Tag Archives: macaroni

Flan Makaroni Keju

Biasanya bikin Makaroni Schotel khan isinya di tengah lalu topping keju, sementara Flan Macaroni Keju ini kebalikannya, adonan isi menjadi toppingnya, lalu ditutup dengan keju. Tentu saja isinya terlihat jelas.

Sayangnya si Flan Makaroni agak gelap hikss daku memanggangnya agak kelamaan gegara timer yang sudah berbunyi dimatikan oleh ponakanku dan aku ga dengar. Ihh kebiasaan buruk deh si Omo, demen banget matiin timer yang berbunyi. Iya kalau ada timer berbunyi pasti deh dia nyari2 itu bunyi trus dimatiin ma dia. Padahal belum tentu aku langsung dengar…

Flan Makaroni Keju

Bahan :

  • 100 gram makaroni, rebus 3/4 matang
  • 4 butir telur
  • 300 ml susu cair
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 100 gram keju cheddar parut

Bahan Topping :

  • 100 gram brokoli, potong2, seduh air panas
  • 1/2 buah paprika merah
  • 1/2 buah paprika hijau
  • 1/2 buah bawang bombay, iris panjang
  • 50 gram jamur kancing, belah 4
  • 150 gram daging giling
  • 2 sendok makan pasta tomat
  • 3/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 100 gram keju mozarella, parut kasar untuk taburan

Cara membuat :

  1. Aduk bahan makaroni. Tuang di pinggan tahan panas diameter 24 cm yang telah dioles margarin.
  2. Oven sambil direndam dalam loyang berisi air dengan api suhu 170 derajat Celcius selama 45 menit atau sampai matang.
  3. Topping : tumis semua bahan topping asal layu kecuali mozarella. Tuang ke atas makaroni.
  4. Tabur keju mozarella. Oven dengan api 170 derajat Celcius selama 25 menit sampai meleleh.

Sup Macaroni Otak-otak

Hujan-hujan enaknya yang hangat-hangat dan berkuah, dan pilihan pun jatuh pada Sup Macaroni. Bahan-bahannya pun ada, kecuali kaldu ayamnya, gak punya hiksss jadi kepikiran mau nyetok kaldu ayam, supaya pas butuh, pas ada khan asyikkk…

Ga ada bakso dan sosis, sepertinya ada yang kurang, jadilah kubuka freezer eh pas ketemu otak-otak 3 buah, jadi kepikiran kayaknya enak juga dibikin sup. Soklah atuhhh… dan ternyata hasilnya yesss enakkk ­čÖé

Jadi ada macaroni, ada wortel, kentang dan ditambah otak-otak, lengkap deh…

Sup Macaroni Otak-otak, aihhh si macaroni ngumpet karena malu hehe #fotomatiran wkwkwk

Sup Macaroni Otak-otak

Bahan :

  • 75 gram macaroni
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 1/2 butir bawang bombay, cincang kasar
  • 2 siung bawang putih, cincang kasar
  • 1 L air kaldu (aku pakai maggi saja udah lumayan lho)
  • 1 buah kentang, potong dadu
  • 2 buah wortel, potong-potong
  • Garam secukupnya
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 10 butir telur puyuh, rebus
  • 1 batang daun bawang dan seledri

Cara membuat :

  1. Rebus macaroni sampai agak mengembang, tiriskan. Sisihkan. (kurang lebih 8 menit)
  2. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
  3. Masukkan air, didihkan.
  4. Masukkan kentang dan macaroni. Tunggu hingga kentang melunak.
  5. Tambahkan wortel, telur puyuh.
  6. Beri merica bubuk, garam, aduk rata. Beberapa saat sebelum semua matang, masukkan daun bawang dan seledri. Angkat.

Meatball Macaroni Bolognaise

Meatball Macaroni Bolognaise┬áini adalah perpaduan skotel macaroni dan cheese macaroni. Sebetulnya mirip-mirip macaroni schotel cuma ada penambahan saos dari tomat membuatnya ada rasa asamnya juga, segarrr…

meatball macaroni bolognaise 2

 

Oh iya, yang agak lama tuh sewaktu menata long macaroni satu persatu di loyang, betulan satu demi satu supaya bisa terlihat lubang-lubang macaroninya sewaktu dipotong.

Sayangnya aku bikinnya malam jadi fotonya gak maksimal hehe salahku juga, meatballnya itu takut tenggelam tak terlihat jadilah aku taruh sebagai topping sebanyak 9 buah, ditambah beberapa buah pepperoni. Padahal gak usah taruh sebagai topping pun si meatball tetap kelihatan lho… itu buktinya si sosis tetap terlihat khan? Next time bikin lagi gak pakai topping-toppingan deh, setelah parutan mozzarella gak usah kasih apa-apa.

Resep Meatball Macaroni Bolognaise ini udah enakkkk lho, dan bisa ditambahkan jamur,  atau sayuran. Boleh juga tambah keju buat penggemar keju. Karena anakku suka banget keju, jadi aku tambahkan keju cheddar, gak banyak sih, kira-kira 50-75 gram saja. Juga aku tambahkan sosis dan pepperoni, resep aslinya gak pakai keju cheddar, sosis, dan pepperoni.

meatball macaroni bolognaise 1

Meatball Macaroni Bolognaise 

Bahan :

200 gram long macaroni, rebus 3/4 matang (aku pakai merk makaroniku, rebus sekitar 6 menit setelah air mendidih dan macaroni masuk panci)

meatball macaroni bolognaise 3

5 butir telur

150 ml susu cair

3/4 sdt garam

1/8 sdt merica bubuk

100 gram keju mozzrella, parut

1 sendok makan keju parmesan

 

Bahan Saus :

300 gram daging giling

1/2 buah bawang bombay, cincang halus

3 buah tomat merah, seduh, buang kulit dan bijinya, cincang kasar

5 sdm saus tomat

2 sdm pasta tomat

2 sdt garam

1/4 sdt merica bubuk

1 sdm gula pasir

200 ml air

1/2 sdt teh oregano

1/2 sdt basil

Cara Membuat :

  1. Bentuk daging giling menjadi bola-bola sebesar bakso. Tumis sebentar sampai berubah warna. Sisihkan. (Lebih enak di wajan anti lengket supaya tidak lengket si bola-bola daging)
  2. Tumis bawang bombay sampai harum. Masukkan meatball, aduk sampai berubah warna.
  3. Tambahkan tomat, aduk. Masukkan saus tomat, pasta tomat, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata.
  4. Tuang air. Aduk di atas api kecil sambil diaduk sampai matang dan meresap.
  5. Tata long makaroni di dalam wajan teflon secara melingkar di bagian dasar sampai 3/4 tinggi wajan. Teflon harus dioles margarin/mentega tipis-tipis saja.
  6. Tuangkan campuran susu, telur, garam dan merica sampai menutupi macaroni.
  7. Tuang saus. Tata meatball. Taburkan keju mozzarella dan parmesan. Tutup teflon. Masak di atas api kecil sekali sampai matang. (karena aku gak punya loyang teflon bundar, jadi aku pakai loyang tahan panas ukuran 30 x 20 cm dan dipanggang di oven)