Tag Archives: Pisang

Kue Pisang Nagasari

Lagi pengen kue nagasari gegara makan nagasari buatan mbak Susan yang tepungnya dari tepung hun kue semua. Kata mbak Susan sih resepnya sama dengan Kue Cantik Manis resep mbak Sugi Bae.

Jadi aku niatkan untuk membeli tepung hunkuenya, kebetulan di Farmer’s ada, jadi deh beli, lanjut beli kelapanya dalam perjalanan pulang.

Beneran kuenya enak, tergantung dari tepung hunkue yang dipakai juga sebenarnya yaa…

Kue Pisang Nagasari

Bahan :

  • 120 gram tepung hunkue
  • 1000 ml santan direbus, dinginkan (aku dari 1 kelapa)
  • 225 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanila bubuk
  • 2 lembar daun pandan
  • pisang nangka atau pisang tanduk 2 buah
  • daun pisang secukupnya

Cara membuat:

  1. Larutkan tepung hunkue dengan 500 ml santan, aduk rata dan sisihkan.
  2. Rebus sisa santan, daun pandan, gula pasir, garam, vanila bubuk, diaduk sampai mendidih.
  3. Tuang larutan hunkue, aduk rata. Masak sampai mengental dan meletup-letup.
  4. Tuang 2 sdm adonan ke dalam daun pisang, beri potongan pisang tanduk, bungkus dan lipat.
  5. Kukus kue pisang nagasari sekitar 25-30 menit.

Note:

1 resep bisa menjadi kurang lebih 20 pcs kue

 

Banana Cake Resep Mache

Jadi ceritanya beberapa hari lalu, aku beli sesisir pisang Ambon, kecil-kecil sih untuk ukuran standard pisang Ambon. Biasa buat campuran juice buah atau dimakan begitu saja. Nah karena beberapa hari ini aku selalu keluar dan lupa membawa si pisang, nyaris matang deh tuh pisang padahal waktu beli masih hijau. Ternyata cepat sekali matang yaa…

Sebelum menjadi benar-benar matang, aku kupas sekalian lantas taruh plastik dan masuk freezer. Besoknya aku lihat wah masih cantik donk, nah malamnya aku taruh di kulkas dengan tujuan kebesokannya mau aku bikin cake saja pisangnya. Ealah paginya aku mau ambil dari kulkas, penuh air itu pisang huaaa harus segera dibikin deh dan sudah coklat banget jadinya.

Untuk resepnya aku pakai resep Mache yang kesohor itu, browsing saja Banana Cake Resep Mache, seliweran di dunia maya xixi dan beneran ternyata resep anti gagal lho, padahal pisang yang kupakai kecoklatan nyaris benyek tapi teteup jadi juga xixi dan juga aku tambahkan 1 kuning telur. Resepnya aku copas aja ya, dan aku gak pakai hiasan DCC karena gak punya hehe

Banana Cake

Source  :  Mache Yufrita Noge

Bahan  :

  • 4 buah pisang ambon / pisang raja yang sudah matang (kira – kira 725 gr di timbang dengan kulitnya = aku pakai 9 buah pisang yang setelah ditimbang 750 gram lebih), kupas dan di haluskan seperti bubur, (aku gak sampai halus banget sih makanya itu agak bergerindil xixi) sisihkan.
  •  310 gr tepung self raising ayak dengan 1 sdt baking soda ( aku menggunakan tepung protein sedang + 1 sdt Baking Powder )
  • 240 gr gula pasir
  • 4 butir telur
  • 240 gr ( 300 ml ) mentega cair (=aku pakai Baker’s Mix saja) atau minyak sayur
  • 1/4 sdt garam
  • sedikit vanili

Hiasan  :  Coklat blok dilelehkan di campur dengan sedikit cream cheese dan whipping cream, beberapa buah cerry

Cara membuat  :

