Tag Archives: Pisang

Kue Nagasari Resep Yasaboga

Dulu suka banget bikinnya, walaupun gak sering, dan suka pula memakannya. Aku lebih memilih kue Nagasari ini daripada cake misalnya. Mungkin karena aku lebih dulu mengenal kue basah / kue tradisional sewaktu kecil dulu, dibanding aneka cake.

Resepnya dari Kue-Kue Indonesia by Yasaboga. Selama ini resep kue2 tradisional dari Yasaboga yang kupraktekkan selalu berhasil, kalau tidak biasanya karena daku salah cara membuatnya alias gak baca resep secara teliti hahaha

Kue Nagasari

Bahan :

  • 250 gram tepung beras
  • 2 sdm tepung sagu
  • 175 gram gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 2 lembar daun pandan, sobek-sobek, buat simpul
  • 850 cc santan dari 1 ½ butir kelapa
  • 8-9 buah pisang raja / pisang kepok yang tua, potong-potong
  • Daun pisang muda untuk membungkus

Cara membuat :

  1. Cairkan tepung beras dengan sebagian santan, sisihkan.
  2. Didihkan sisa santan, daun pandan dan gaarm. Masukkan cairan tepung beras dan gula, aduk sampai gula larut dan kental. Angkat dari api, taburkan tepung sagu, sambil diaduk rata.
  3. Ambil 1 lembar daun pisang, letakkan 1 sdm adonan tepung, beri 1 potong pisang, tutup dengan adonan tepung. Gulung dengan daun pisang, lipat kedua sisinya ke tengah.
  4. Kukus hingga matang lebih kurang 30 menit. Angkat, rapikan daunnya.

 

Banana Cake Non Mixer | Resep Bco

Resep kedua yang dishare di Bco adalah Banana Cake, resepnya mudah sekali karena tidak pakai mixer-mixeran dan hasilnya enakkk… layak dicoba deh 🙂

cake pisang bco

Resep Banana Cake
Sumber: My Mom’s Friend

Bahan :
1 cup gula pasir (+/- 240gr)
1 cup minyak goreng
4 butir telur sedang
2 cups terigu serbaguna
1 sdt soda kue
1 sdt kayumanis bubuk
6 buah pisang ukuran sedang, lumatkan.

Cara :

  • Aduk dgn spatula gula dan minyak, masukkan telur, aduk rata
  • Masukkan terigu, soda kue, kayumanis, aduk rata.
  • Panggang dalam 2 loyang loaf kecil, atau 1 loyang tulban ukuran 20 cm dengan suhu 180 derajat Celcius selama kurang lebih 55-60 menit hingga permukaan kecokelatan.

 

Banana Cake versi Sponge Cake

Banana Cake atau bolu pisang atau cake pisang selalu disuka Lagi seneng banget nie karena ketemu tepung pisang, walaupun harganya mahal tapi worthed sih karena hasilnya tuh banana cake yang berasa banget banananya… dan warnanya pun coklat banget, gak ada bintik2 gitu seperti bolu pisang lainnya. Kurang cantik sih ya? tapi rasanya enakkkk… pisang banget hahaha

banana cake

Banana Cake or Bolu Pisang or Cake Pisang

Bahan :

  • 500 gram pisang (kurang lebih 8 buah pisang ukuran sedang), haluskan menggunakan garpu
  • 6 kuning telur
  • 4 putih telur
  • 200 gram gula palem
  • 325 gram tepung pisang
  • vanila (optional)
  • 200 ml minyak atau margarin cair

Cara membuat :

  1. Siapkan loyang tulban ukuran diameter 24 cm (aku pakai yang 26 cm, ga punya yang 24 cm hehe), olesi margarin dan taburi tepung terigu tipis2, sisihkan.
  2. Ayak tepung pisang
  3. Kocok telur dan gula hingga mengembang, saya menggunakan mixer Bosch  hingga mengocok kurang dari 10 menit adonan sudah mengembang sempurna.
  4. Masukkan pisang yang telah dihaluskan, selang-seling dengan tepung pisang dalam beberapa tahap
  5. Tambahkan vanila lalu masukkan minyak atau margarin cair. Saya menggunakan tombol M di mixer Bosch sehingga tidak perlu aduk balik menggunakan spatula.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang, panggang selama kurang lebih 45 menit atau hingga kue matang. Saya menggunakan oven tangkring merk Mickey Mouse (yup baru beli otang beberapa hari lalu, kupikir sayang euy pakai oven besar, sayang gasnya xixi)
  7. Hasil panggang di otang juga bagus kok…

Kripik Pisang Goroho | Masakan Manado

Selamat malam Sahabat,

Salah satu snack kampung yang disuka saat Natal Tahun Baru atau snack buat sehari-hari. Cara buatnya ternyata simple banget deh, baru tahu saya… kotaan yak alias kebalikan dari kampungan wkwkwk

Kripik Pisang ini dibuat oleh sepupuku yang tinggal di Desa Talawaan, Minahasa Utara.

Di sini pisang Groho dikenal sebagai obat / makanan untuk pengidap diabetes. Pisang ini banyak didapat di Talawaan dan menjadi salah satu oleh-oleh khas Talawaan.

 

Kripik Pisang Groho

Bahan :

  • Pisang groho
  • Minyak goreng secukupnya
  • Gula secukupnya (kira-kira 2 sdm) cairkan dengan segelas air hangat

Cara membuat :

  • Kupas pisang, tempatkan dalam wadah
  • Panaskan minyak
  • Serut pisang tipis-tipis langsung masukkan ke minyak panas, goreng
  • Aduk2 rata
  • Setengah matang, beri 2-5 sdm air gula
  • Tunggu hingga desisan berkurang, aduk rata pisang
  • Goreng hingga matang