Tag Archives: kue kering asin

Biskuit Udang Kering (Ebi Cookies)

Biskuit Udang Kering atau aku menyebutnya Ebi Cookies ini alternatif kue kering asin. Setiap kali bikin kue kering kita pasti bikin yang manis-manis khan? Nah bila ingin yang rasa asin atau gurih, Biskuit Udang Kering ini salah satu pilihannya.

akhirnya bentuk seperti sagu keju hahaha

Rasanya gurih dari ebi yang terasa banget, apalagi aku campurkan ke dalam adonannya karena bila ditaburkan gak akan habis 100 gram ebi. Jadi bila mau ditaburkan menurutku gak akan sampai 100 gram sih, 50 gram juga cukup atau 75 gram dan sisanya simpan deh buat penyedap masakan.

ini yang dibentuk dengan cetakan karena adonan agak keras hehe

Biskuit Udang Kering (Ebi Cookies)

source: Ny. Liem

Bahan I :

  • 150 gram mentega
  • 150 gram margarin
  • 125 gram gula bubuk
  • 1 sdt emplex (saya tidak pakai)
  • 1 sdt garam (saya tidak pakai juga)
  • 1 sdt penyedap rasa (tidak pakai juga)
  • 1 butir telur

Bahan II :

  • 1 sdt baking powder (saya skip)
  • 40 gram susu bubuk full cream
  • 400 gram tepung terigu protein sedang (menurut saya agak kebanyakan jadi kurangi sekitar 50 gram lalu rasakan lagi adonannya, bila kurang tepung tambahkan tepung)

Bahan III : (campur dan ayak)

  • 3 kuning telur
  • 1 sdm air
  • ½ sdt minyak sayur
  • 2 tetes pewarna kuning telur

Bahan IV : (campur dan haluskan)

  • 100 gram ebi, sangria
  • ½ sdt penyedap rasa (skip lagi)
  • ¼ sdt merica bubuk (saya lupa pakai hehe)
  • 1-2 sdm gula bubuk (ini juga lupa wkwkwk)

Cara membuat :

  1. Campur dan kocok bahan I menjadi satu hingga mengembang dan putih.
  2. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata. Masukkan ke dalam kantong plastic segitiga yang telah diberi mata spuit.
  3. Semprotkan adonan berbentuk kerang atau sesuai selera di dalam Loyang yang telah diolesi dengan sedikit margarin hingga rata, atau gunakan baking paper.
  4. Olesi permukaan kue dengan bahan III hingga rata, taburi dengan bahan IV.
  5. Panggang ke dalam oven dengan suhu 150 derajat Celcius selama 15 menit, kecilkan suhu oven menjadi 100 derajat Celcius lalu panggang kembali selama 15 menit hingga matang dan kering. Angkat dan dinginkan.

(saya gak semua dispuit karena spuit yang kekecilan dan adonan agak keras karena kebanyakan tepung. Supaya gak keras, kocok Bahan I harus benar2 mengembang dan putih, saya tidak LOL)