  1. Panaskan oven 150 C
  2. Kocok gula, telur, garam dan vanili hingga putih
  3. Masukkan pisang dan aduk perlahan dengan spatula hingga rata
  4. Kemudian masukkan tepung secara bertahap dan aduk perlahan hingga rata
  5. Terakhir masukkan mentega cair / minyak sayur secara perlahan dan aduk pelan – pelan hingga rata.
  6. Jika mau nambahi poppy seed, sangrai dulu poppy seednya lalu dinginkan dan baru dimasukikan setelah minyak. Demikian juga kalau mau menambahkan coklat chip, walnut atau kismis
  7. Masukkan adonannya ke dalam loyang  yang sudah diolesi mentega cair yang bercampur dengan terigu. bakar selama 50 – 60 menit.
  8. Jika selama masa pengovenan, kuenya belum matang tetapi sudah coklat sekali, turunkan suhu oven dan cepat – cepat tutup bagian atas dari kue / loyang dengan aluminium foil agar kuenya tidak hangus.
  9. Keluarkan dari oven, biarkan hingga dingin dan keluarkan dari loyang, sajikan.

Kue Nagasari Resep Yasaboga

Dulu suka banget bikinnya, walaupun gak sering, dan suka pula memakannya. Aku lebih memilih kue Nagasari ini daripada cake misalnya. Mungkin karena aku lebih dulu mengenal kue basah / kue tradisional sewaktu kecil dulu, dibanding aneka cake.

Resepnya dari Kue-Kue Indonesia by Yasaboga. Selama ini resep kue2 tradisional dari Yasaboga yang kupraktekkan selalu berhasil, kalau tidak biasanya karena daku salah cara membuatnya alias gak baca resep secara teliti hahaha

 

Kue Nagasari

Bahan :

  • 250 gram tepung beras
  • 2 sdm tepung sagu
  • 175 gram gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 2 lembar daun pandan, sobek-sobek, buat simpul
  • 850 cc santan dari 1 ½ butir kelapa
  • 8-9 buah pisang raja / pisang kepok yang tua, potong-potong
  • Daun pisang muda untuk membungkus

Cara membuat :

  1. Cairkan tepung beras dengan sebagian santan, sisihkan.
  2. Didihkan sisa santan, daun pandan dan gaarm. Masukkan cairan tepung beras dan gula, aduk sampai gula larut dan kental. Angkat dari api, taburkan tepung sagu, sambil diaduk rata.
  3. Ambil 1 lembar daun pisang, letakkan 1 sdm adonan tepung, beri 1 potong pisang, tutup dengan adonan tepung. Gulung dengan daun pisang, lipat kedua sisinya ke tengah.
  4. Kukus hingga matang lebih kurang 30 menit. Angkat, rapikan daunnya.

 

Banana Cake Non Mixer | Resep Bco

Resep kedua yang dishare di Bco adalah Banana Cake, resepnya mudah sekali karena tidak pakai mixer-mixeran dan hasilnya enakkk… layak dicoba deh 🙂

Resep Banana Cake
Sumber: My Mom’s Friend

Bahan :
1 cup gula pasir (+/- 240gr)
1 cup minyak goreng
4 butir telur sedang
2 cups terigu serbaguna
1 sdt soda kue
1 sdt kayumanis bubuk
6 buah pisang ukuran sedang, lumatkan.

Cara :

  • Aduk dgn spatula gula dan minyak, masukkan telur, aduk rata
  • Masukkan terigu, soda kue, kayumanis, aduk rata.
  • Panggang dalam 2 loyang loaf kecil, atau 1 loyang tulban ukuran 20 cm dengan suhu 180 derajat Celcius selama kurang lebih 55-60 menit hingga permukaan kecokelatan.

