Tag Archives: peanut butter

Homemade Peanut Butter

Sudah lama sebenarnya Callista minta bikinin Peanut Butter ini. Waktu ke supermarket lihat skippy dan langsung aja mau beli, eits tapi emak ga ngasihhh… mihil wkwkwk bikin aja sih, gampang juga… Ya udah bikinin, balas Callis. Siyap, kujawab.

Dan itu sudah 1 atau 2 bulan yang lalu gitu wkwkwk udah lupa juga doi, pas ke supermarket lagi dan lihat skippy, langsung ingetin emak, “kapan mah bikin peanut butternya?” dan kubalas, “oh iya ntar yah… beli kacangnya dulu deh”.

Lalu kacang tanah pun dibeli, terus mendem lagi aja di lemari selama 2 mingguan, sampai Callista tanya lagi… hahaha emaknya pemalassss maafkeun ya nak cantiiiikk…

Akhirnya semalam emak browsing2 resep Peanut Butter, youtubing maksudnya hahaha dan ketemulah resep yang simple dan sepertinya enak, hanya menambahkan minyak dan madu.

Jadilah tadi bikin Peanut Butter ini (foto menyusul yak)

Besok-besok mau coba menggunakan butter, jadi minyak diganti dengan butter. Sepertinya enak juga…

Peanut Butter

  • kacang tanah 500 gram, cuci, tiriskan, jemur hingga kering
  • 3 sdm minyak (aku pakai barco)
  • 50 gram gula pasir
  • atau, kalau ada madu, ganti dengan 3 sdm madu
  • garam sedikit

Cara membuat :

  1. Panggang kacang hingga matang. Bila menggunakan Air Fryer, panggang selama kurang lebih 25-30 menit, oven suhu 190 derajat Celcius selama 30 menit, bila di oven harus dibolak-balik supaya rata. Bila menggunakan Air Fryer, biarkan alat di Air Fryer yang bekerja muter2 gitu…
  2. Blender hingga hancur dan membentuk tekstur yang halus. Gunakan food processor untuk hasil terbaik.
  3. Tambahkan minyak dan gula pasir atau madu, blender kembali.
  4. Untuk tekstur yang lebih berminyak, tambahkan waktu memblendernya.