Tag Archives: singkong

Singkong Thailand Yummy

Singkong Thailand, siapa sih yang gak suka? Kudapan Singkong ala Thailand ini mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia, termasuk saya hahaha secara singkong itu pertama enak, kedua murah, dan ketiga mudah didapat. Dibikin camilan apapun daku suka sama singkong. Digoreng aja daku suka, sering banget ngiler beli gorengan singkong yang merekah cantik, kelihatan enak di abang2 gorengan xixi ketahuan deh ya sukanya gorengan 🙁

Intinya sih Singkong rebus yang dikasih saus santan manis, eh ada juga yang asin ya, selera sih yaaa, manis enak asin pun enak, masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya.

Sebetulnya sudah beberapa kali daku bikin Singkong Thailand tapi ya lupa difoto, lupa posting, jadi baru ini deh postingnya hehe Oh iya aku sukanya yang basah dengan kuahnya gitu ya bukan yang dituangin saus hehe kalau basah dengan kuah berarti kuahnya agak meresap gitu ke singkongnya, uenakkk…

Singkong Thailand

Bahan:

  • 1 kg singkong, dikupas, dipotong-potong tebal 1 1/2 cm
  • 1/2 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan, diikat
  • 1 liter air (atau secukupnya)
  • 200 gram gula pasir

Bahan Saus:

  • 500 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan, diikat
  • 1 sdm tepung sagu dilarutkan dalam 150 ml air, untuk pengental

Cara membuat:

  1. Rebus singkong, garam, daun pandan, dalam air sampai matang dan empuk.
  2. Tambahkan gula pasir. Masak sambil diaduk sampai matang dan singkong meresap.
  3. Saus, rebus santan kental, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih.
  4. Kentalkan dengan larutan tepung sagu. Masak sampai meletup-letup.
  5. Sajikan singkong dengan saus.