 

Banana Cake versi Sponge Cake

Banana Cake atau bolu pisang atau cake pisang selalu disuka Lagi seneng banget nie karena ketemu tepung pisang, walaupun harganya mahal tapi worthed sih karena hasilnya tuh banana cake yang berasa banget banananya… dan warnanya pun coklat banget, gak ada bintik2 gitu seperti bolu pisang lainnya. Kurang cantik sih ya? tapi rasanya enakkkk… pisang banget hahaha

Banana Cake or Bolu Pisang or Cake Pisang

Bahan :

  • 500 gram pisang (kurang lebih 8 buah pisang ukuran sedang), haluskan menggunakan garpu
  • 6 kuning telur
  • 4 putih telur
  • 200 gram gula palem
  • 325 gram tepung pisang
  • vanila (optional)
  • 200 ml minyak atau margarin cair

Cara membuat :

  1. Siapkan loyang tulban ukuran diameter 24 cm (aku pakai yang 26 cm, ga punya yang 24 cm hehe), olesi margarin dan taburi tepung terigu tipis2, sisihkan.
  2. Ayak tepung pisang
  3. Kocok telur dan gula hingga mengembang, saya menggunakan mixer Bosch  hingga mengocok kurang dari 10 menit adonan sudah mengembang sempurna.
  4. Masukkan pisang yang telah dihaluskan, selang-seling dengan tepung pisang dalam beberapa tahap
  5. Tambahkan vanila lalu masukkan minyak atau margarin cair. Saya menggunakan tombol M di mixer Bosch sehingga tidak perlu aduk balik menggunakan spatula.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang, panggang selama kurang lebih 45 menit atau hingga kue matang. Saya menggunakan oven tangkring merk Mickey Mouse (yup baru beli otang beberapa hari lalu, kupikir sayang euy pakai oven besar, sayang gasnya xixi)
  7. Hasil panggang di otang juga bagus kok…

Kripik Pisang Goroho | Masakan Manado

Selamat malam Sahabat,

Salah satu snack kampung yang disuka saat Natal Tahun Baru atau snack buat sehari-hari. Cara buatnya ternyata simple banget deh, baru tahu saya… kotaan yak alias kebalikan dari kampungan wkwkwk

Kripik Pisang ini dibuat oleh sepupuku yang tinggal di Desa Talawaan, Minahasa Utara.

Di sini pisang Groho dikenal sebagai obat / makanan untuk pengidap diabetes. Pisang ini banyak didapat di Talawaan dan menjadi salah satu oleh-oleh khas Talawaan.

maaf ga ada fotonya, lupa foto

Kripik Pisang Groho

Bahan :

  • Pisang groho
  • Minyak goreng secukupnya
  • Gula secukupnya (kira-kira 2 sdm) cairkan dengan segelas air hangat

Cara membuat :

  • Kupas pisang, tempatkan dalam wadah
  • Panaskan minyak
  • Serut pisang tipis-tipis langsung masukkan ke minyak panas, goreng
  • Aduk2 rata
  • Setengah matang, beri 2-5 sdm air gula
  • Tunggu hingga desisan berkurang, aduk rata pisang
  • Goreng hingga matang

 

Kue Pisang Nagasari

Dari kemarin “ngidam” pengen makan Kue Pisang Nagasari ini, gegara tetanggaku yang biasa bikin dan jualin dah lama gak bikin2, padahal udah ku request, “kalau bikin nagasari mau ya beli (gak minta lho xixi)”. So, daripada ngeces mulu, kemarin beli deh bahan-bahannya. Sayangnya kelupaan daun pisangnya, mau pakai plastik kok perasaan kurang sreg ya hehe

Jadi tadi pagi setelah “inspeksi banjir”, iyaa… tadi itu hujannya bener-bener derassss dan banjir deh di mana-mana. Kalau menonton tivi, banjir di Kampung Pulo, Kelapa Gading, Mangga Dua, dll. Plus banjir bandang di Manado, lengkap deh. Bersyukur om dan tante2ku di Manado sana pada baik-baik saja 🙂

Eh iya lupa xixi jadi tadi pagi setelah banjirnya agak surut, ke pasar deh beli daun pisang juga belanja2 buat masak.

