Tag Archives: daging giling

Flan Makaroni Keju

Biasanya bikin Makaroni Schotel khan isinya di tengah lalu topping keju, sementara Flan Macaroni Keju ini kebalikannya, adonan isi menjadi toppingnya, lalu ditutup dengan keju. Tentu saja isinya terlihat jelas.

Sayangnya si Flan Makaroni agak gelap hikss daku memanggangnya agak kelamaan gegara timer yang sudah berbunyi dimatikan oleh ponakanku dan aku ga dengar. Ihh kebiasaan buruk deh si Omo, demen banget matiin timer yang berbunyi. Iya kalau ada timer berbunyi pasti deh dia nyari2 itu bunyi trus dimatiin ma dia. Padahal belum tentu aku langsung dengar…

Flan Makaroni Keju

Bahan :

  • 100 gram makaroni, rebus 3/4 matang
  • 4 butir telur
  • 300 ml susu cair
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 100 gram keju cheddar parut

Bahan Topping :

  • 100 gram brokoli, potong2, seduh air panas
  • 1/2 buah paprika merah
  • 1/2 buah paprika hijau
  • 1/2 buah bawang bombay, iris panjang
  • 50 gram jamur kancing, belah 4
  • 150 gram daging giling
  • 2 sendok makan pasta tomat
  • 3/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 100 gram keju mozarella, parut kasar untuk taburan

Cara membuat :

  1. Aduk bahan makaroni. Tuang di pinggan tahan panas diameter 24 cm yang telah dioles margarin.
  2. Oven sambil direndam dalam loyang berisi air dengan api suhu 170 derajat Celcius selama 45 menit atau sampai matang.
  3. Topping : tumis semua bahan topping asal layu kecuali mozarella. Tuang ke atas makaroni.
  4. Tabur keju mozarella. Oven dengan api 170 derajat Celcius selama 25 menit sampai meleleh.

Sambal Goreng Printil

Sambal goreng printil adalah sajian yang terbuat dari daging giling yang dibentuk bola-bola kecil dan diolah dengan bumbu cabai dan sedikit berkuah santan. Sajian ini biasanya disajikan untuk melengkapi penyajian ketupat, tetapi Anda juga dapat menyajikannya untuk menikmati nasi putih.

Copy dari sedapsekejap.com

Aslinya sih dapat resep ini dari buku masak Yasaboga, gak ngerti artinya Printil xixi ini sih gegara masih punya daging 1 kg sisa Lebaran lalu. Aku gak ikut Lebaran tapi ikut beli dagingnya, murah sih karena ada pasar murah gitu…. Mayan buat asisten2ku, sekilo daging Rp 75.000, murah khan?

Sambal Goreng Printil

Bahan :

  • 500 gram daging cincang
  • 1 butir telur, kocok sebentar
  • 2 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas, memarkan
  • 3 sdm minyak untuk menumis
  • 5 buah cabai merah, iris serong tipis, buang bijinya
  • 7 buah bawang merah, iris tipis
  • 1 buah tomat, cincang
  • 500 cc santan
  • garam menurut selera

Bumbu dihaluskan :

  • 10 buah cabai merah, buang bijinya kalau kurang suka pedas
  • 3 buah bawang putih
  • garam
  • gula sesuai selera

Cara membuat :

  • Campur daging cincang, telur dan garam. Buat bentuk bulat seperti kelereng, letakkan di atas loyang yang sudah dioles minyak, kukus sampai matang (kurang lebih 15-20 menit).
  • Tumis bawang merah sampai harum, masukkan bumbu halus, salam, lengkuas, cabai iris dan tomat. Sesudah layu masukkan santan. Masak sampai mendidih sambil diaduk.
  • Masukkan daging yang sudah dikukus, masak kembali dengan api kecil, aduk sampai kuah mengental dan berminyak. Angkat dan hidangkan.

