Tag Archives: kue pisang

Kue Pisang Nagasari

Lagi pengen kue nagasari gegara makan nagasari buatan mbak Susan yang tepungnya dari tepung hun kue semua. Kata mbak Susan sih resepnya sama dengan Kue Cantik Manis resep mbak Sugi Bae.

Jadi aku niatkan untuk membeli tepung hunkuenya, kebetulan di Farmer’s ada, jadi deh beli, lanjut beli kelapanya dalam perjalanan pulang.

Beneran kuenya enak, tergantung dari tepung hunkue yang dipakai juga sebenarnya yaa…

Kue Pisang Nagasari

Bahan :

  • 120 gram tepung hunkue
  • 1000 ml santan direbus, dinginkan (aku dari 1 kelapa)
  • 225 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanila bubuk
  • 2 lembar daun pandan
  • pisang nangka atau pisang tanduk 2 buah
  • daun pisang secukupnya

Cara membuat:

  1. Larutkan tepung hunkue dengan 500 ml santan, aduk rata dan sisihkan.
  2. Rebus sisa santan, daun pandan, gula pasir, garam, vanila bubuk, diaduk sampai mendidih.
  3. Tuang larutan hunkue, aduk rata. Masak sampai mengental dan meletup-letup.
  4. Tuang 2 sdm adonan ke dalam daun pisang, beri potongan pisang tanduk, bungkus dan lipat.
  5. Kukus kue pisang nagasari sekitar 25-30 menit.

Note:

1 resep bisa menjadi kurang lebih 20 pcs kue

 

Kue Pisang Nagasari

Dari kemarin “ngidam” pengen makan Kue Pisang Nagasari ini, gegara tetanggaku yang biasa bikin dan jualin dah lama gak bikin2, padahal udah ku request, “kalau bikin nagasari mau ya beli (gak minta lho xixi)”. So, daripada ngeces mulu, kemarin beli deh bahan-bahannya. Sayangnya kelupaan daun pisangnya, mau pakai plastik kok perasaan kurang sreg ya hehe

Jadi tadi pagi setelah “inspeksi banjir”, iyaa… tadi itu hujannya bener-bener derassss dan banjir deh di mana-mana. Kalau menonton tivi, banjir di Kampung Pulo, Kelapa Gading, Mangga Dua, dll. Plus banjir bandang di Manado, lengkap deh. Bersyukur om dan tante2ku di Manado sana pada baik-baik saja 🙂

Eh iya lupa xixi jadi tadi pagi setelah banjirnya agak surut, ke pasar deh beli daun pisang juga belanja2 buat masak.

Resepnya, kucoba dari bukunya Nyonya Liem “Kue Basah Pilihan”, hasilnya uenakkk, tepung berasnya berasa banget, sayang aku pakainya tepung beras yang sudah jadi, kalau pakai tepung beras yang ngegiling sendiri, plus santan dari kelapa wihhh tambah oke lho rasanya…

Oh iya selama ini sih kalau bikin dari resep jadul Femina, enak jugaaa… resepnya mirip-mirip sih cuma beda di komposisi tepungnya aja.

Kue Pisang Nagasari

Bahan I :

  • 200 gram tepung beras kualitas baik
  • 400 ml santan sedang
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 175 gram gula pasir (menurutku manisnya pas)
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan

 

Bahan II (campur menjadi satu)

  • 100 gram tepung tapioka kualitas baik (aku pakai tepung sagu “Alini”, karena masih ada stok si Alini, sayang aja kalau tidak dipakai)
  • 400 ml santan kental (aku pakai 1 bungkus santan instan @200 ml untuk semua santan, jadi dibagi 2)

Bahan III :

  • pisang tanduk yang tua, potong-potong (aku pakai pisang uli)
  • daun pisang secukupnya, untuk membungkus (aku beli Rp 2.000 cukup banget dan hasil jadi 20 pcs)

Cara Membuat :

1. Bahan I : campur tepung beras, santan, garam, vanili, gula pasir dan daun pandan menjadi satu, aduk rata. Jerangkan di atas api sedang sambil terus diaduk hingga kental.

2. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan yang licin dan tidak berbutir. Angkat.

3. Ambil selembar daun pisang, beri 2 sdm adonan lalu beri bagian tengahnya dengan pisang. Bungkus hingga berbentuk persegi.

4. Kukus ke dalam panci pengukus selama 20 menit hingga matang. Angkat, perbaiki bentuknya lalu biarkan dingin.

5. Sajikan.