Resepnya, kucoba dari bukunya Nyonya Liem “Kue Basah Pilihan”, hasilnya uenakkk, tepung berasnya berasa banget, sayang aku pakainya tepung beras yang sudah jadi, kalau pakai tepung beras yang ngegiling sendiri, plus santan dari kelapa wihhh tambah oke lho rasanya…

Oh iya selama ini sih kalau bikin dari resep jadul Femina, enak jugaaa… resepnya mirip-mirip sih cuma beda di komposisi tepungnya aja.

Kue Pisang Nagasari

Bahan I :

  • 200 gram tepung beras kualitas baik
  • 400 ml santan sedang
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 175 gram gula pasir (menurutku manisnya pas)
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan

 

Bahan II (campur menjadi satu)

  • 100 gram tepung tapioka kualitas baik (aku pakai tepung sagu “Alini”, karena masih ada stok si Alini, sayang aja kalau tidak dipakai)
  • 400 ml santan kental (aku pakai 1 bungkus santan instan @200 ml untuk semua santan, jadi dibagi 2)

Bahan III :

  • pisang tanduk yang tua, potong-potong (aku pakai pisang uli)
  • daun pisang secukupnya, untuk membungkus (aku beli Rp 2.000 cukup banget dan hasil jadi 20 pcs)

Cara Membuat :

1. Bahan I : campur tepung beras, santan, garam, vanili, gula pasir dan daun pandan menjadi satu, aduk rata. Jerangkan di atas api sedang sambil terus diaduk hingga kental.

2. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan yang licin dan tidak berbutir. Angkat.

3. Ambil selembar daun pisang, beri 2 sdm adonan lalu beri bagian tengahnya dengan pisang. Bungkus hingga berbentuk persegi.

4. Kukus ke dalam panci pengukus selama 20 menit hingga matang. Angkat, perbaiki bentuknya lalu biarkan dingin.

5. Sajikan.

 

Banana Cake

Banana Cake ini sebetulnya simpleeee banget… bahannya mudah didapat, cara bikinnya juga mudah tapi rasanya yummy boo… jadi cocok untuk suguhan ibadah atau pengajian gitu… Terakhir bikin entah tahun kapan, dan akhirnya bikin lagi kemarin, itu juga karena Lulu, iya karena si ibu satu itu minta dibikinin banana cake juga, (di samping klappertaart) ya sud sekalian aja aku “racunin ISA”, kalau untuk bikin klappertaart pakai panci ISA enak banget, ga kuatir gosong pantat pancinya hahaha

Tambahan lagi Lulu juga bikin nasi kebuli, (enak lho nasi kebulinya) dannnn daging kambingnya belum empuk-empuk juga, kusarankan aja pake panci ISA, pas ada gitu khan…. Dan… alhasil doi mau beli juga, yang 7 liter ya lu… tinggal tunggu tanggal mainnya aja dehh xixixi

Banana Cake

Ingredients:

  • 8 btr kuning telur
  • 4 btr putih telur
  • 150 gr margarine
  • 250gr gula pasir
  • 250 gr tepung terigu
  • 1 sdt Baking powder
  • 4 bh pisang Ambon ukuran sedang
  • 1 sdm air jeruk nipis

Directions:
1. Campur terigu dan baking powder, ayak, sisihkan.
2. Haluskan pisang ambon, lalu beri air jeruk nipis,
aduk, sisihkan.
3. kocok margarine dan gula hingga pucat dan
mengembang, lalu masukkan kuning telur satu persatu,
kocok terus hingga rata dan tercampur benar.
4. Masukkan secara bergantian, tepung terigu, pisang
halus, aduk, teruskan lagi terigu, pisang, hingga
habis, aduk rata.
5. tuang adonan kedalam loyang, oven hingga matang.