 

Bola Daging Bumbu Kari

Bola Daging Bumbu Kari ini kubuat karena masih punya daging giling di freezer. Baru beli beberapa hari lalu sih…

Ditambah pula masih punya kentang beberapa buah, juga santan instan. Sebetulnya aku kurang suka masak yang bersantan tapi kadang-kadang pengen juga hahaha

Oh iya, kenapa agak hitam-hitam masakanku? Itu karena merica yang kupakai adalah lada hitam bukan yang bubuk tapi agak kasar gitu, sayang kalau gak dipakai, jadi aku pakai deh untuk masak macam2 hehehe

Bola Daging Bumbu Kari

Bahan :

  • 300 gram daging sapi giling
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • ½ sdt bubuk merica
  • Garam secukupnya
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus :

  • 3 butir bawang merah
  • 2 butir bawang putih
  • 3 buah cabai merah besar, buang bijinya
  • 1 cm kunyit
  • ¼ sdt merica butir
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun kari
  • 100 ml santan kental
  • 200 ml air kaldu sapi
  • 100 gram kentang, potong dadu besar (seukuran bola daging)
  • 1 sdt bubuk kari (karena gak punya jadi aku pakai bumbu indomie kari saja)
  • 3 buah tomat, belah 4

Cara membuat :

  1. Campur daging giling, telur, merica bubuk, dan garam, aduk rata. Ambil 1 sdm adonan, bentuk bola-bola. Kukus hingga matang. Angkat.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun kari, dan serai hingga harum. Tuang santan kental, air kaldu sapi, dan kentang, aduk rata. Masak hingga mendidih dan kentang empuk.
  3. Masukkan bola daging, kari bubuk, dan garam, aduk hingga bumbu meresap. Tambahkan tomat, aduk sebentar. Angkat

Semur Bola Daging

Bikin bola daging yang menyerupai bakso ini rupanya mudah ya, selama ini kenapa daku males yak xixi

Ternyata juga anakku dan juga ponakanku suka, walaupun mereka makannya gak banyak-banyak, tetep bersyukur masakanku disukai hehe

 

Semur Bola Daging

Bahan :

  • 300 gram daging giling
  • 1 butir telur
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 1/2 sdt merica
  • Garam secukupnya
  • 20 butit telur puyuh rebus
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus:

  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1/4 sdt jintan
  • 1/4 butir pala
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 butir cengkeh
  • 2 cm kayumanis
  • 600 ml air
  • 5 sdm kecap
  • 1 sdm bawang goreng
  • 1 batang daun bawang, iris

Cara membuat :

  • Campur daging giling, telur, pala bubuk, merica dan garam. Aduk rata. Ambil 1 sdm adonan, isi dengan telur puyuh rebus. Bentuk bola-bola, kukus hingga matang. Angkat.
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus, jahe, daun salam, cengkeh dan kayumanis hingga harum. Tambahkan air, kecap manis dan garam, aduk hingga mendidih.
  • Masukkan bola daging, aduk rata. Masak hingga bumbu meresap. Tambahkan bawang merah goreng dan daun bawang, aduk sebentar. Angkat.

 

Lasagna Enak Dengan Keju Cheddar

Lasagna, salah satu makanan yang juga sudah lama banget masuk wish list saya namun bila saya ke supermarket dan melihat harga si kulit lasagna ini, wow kok sayang banget yak xixi Sampai baru-baru saja saat saya lihat lagi, eh ternyata ada toh yang ukuran 250 gram dan harganya 19.000-an saja, so, gak pake lama, saya langsung ambil dan siap-siapin bahan lainnya untuk proses bikin si lasagna. Apalagi ditambah kemarenan lihat postingannya my bf Erna Komara di fb, jadi pengen banget bikin dah… walaupun masih malas foto-fotonya, soalnya bakingnya malam hari #alesan

Alhasil, hanya foto di pinggan tahan panas saja tanpa ada foto potongannya. Udah gitu pinggirannya jingkrak gitu gak cantik amat yak xixi gpplah yang penting akhirnya kesampean juga bikin Lasagna. Sayangnya anakku gak mau cobain, jadi males bikinnya lagi besok-besok hikss padahal rasanya uenakkk pake bangettt lho..

Lasagna atau Lasagne adalah pasta yang dipanggang di oven dan merupakan makanan tradisional Italia. Lasagna sendiri secara harfiah adalah lasagne yang berisikan daging. Lasagna sendiri dapat diisi dengan banyak isian lainnya seperti daging, sayur-sayuran, ayam, makanan laut dan sebagainya sesuai selera. Kulit Lasagna dibuat dari adonan tepung terigu yang setelah diberikan isian, lalu dipanggang sampai matang (sumber: wikipedia).

