Tag Archives: pizza

Spicy Black Pizza

Resep Spicy Black Pizza ini dibuang sayang euy, resepnya mbak Rien Soeryo saat belajar bareng di Jakarta Timur. Kapan2 mo aku coba ah, resep yang satu lagi sudah aku coba sih tapi masih jelek bangett toppingnya hahaha

 

Spicy Black Pizza

Bahan Dough:

  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 3 gram bubuk charcoal
  • 2 buah kuning telur
  • 75-100 ml susu UHT dingin
  • 5 gram ragi instan (larutkan dengan 50 ml air hangat dan 1 sdm gula pasir, diamkan selama 15-20 menit)
  • 1 sdm bawang putih bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 20 ml olive oil (atau minyak sayur juga boleh)

 

Cara membuat :

  1. Campur tepung, telur dan larutan ragi instan, aduk dengan spatula.
  2. Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai agak kalis.
  3. Masukkan olive oil, uleni sampai kalis kira-kira 10 menitan.
  4. Bulatkan adonan, diamkan 30-45 menit sampai mengembang 2x lipat, kempeskan adonan.
  5. Timbang seberat 200 gram per pan.
  6. Bentuk di loyang diameter 26 cm yang sebelumnya sudah dioles mentega putih/margarin.
  7. Diamkan lagi adonan yang sudah dibentuk selama 15 menit, tusuk dengan garpu.
  8. Oven selama 10-15 menit hingga pinggirnya terlihat kuning kecokelatan.
  9. Pizza siap dihidangkan.

Topping Beef :

  • 2 buah tomat besar, rebus hingga layu, buang kulitnya, lalu blender
  • 2 sdm margarin untuk menumis
  • 1/2 kaleng kornet atau daging giling
  • 2 siung bawang putih, geprak
  • 1 buah bawang bombay, cincang
  • 100 ml susu cair
  • saos cabai secukupnya
  • cabe bubuk secukupnya
  • Daun basil
  • Oregano
  • Parsley

Cara membuat :

  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  2. Masukkan tomat blender, daging giling atau kornet, saos cabai, cabe bubuk.
  3. Tambahkan susu cair, aduk sampai tercampur rata, masukkan oregano, daun basil, parsley, aduk rata sampai terlihat kental.

 

Bahan Pelengkap : (sesuai selera)

Daging Burger

Keju mozzarella

Keju cheddar

Bawang bombay

Paprika

Saos tomat

Mayonaise

 

Note: 1 resep bisa menghasilkan 2 loyang pizza diameter 26 cm.

Crown Crust Pizza

Udah lama banget Callis minta bikinin Pizza, secara Callis suka banget makan pizza. Tapi biasa deh daku sibuk… sibuk gak jelas hahaha

Jadi ceritanya pas bisa bikinnya sore tadi, daku ke supermarket terdekat yang cukup lengkap yaitu Superindo. Daku beli daging giling, sosis, smoked beef, bawang putih, bawang bombay, dll. Pas keluar dari Superindo eh ketemu teman yang bekerja di toko pakaian. Iseng lihat2 jaket duh cakep deh, jadi pengen tapi masih punya jaket, #dilema xixi

Oh iya resep ini hasil kursus dari mbak Rini Soeryo yang diadakan di tempatnya mbak Yanti D’han, Jakarta Timur. Bayangkan, kursusnya sudah dari setahun lalu dan baru dipraktekkan sekarang ini. Setahun lebih boo xixi tapi gpp ya khan akhirnya bisa dieksekusi juga…

abaikan bentuknya yang cakadul ya hikss

Crown Crust Pizza

Bahan Kulit :

  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 5 gram fermipan (larutkan dengan 50 ml air hangat + 1 sdm gula pasir)
  • 125 ml susu cair
  • garam secukupnya
  • 20 ml olive oil atau minyak sayur

Topping Beef :

  • 3 buah tomat ukuran besar
  • 3 sdm saos tomat
  • 3 sdm saos sambal
  • 3 siung bawang putih, geprak atau iris halus
  • 1 buah bawang bombay, iris halus
  • 4 buah sosis
  • 100 gram daging giling
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk
  • Gula pasir
  • Oregano leaves
  • Basil leaves
  • Margarin untuk menumis

