Tag Archives: masakan Manado

Sayur Campur Manado

Sayur Campur Manado ini mudah memasaknya serta cepat. Seharusnya ada tambahan buncis, tapi pas gak punya persediaan buncis di kulkas.

 

Sayur Campur Manado

Bahan :

  • 3 buah wortel, kupas, potong dadu kecil
  • 2 buah kentang, kupas, potong ukuran dadu kecil
  • buncis secukupnya, potong kecil2
  • Soun secukupnya, siram air panas, sisihkan
  • 100 ml air
  • minyak untuk menumis

Untuk campuran, bisa kee kian, sosis, smoked beef, dll.

Bumbu halus atau boleh dipotong2 :

  • 5 siung bawang merah atau 1 siung bawang bombay ukuran kecil
  • 2 siung bawang
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam

 

Cara membuat :

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus
  2. Tambahkan bahan campuran (smoked beef, sosis atau kee kian)
  3. Masukkan kentang, masak hingga kentang agak layu
  4. Masukkan wortel dan buncis
  5. Masukkan soun, aduk rata
  6. Masak hingga matang merata

Ayam Tuturuga

Tuturuga, dalam bahasa Manado artinya adalah “penyu”, kata dan arti yang sama juga dikenal di Ambon. Tuturuga berasalah dari bahasa Portugis “tartaruga”.

 

Entah kenapa masakan ini disebut Ayam Tuturuga, aslinya adalah masakan ayam bersantan mirip opor namun berkuah pedas.

Ayam Tuturuga

Bahan :

  • 1 ekor ayam, boleh potong 8, 10 atau 12 (sesuai selera)
  • 100 gram bawang merah, iris
  • 16 lembar daun jeruk iris
  • 40 gram daun bawang iris
  • 1500 cc santan cair dari 1 kelapa
  • 200 cc santan kental dari 1 kelapa

Bumbu halus:

  • 100 gram cabe merah keriting
  • 50 gram cabe rawit merah
  • 20 gram bawang putih
  • 40 gram kemiri
  • 20 gram jahe
  • 20 gram kunyit

Bumbu kering:

  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt penyedap
  • 1 batang serai, memarkan

Cara membuat :

  • Tumis bawang merah iris, dan bumbu halus dengan sedikit minyak
  • Masukkan ayam, serai dan daun pandan
  • Tambahkan santan cair, terakhir masukkan santan kental
  • Tambahkan garam, penyedap

 

 

Cakalang Fufu Rica

Cakalang Fufu Rica yang satu ini berwarna hijau karena memang banyak bahan hijaunya. Soal rasa, enakkkk

Bila tidak ada ikan Cakalang, bisa diganti dengan ikan tongkol.

 

Cakalang Fufu Rica

Bahan :

1 ekor ikan cakalang, potong-potong, goreng (boleh juga, setelah digoreng disuwir2)

Bumbu :

  • 100 gram bawang merah iris
  • 1 lembar daun kunyit iris
  • 60 gram kemangi
  • 16 lembar daun jeruk iris
  • 60 gram daun bawang iris

Bumbu halus:

  • 120 gram cabe rawit hijau
  • 60 gram cabe hijau besar
  • 20 gram bawang putih
  • 20 gram jahe
  • kemiri 10 butir

Bumbu kering:

  • 1 sdt garam
  • 1 sdt penyedap (bila suka)
  • 1/2 sdt chicken powder (bila suka)
  • minyak untuk menumis

Cara membuat :

  • Tumis bawang merah iris, masukkan bumbu halus
  • Tambahkan air kurleb 150 ml
  • Tambahkan ikan cakalang
  • Aduk rata

 

Bakwan/Perkedel Ikan Nike | Masakan Manado

Makanan satu ini yang pengen kuicip lagi saat datang kembali ke Manado. Kenapa? Karena rasanya sangat enakk… Pertama kali makan perkedel ikan atau bakwan ikan nike sih tepatnya saat diajak sepupuku kak Ferry makan di Jalan Waikeke di pusat kota Manado yang memang terkenal dengan tinutuan dan masakan lainnya. Saat itu kami menyantap tinutuan bersama bakwan ikan nike ini dan nikmatnya masih terasa hingga kini hehe

ikan nike 2

So sewaktu dalam perjalanan sowan dari rumah saudara di Langowan, melewati rumah makan yang ternyata juga menjual si bakwan or perkedel ikan nike ini, daku pun minta berhenti dan mencoba si bakwan. Sekaligus beli banyakan, 15 buah, dijual seharga Rp 3.000 per buah dan langsung kuicip, dan ternyata, saudara-saudara… rasanya gak enak, hiksss keras dan ikan nikenya kurang berasa, menyesal beli banyak.