Sebagai penyuka makanan Italia, so pasti suka banget donk dengan si Lasagna, tapi sayang maharani banget kalau beli. Sekali atau dua kali aja sih beli di Pizzahut dan rasanya memang enakkk tapi memang gak bisa makan banyak-banyak karena mahteg banget itu keju…

Tapi pas daku bikin, aku kok bisa ya menghabiskan 2 potong Lasagna, apa karena keju yang kupakai hanya keju cheddar yak hahaha iya pasti karena itu jadi gak terlalu enek di perut.

Oh iya, resep yang kupakai, lagi-lagi dari blognya mbak Ine, makasih ya mbak Ine 🙂

LASAGNA

Bahan :

1 sdt minyak sayur
250 gr lasagna kering, siap pakai

Saus Daging:
2 sdm margarine
1 butir bawang Bombay, cincang
3 siung bawang putih, geprek cincang
300 g daging sapi cincang
500 g tomat merah, parut/blender
2 sdm tomat pasta
½ sdt oregano kering
½ sdt basil kering
½ sdt merica bubuk
1 sdm gula pasir
1 sdt garam

Saus Putih:
2 sdm margarine
75 g tepung terigu
600 ml susu cair
100 g keju Cheddar parut (aku pakai keju kraft saja)
½ sdt merica bubuk
½ sdt pala bubuk
1 sdt garam

Taburan:
100 g keju Cheddar (aku pakai keju kraft saja)

Directions:
1. Didihkan air bersama minyak. Rebus lasagna hingga lunak (kurleb 8 menitan). Angkat, tiriskan. Pisahkan satu dengan yang lain agar tidak lengket. siram air dingin. Sisihkan.
2. Saus Daging: Panaskan margarine, tumis bawang putih dan bawang Bombay hingga layu dan harum. Masukkan daging cincang. Aduk hingga berubah warna. Tambahkan tomat parut,tomat pasta, dan bumbu. Aduk dan masak hingga daging matang dan mengental. Angkat. Sisihkan
3. Saus Putih: Panaskan margarine hingga leleh. Masukkan terigu, aduk hingga rata. Tuangi susu sedikit-sedikit sambil aduk-aduk hingga kental. Tambahkan keju dan bumbu, aduk hingga kental. Angkat.
4. Penyelesaikan: Siapkan pirex ukuran 22X22X6 cm, olesi dengan margarine. Susun 1/3 bagian lasagna, ratakan lapisannya taruh 1/3 bagian saus daging taruh 1/3 bagian saus putih. Ulangi susunan ini hingga bahan habis, di atas saus putih di taburi keju cheddar.
5. Panggang dalam oven panas 180 C selama 30 menit, dan Keju agak kecokelatan.

 

Galantine Daging Sapi

Ada yang pernah dengar “Galantine”? Saya sudah lama tahu Galantine, salah satu resepnya yang sudah lama banget pengen saya coba adalah dari resepnya Dapur Elkaje, yang ternyata dah kesohor ke mana-mana hehe

Saya termasuk penggemar mbak Ine, banyak resep-resep di sini yang saya ambil dari blognya mbak Ine. Sebagai orang sebrang tapi taste saya tidak sebrang, malah cenderung menyukai yang manis-manis seperti orang Jawa so, resep-resepnya mbak Ine sangat cocok di lidah saya.

Dulu waktu ke rumah mbak Ine, pernah dimasakin Brongkos, makanan baru buatku, dannnn enakkk lho… Sup Daging mbak Ine juga enak, buktinya sewaktu saya demokan di customer, mereka menyukainya… hmm memang ya mbak Ine keren banget euy…

Resep aslinya ada di bawah ini ya,, saya membuatnya kecil-kecil karena saya suka yang imut-imut xixi penampakannya enggak banget yak tapi rasanya enak lho, walau anakku gak mau makannya hikss

GALANTINE INE

Bahan :

