Tag Archives: cookies

Resep Almond Cookies

Masih dari majalah Sedap edisi Desember 2015, Resep Almond Cookies ini adalah Resep Pilihan Pembaca, sebanyak 71% pembaca Sedap memilihnya, dibanding dengan Resep Pate Sablee Cookies yang dipilih sebanyak 29% pembaca Sedap. Oh iya resep dishare oleh Felix Sienatra, Executive Chef Shabu Masa (Japanese Resto).

Dibanding dengan Resep Sagu Almond Cookies yang kushare sebelumnya, Resep Almond Cookies ini juga enak tapi ini menurutku lebih plain, kalau si Sagu Almond Cookies lebih enak karena tepung sagunya. Oh iya Almond Cookies ini manisnya pas buat yang gak suka manis, apalagi karena aku memakai gula halus, jadi benar-benar manisnya seperti manis jambu gitu… Mayan untuk menemani minum teh sore-sore apalagi membuatnya gak susah, asalkan jangan lupa beli almond-nya saja. Kemarin itu aku beli 2 pack almond bubuk, biasanya di Titan atau Toko Ani dijual per 100 gram gitu, per 100 gram Rp 26.000 kalau tidak salah. Memang mahal sih si almond ini jadi pakainya harus benar-benar dipakai ya hehe

almond cookies

almond cookies 2

Resep Almond Cookies  (sumber : majalah Sedap edisi Desember 2015)

untuk 300 gram (kalau aku sih hasilnya jadi 3 toples kecil seperti gambar di atas, eh tapi yang satu toples gak kefoto, dah keburu kukasih ke tanteku xixi)

Bahan :

  • 200 gram mentega tawar dingin (aku pakai wijsman)
  • 100 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam (bila pakai salted butter, tidak usah pakai garam lagi)
  • 1 sendok teh krim kental (bila tidak ada, skip juga tidak apa-apa, atau gantikan dengan susu cair)
  • 1 kuning telur
  • 140 gram tepung terigu protein sedang (segitiga biru misalnya)
  • 75 gram almond, cincang kasar (aku pakai 100 gram almond bubuk, sayang kalau disisakan hehe nanti malah tidak terpakai)

 

Cara Membuat :

  • Kocok mentega tawar dingin, gula dan garam selama 2 menit. Masukkan krim kental dan kuning telur. Kocok rata.
  • Masukkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata. Tambahkan almond. Aduk rata.
  • Sendokkan adonan bulat di atas loyang dioles mentega tawar. Ratakan dengan pinggiran sendok. (kalau aku : masukkan adonan ke dalam plastik segitiga, gunting ujungnya, lalu spuitkan dengan bentuk bulatan-bulatan gitu, lebih cepat dan praktis dibanding pakai sendok). Beri jarak karena kue ini akan melebar.
  • Oven dengan api bawah suhu 140 derajat Celcius selama kurang lebih 30 menit atau sampai matang dan kecokelatan.