 

Cara membuat :

Adonan dough/kulit PIzza :

  1. Diamkan larutan fermipan dan gula pasir selama 15 menit.
  2. Campur terigu dan larutan fermipan, aduk dengan spatula.
  3. Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai agak kalis. Karena saya pakai Bosch, jadi gak begitu lama mengadoninya. Oh iya, adonan hanya 250 gram tepung dan bisa dikocok dengan mixer Bosch.
  4. Masukkan olive oil / minyak sayur, uleni sampai kalis.
  5. Bulatkan adonan, diamkan 30-45 menit sampai mengembang 2x lipat.
  6. Kempeskan adonan, bentuk dough di loyang pizza diameter 26 cm, yang sebelumnya sudah dioles margarin.
  7. Diamkan lagi adonan yang sudah dibentuk selama 15 menit, tusuk dengan garpu.
  8. Panggang selama 10 menit dengan api besar, angkat lalu beri topping.
  9. Panggang lagi selama 10-15 menit sampai pinggirnya terlihat kuning kecoklatan.
  10. Pizza siap dihidangkan

Topping Beef :

  1. Rebus sebentar tomat, kupas kulitnya lalu haluskan.
  2. Panaskan 2 sdm margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  3. Masukkan tomat blender, daging giling, saos tomat dan saos cabai.
  4. Tambahkan susu cair, aduk hingga rata, masukkan gula pasir, kaldu bubuk, oregano, basil, aduk rata sampai terlihat kental.

Adonan toppng Beef bisa untuk 2 loyang pizza ukuran 26 cm, tapi daku tadi hanya 1 loyang pizza hehe

Bahan tambahan :

  • keju mozarella
  • keju cheddar
  • paprika (saya tidak pakai)
  • smoked beef
  • sosis
  • mayonaise

 

Pizza Roll

Sudah lama janji sama anak,, mo buatin Pizza, secara dia suka banget makan Pizza, mau yang tebal seperti di Pizza Hut atau tipis seperti di Domino’s, dia suka, judulnya pizza yang ada sosis atau daging2an lainnya dan kejuuuu… Sudah beberapa kali pula mencoba keju mozzarella tapi belum cocok dari segi rasanya.

Kali ini mencoba merk Perfetto yang kutemukan di TBK Belle di Sunter, per 250 gram kalau tidak salah, harganya 36rb, mayan mahal memang si mozzarella. Hasilnya karena pakainya hanya sedikit jadi kurang berasa, lagipula di dalam digulung gitu, aku lupa untuk menambahkan untuk toppingnya, secara umum sih rasanya udah enakkkk…

Oh iya, aku mengaduknya dengan mixer Bosch andalanku, membuatnya tidak pakai lama dan hasil seratnya pun bagus seratnya.

Pizza Roll
Pizza Roll

Pizza Roll

Untuk 9 potong (aku sih jadinya lebih karena potongnya agak kecil2 kali yaa)

Bahan :

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1/2 sdm ragi instan
  • 25 gram gula pasir
  • 20 gram susu bubuk
  • 1 butir telur
  • 235 ml air es
  • 80 gram margarin
  • 1 sdt garam

Bahan Saus (aduk rata) :

  • 120 gram saus tomat
  • 60 gram pasta tomat

Bahan Isi :

  • 12 lembar smoked beef
  • 300 gram keju mozzarella
  • 1 sdm oregano

Cara Membuat :

  1. Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir dan susu bubuk sampai rata. Tambahkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit. Kempiskan adonan. Bagi menjadi 2 adonan. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
  2. Giling tipis adonan. Oleskan saus. Tata smoked beef. Taburkan sebagian mozzarella dan oregano. Gulung. Padatkan.
  3. Potong ukuran 4 cm. Tata di dalam loyang yang sudah dioles margarin tipis.
  4. Diamkan 60 menit sampai mengembang. Taburkan sisa mozzarella dan oregano.
  5. Oven dengan api bawah suhu 190 derajat Celcius selama 15 menit hingga matang.