1/2 sdt pala bubuk
10 g Nestlé® Dancow Full Cream
2 butir telur ayam
2 sdm margarin
2 sendok makan Maggi seasoning
20 g bawang bombay cincang halus
300 gr daging sapi giling
6 keping biskuit marie
75 ml air
aluminium foil/kantong plastik panjang
Minyak goreng

bahan Saus:
1 sdm kecap manis
1 sdm Maggi®Seasoning
1 sdm margarin
1 sdt gula pasir
1 sdt tepung maizena, larutkan dalam 1 sdm air
150 ml air
2 sdm saus tomat
20 g bawang Bombay, cincang

Pelengkap :
12 lembar daun selada
2 buah kentang ukuran sedang, potong-potong, goreng
2 buah wortel, potong 4 cm, rebus
50 gr buncis, potong 4 cm, rebus
acar mentimun

Directions:
– Tumis bawang bombay dengan margarine, sampai wangi, angkat.
– Campurkan ke semua bahan ini, aduk rata.
– Masukkan dalam kantong plastik panjang/gulung dengan aluminium foil kukus selama 30 menit.
– Setelah matang, dinginkan, goreng dengan wajan datar, potong melintang, sajikan dengan saus.
– Pelengkap : daun selada, wortel rebus, buncis rebus, kentang goreng, acar mentimun

Saus :
– Panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga harum,
– Masukkan kaldu, kecap, saus inggris, saus tomat dan garam.
– Setelah mendidih, masukkan larutan maizena.
– Aduk hingga saus mengental. Angkat.

Rolade Ayam Keju | Frozen

Lagi pengen bikin frozen food buat Callista, jadi bebikinan terus masuk freezer, anytime Callis mau makan tinggal ambil dari freezer trus dithawing, bisa digoreng atau panasin aja. Rolade yang ini menggunakan dua macam keju. Yang diparut dan yang dipotong. Potongan keju di rolade yang kubuat enggak terlalu kelihatan karena potongannya kecil-kecil. Bila mau lebih terasa, potongan bisa dibuat besar-besar dan banyak.

rolade ayam

Rolade Ayam Keju

Bahan :

  • 4 buah sosis ayam, potong 4 bagian memanjang
  • 150 gram keju cheddar, potong kotak 1×1 cm
  • 300 gram ayam giling
  • 50 gram daging giling
  • 4 butir telur, kocok lepas
  • 1 buah bawang bombay, cincang halus
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 1 sendok makan tepung roti
  • 1 sendok makan bawang goreng (aku gak pake karena anakku gak suka)
  • 50 gram keju parut
  • 3/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 1 sendok makan kecap inggris
  • minyak untuk menggoreng

Bahan Saus :

  • 1/2 buah bawang bombay, iris panjang
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 8 sendok makan saus tomat (pas lagi bikin sendiri, resepnya ada di sini)
  • 2 sendok teh kecap inggris
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 50 gram kacang polong (aku gak pake)
  • 500 ml air (aku cuma pakai 50 ml air, salah baca resep hahaha pantesan kok sausnya kental bingitss)
  • 1 sendok teh sagu dilarutkan di dalam 3 sendok teh air, untuk pengental
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat :

  1. Campur ayam dan daging giling sampai rata. Tambahkan telur, bawang bombay, susu bubuk, tepung roti, bawang goreng, keju parut, keju potongan, garam, merica bubuk, pala bubuk, kecap inggris, dan sosis. Aduk rata.
  2. Letakkan adonan di atas plastik (saya pakai aluminium foil). Gulung diameter 4 cm, ikat atau lilit ujungnya (kalau alu).
  3. Letakkan gulungan di dalam pinggang. Kukus di dalam kukusan yang telah dipanaskan selama 45 menit sampai matang. Angkat Dinginkan. Tampung air yang diperoleh di dalam pinggan.
  4. Goreng rolade setelah dingin dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai berwarna kecoklatan. (saya gak goreng lagi)
  5. Saus : tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Tambahkan saus tomat, kecap inggris, garam, dan gula. Aduk rata. Tambahkan air dan kuah yang didapat waktu mengukus. Masak sampai mendidih. Kentalkan dengan larutan maizena. Aduk sampai meletup-letup. Sajikan rolade bersama sausnya. Tambahkan sayuran rebus dan kentang goreng.