Tag Archives: puding

Puding Coklat dengan Vla di dalam

Namanya Puding aku tuh doyan begitu, begitu juga Callista anakku. Jadi begitu dapat resep ini dari seorang teman, besoknya langsung aku eksekusi.  Dan hasilnya anakku suka bangettt, habis 4 atau 5 gelas dia makan hahaha

 

PUDING GELAS + VLA DI DALAM

 

Bahan A

175 gr    gula

4 gr         agar-agar swallow

3 gr         jelly powder / konnyaku (kalau gak ada, pakai nutrijel plain 6 gram)

800 cc    air

200 cc    susu evaporasi

10 gr       coklat bubuk

Masukkan terakhir:

3 sdm     susu kental manis

2 sdm     coffee caramel + coklat pasta

Cara membuat :

  1. Gula, agar-agar, jelly, coklat bubuk diaduk rata
  2. Air dan susu dipanaskan. Setelah panas mendidih masukkan bahan 1 (gula dkk), aduk lagi di atas api sampai masak, angkat, masukkan skm dan pasta.

 

  • VLA :
    • 100 gr gula pasir
    • 20 gr maizena
    • 10 gr coklat bubuk
    • 1 butir kuning telur
    • 325 gr air

Masak dengan api kecil sampai mendidih, dinginkan sampai setengah dingin, baru masukkan bahan

125 gr    whip cream           ]

1 sdm     coffee caramel     ] masuk

2 sdm     rhum                      ] terakhir

1 sdm     susu skm               ]

 

Bahan B :

  • 400 cc air
  • 100 gr gula pasir
  • 2 gr agar-agar putih
  • 2 gr jelly powder / konnyaku

Dimasak sampai mendidih sambil diaduk

  • 100 gr whip cream             ]
  • 1 sdm susu kental manis  ] masuk terakhir
  • 1 sdt rhum                            ]

 

CARA MEMBUAT :

  • Tuang bahan A ke dalam gelas-gelas kecil 100 gram.
  • Tunggu sampai 80% mengeras, lalu ambil bahan vla sebanyak 30 cc (menggunakan alat suntik), lalu isi ke dalam bahan A.
  • Setelah semua selesai, siram dengan bahan B.

Note : 1 resep jadi 16 pcs gelas puding ukuran 150 gram.

 

 

 

 

Silky Pudding Rasa Bubble Gum a.k.a. Pudding Puyo

Hari Minggu kemarin, 1 November 2015 adalah latbar Bakerpreneur Community yang ke-sekian kalinya, aku lupa… dah ikut beberapa kali sih… Latbar kali ini kita membuat Silky Pudding atau dikenal juga dengan nama Pudding Puyo atau Pudding Sutera, itu lho puding yang lembutttt banget dan enakkk, tidak berair juga.

Selain membuat Silky Pudding atau Pudding Puyo, kita juga membuat aneka garnish atau vegetable carving, diajarkan oleh mbak Dini Nurfi, mbak Dini keren banget deh bisa membuat aneka vegetable carving dari macam-macam sayur, ya dari wortel, pokcoy, timun Jepang, cabe, lobak, kentang, dll. Menurutku yang paling mudah itu membuat kaktus dari cabai merah, membuat bunga champa dari wortel pun gak begitu susah, membuat bunga dari pokcoy juga masih lumayanlah, yang agak tricky itu membuat mawar dari kentang dan juga membuat bunga lily dari lobak, yang bersusun-susun, susah bo untuk carvingnya hehe

Karena lokasi rumahku yang nun jauh di Tg. Priok sana, sementara lokasi latbar di Jatiasih yang jauhhh bangettt… dan juga Sabtunya aku pulang malam, jadi deh capeknya poll sehingga gak kuat berkendara ke Jatiasih, jadi aku mau nebeng temanku saja yang tinggal di PUP, yup, kalau PUP masih terjangkau gitu deh… tapi ternyata pas hari H, kondisi badan gak memungkinkan, yo wes naik gojek aja, hanya 15rb, pp 30rb Koja-PUP. Dan ternyata itu adalah hari terakhir promo gojek, per 2 November gojek back to normal hiksss belum sempat mengembalikan panci ISA hehe btw  ini ya resep Silky Puddingnya, yang recommended rasanya adalah yang bubble gum, taro dan green tea, hmm… nomnom 🙂

Oh iya, bisa lihat videonya di sini yaaa https://www.youtube.com/watch?v=_uHj4nzB-eI

Ternyata gak sia-sia juga nebeng temanku Iwin, doi melewati jalan yang belum pernah kutahu sebelumnya, lewat Kranji lalu lanjut belok ke arah Cikunir, gak terlalu jauh boo… dibanding bila melewati Pekayon. Maklum untuk daerah Bekasi aku gak faham jalan, biasa hanya muterin Tanjung Priok, Jakarta Timur dan  Jakarta Pusat. Eh tapi pakai acara nyasar alias tersesat dulu di kompleks Perumahan Masnaga, 2x nyasar pula hehe jadi kita sampai sana acara membuat pudding sudah selesai, tapi gak susah kok bikin si silky pudding itu…

RESEP SILKY PUDDING 1 RESEP SILKY PUDDING 2 Silky Pudding

Puding Coklat

Aslinya dari femina jadul, aku modif sedikit karena aku lebih suka puding coklat yang tidak terlalu manis. Jadi manisnya didapat dari vla-nya..

puding cokelat

Bahan :
Puding:
1 bks agar2 putih (7 gram)
100 gram gula pasir
Garam secukupnya

Vanila secukupnya
50 gram coklat bubuk, larutkan dengan 150 ml air panas
600 ml susu cair
3 butir kuning telur, kocok rata dg whisk
3 sdm rum, jika suka

Saus Vla Nanas:
500 ml susu cair
Garam secukupnya
Vanili secukupnya
100 gram gula pasir
1 kuning telur, kocok dg whisk
150 gram daging buah nanas, cincang kasar (aku gak pake)
2 sdm tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air

Directions:
Puding:
– Siapakan loyang puding, basahi air matang. Sisihkan.
– Campur agar2, gula pasir, garam, coklat bubuk dan susu.
– Masak di atas api sedang sambil aduk2 hingga gula larut dan mendidih.
– Ambil 50 ml larutan agar2 panas, aduk dengan telur, kocok hingga rata.
– Tuangkan kembali ke dalam adonan agar2 mendidih. Masak sambil aduk2 hingga mendidih kembali. Angkat.
– Aduk2 agar2 hingga uapgnya hilang, tambahkan rum, aduk rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang, biarkan hingga dingin dan membeku.

Saus Vla Nanas:
– Masak susu, garam, gula dan vanili sambil aduk2 hingga gula larut dan mendidih.
– Campur kuning telur dengan 2 sdm adonan susu panas hingga rata. Tuangkan kembali ke dalam adonan susu mendidih.
– Masukkan nanas cincang, masak hingga nanas layu.
– Tuangkan larutan maizena, aduk hingga kental dan mendidih.
– Angkat dan dinginkan.