Dalam perjalanan solo traveling ke Tomohon, perhentian terakhir adalah terminal Tomohon, jadi saat kuturun di terminal, gak jauh terlihat pasar, pas di depannya malah. Feelingku mengatakan, ini pasar Tomohon, pasar extreme Tomohon, yang ingin kukunjungi saat awal tiba, dan ternyata benar, itu adalah pasar Tomohon yang besar itu. Jadilah daku mampir ke pasar Tomohon dulu dan melihat-lihat, dan kutemukanlah penjual ikan nike. Bakal jadi perkedel / bakwan ikan nike deh pikirku… Per gelas hanya Rp 5.000 jadi kubeli 2 gelas. Kulihat ada penampakan dibungkus daun woka seperti dodol kenari Amurang, setelah kutanyakan, ternyata itu adalah perut ikan cakalang. Langsung terasa enaknya si perut ikan saat disajikan di rumah tanteku di Lapangan (dekat bandara). Segera saja kubeli juga si perut ikan, 5 buah @Rp 10.000.

ikan nike 1

Oh iya, si ikan nike ini adalah ikan endemis dari danau Tondano, jadi tidak setiap saat ada, beruntung saat aku datang, si ikan nike ini sedang musim. Belakangan kuketahui ternyata ikan nike ini tidak hanya ada di Danau Tondano, di Gorontalo pun ada. Saat ke Bitung, pernah kulihat ada yang menjual ikan nike ini, tapi aku gak tahu apakah dari Danau Tondano juga ataukah ada di Bitung.

Namun ikan nike yang dijual di Pasar Tomohon lebih murah dibanding di tempat lain. Di Pasar Perum. Brimob, yang tidak terlalu jauh dari kampungku, ikan nike dijual seharga Rp 10.000 per gelasnya. Oh iya, harus hati-hati juga saat mengolah ikan nike ini, segera setelah dibeli harus langsung diolah, bila dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan gatal-gatal. Itu menurut Nova, sepupuku. Waktu itu aku beli ikan nike di Pasar Tomohon sekitar jam 12-an gitu. Nah itu ikan kuajak jalan-jalan dulu ke Woloan, Danau Linow dan juga Kawangkoan sebelum akhirnya tiba di rumah jam 10 malam. Langsung masuk freezer. Di jalan memang sudah mulai keluar sih bau amisnya, cuma aku cuek aja, kupikir ya memang ikan khan amis gitu… Besoknya Nova bilang kalau ikan nike gak segera dimasak maka bila diolah dan kita makan maka bisa membuat badan gatal-gatal, so daku gak mau ambil resiko kena gatal-gatal, saat paginya sempat ke Pasar Perum., kebetulan ketemu si ikan nike ini di sana, segera kubeli supaya langsung diolah sepulang dari pasar. Lumayan buat bekal di jalan (itu pas hari terakhirku di Manado, rencana naik Citilink, khan gak dikasih makan tuh)

ikan nike 3

Ini resep Bakwan or Perkedel Ikan Nike, sama sih seperti halnya kita membuat bakwan jagung atau bakwan sayur:

Bakwan / Perkedel Ikan Nike

  • ikan nike halus 2 gelas
  • 3 sendok makan tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 1 batang daun bawang
  • lada 1/2 sendok makan
  • garam secukupnya
  • minyak goreng

Caranya pasti tahu khan? Hanya campur semua lalu goreng deh…

Seandainya di Jakarta ada si ikan nike ini, bisa sering-sering makan deh hehe

 

Gohu Timun | Masakan Manado

Salah satu makanan khas Manado yang selalu ada di acara-acara keluarga atau lainnya yaitu Gohu atau rujak atau asinan yak tepatnya? Tapi ternyata Gohu tidak selalu dibuat dari Pepaya Muda / Mengkal, dari timun pun bisa.

Potongan Gohu Timun pun tergantung selera masing-masing, ada yang potong panjang-panjang seperti Gohu Pepaya, ada juga yang potong kotak, isi timun mau dipakai ataupun tidak, bebas dan sah-sah aja.

