (jika sudah menggoreng ayam, minyak akan berubah warna, hasil gorengan bumbu iris tidak terlalu cantik).
  2. Namun bisa juga bumbu iris diberi bumbu ungkepan ayam sehingga bumbu iris lebih berasa dan beraroma.
  3. Goreng sesaat sebelum disajikan, sehingga ketika dimakan bumbu iris masih kemeriyuk, gurih dan sedap sekali! Untuk daun bawang goreng, rasanya manis, enakk tapi bila tidak suka silakan skip 🙂

Ayam Goreng Kalasan | Resep Panci ISA

Masih berhubungan dengan ayam, Ayam Goreng Kalasan menjadi pilihanku untuk memasaknya kali ini. Resep ada di Buku Resep ISA halaman 6.

Mudah membuatnya dan rasanya enakkk, oh iya aku double resepnya yang di buku resep karena buatku kurang banyak xixi

Sayangnya belum sempat aku goreng si Ayam Kalasan, eh udah habis aja hahaha mungkin karena lagi banyak orang di rumah jadi laris manis deh si ayam 🙂 Belum sempat difoto pula, hanya foto saat di panci ISA saja hehe

Ayam Goreng Kalasan

Bahan :

  • 1 ekor ayam, potong-potong
  • 1 buah kelapa, diambil airnya (separuh pun tidak apa-apa)

Bumbu :

  • 8 buah kemiri
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 7 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih

Sereh, salam, laos dan daun jeruk secukupnya

Gula merah, gula pasir, garam secukupnya

Cara memasak :

Bumbu-bumbu semua dihaluskan kecuali daun-daunan. Lalu campurkan ke dalam air kelapa dan ayam. Lalu coba rasa garamnya. Dimasak full press selama 10 menit. Diamkan, lalu buka. Kalau airnya masih ada, dimasak lagi sampai kering. Sudah dingin baru digoreng sampai warnanya coklat.

Sambalnya:

  • 100 gram cabe merah
  • 5 buah bawang merah
  • 2 buah tomat
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh terasi
  • 2 lembar daun salam
  • 1 potong kecil laos

Cara membuat sambal :

Semua bahan dihaluskan kecuali daun salam dan laos. Lalu ditumis dengan 5 sendok makan minyak sampai wangi.

 

Ayam Goreng Kuning Hitam Warnanya | Cooking Tips

Ayam goreng kuning seharusnya berwarna kuning keemasan setelah digoreng. Tetapi seringkali malah hitam.

Hal yang keliru dalam pembuatan :

  • Menggunakan asam terlalu banyak.
  • Menggunakan gula terlalu banyak.
  • Proses menggoreng terlalu lama.
  • Minyak tidak dibersihkan dahulu setelah sangat kotor.

Pembuatan yang benar :

  • Ayam goreng kuning memang akan lebih sedap jika menggunakan asam. Gunakan air asam saja dan tidak terlalu banyak.
  • Gula juga perlu ditambahkan. Boleh gula pasir, boleh juga gula merah. Tetapi tidak boleh terlalu banyak supaya gula tidak mengaramel di dalam minyak dan membuat ayam jadi hitam.
  • Menggoreng ayam tidak boleh terlalu lama. Gunakan minyak panas sekali, sehingga begitu masuk, kulit ayam langsung menyokelat. Penggorengan terlalu lama, membuat ayam jadi hitam.
  • Serbuk dari bumbu ayam goreng harus sering dibersihkan. Bila tidak, akan menempel pada ayam goreng dan membuat ayam jadi bercak kehitaman.