Gohu sedap disantap dalam keadaan dingin dan saat cuaca panas.

gohu timun

Gohu Timun

  • Timun potong-potong
  • Cabe rawit, iris2
  • Bawang merah secukupnya, iris tipis
  • Cuka
  • Garam
  • Jahe (kalau Gohu Pepaya pakai jahe, Gohu Timun tidak usah)

Cara Membuat :

  • Setelah semua bahan siap, campurkan dan beri air secukupnya, simpan dalam lemari es.

Kripik Pisang Goroho | Masakan Manado

Selamat malam Sahabat,

Salah satu snack kampung yang disuka saat Natal Tahun Baru atau snack buat sehari-hari. Cara buatnya ternyata simple banget deh, baru tahu saya… kotaan yak alias kebalikan dari kampungan wkwkwk

Kripik Pisang ini dibuat oleh sepupuku yang tinggal di Desa Talawaan, Minahasa Utara.

Di sini pisang Groho dikenal sebagai obat / makanan untuk pengidap diabetes. Pisang ini banyak didapat di Talawaan dan menjadi salah satu oleh-oleh khas Talawaan.

 

Kripik Pisang Groho

Bahan :

  • Pisang groho
  • Minyak goreng secukupnya
  • Gula secukupnya (kira-kira 2 sdm) cairkan dengan segelas air hangat

Cara membuat :

  • Kupas pisang, tempatkan dalam wadah
  • Panaskan minyak
  • Serut pisang tipis-tipis langsung masukkan ke minyak panas, goreng
  • Aduk2 rata
  • Setengah matang, beri 2-5 sdm air gula
  • Tunggu hingga desisan berkurang, aduk rata pisang
  • Goreng hingga matang

 

Ayam Masak Paniki | Masakan Manado

Sahabat tahu Paniki khan? Kalau orang Manado suka makan Paniki ini. Biasanya dimasak santan dengan bumbu yang banyak supaya si Paniki gak berasa langunya – sebelumnya Paniki dibakar dulu sebelum diolah. Rasanya enak lho…

Karena Paniki susah didapat maka Ayam saja ya tapi bumbu Paniki hehe Oh iya Paniki artinya kelelawar atau kalong. Biasanya kelelawar diapat di pohon-pohon tinggi di hutan. Untuk mendapatkannya memerlukan tenaga extra itulah sebabnya harganya mahal ya karena susah juga untuk mendapatkannya

ayam masak paniki

Ayam Bumbu Paniki :

Bahan :

  • 1 ekor (kurleb 700 gram) ayam kampung muda (saya pakai ayam broiler)
  • 1 sdt garam
  • 1-2 sdm air jeruk nipis
  • 3 lembar daun pandan potong-potong
  • 10 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai – keprek
  • 1.000 ml santan ari 1/2 butir kelapa
  • 1 batang daun bawang potong 1 cm
  • 10 buah cabai rawit biarkan utuh

Bumbu halus :

  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 buah cabai rawit (sesuai selera)
  • 5 buah cabai merah (sesuai selera)
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 3 butir kemiri
  • 1 1/2 sdt garam

Cara Membuat :

  1. Potong-potong ayam menjadi 10-12 bagian. Campur dengan garam an air jeruk nipis auk rata Sisihkan selama kurang lebih 20 menit.
  2. Panaskan pemanggang i atas api panggang potongan ayam hingga setengah matang angkat
  3. Panaskan minyak alam wajan memakai api kecil. Tumis bumbu halus bersama aun panan an aun jeruk serta serai hingga bau langunya hilang.
  4. Masukkan ayam panggang – besarkan api – auk untuk meratakan bumbu
  5. Tambahkan santan aduk rata hingga mendidih Masukkan daun bawang dan cabai rawit. Kecilkan api masak hingga ayam matang dan kuah sedikit berminyak angkat.
  6. Pindahkan masakan ke dalam piring saji hidangkan selagi panas.

Ayam Woku | Masakan Manado

Dalam rangka 40 hari meninggalnya tanteku, dan menggangap Cimahi sebagai hometown mereka, tahun baru yang lalu daku ikutan hadir, tepatnya di Asrama Basis, Baros, Cimahi.

Bersama Mada, yang sebetulnya adalah tanteku tapi karena umur kita gak beda jauh jadi aku biasa panggil nama saja, kita mengunjungi saudara lainnya yang di sekitaran Cimahi juga, dan Mada yang memang pinter masak masakan Manado “ditodong” untuk masak pas kebetulan pacarnya anaknya teh Melli ulang tahun jadilah daku membantu-bantu jadi asistennya “Chef Mada” 🙂

manado ayam woku

Resep menyusul yaa