Tag Archives: singkong

Ketimus, Penganan Tradisional dari Singkong

Namanya Ketimus, atau Timus, penganan tradisional yang terbuat dari singkong dan mudah sekali membuatnya, hanya capek memarut singkongnya saja hahaha

Jadi aku lihat resepnya sebetulnya dah lama banget, ada di buku resep Yasa Boga yang kue-kue tradisional, hanya saja aku yang terlalu malas untuk membuatnya hehe pas belakangan lihat lagi di IG bu Happy @happyjehan salah satu customerku yang membeli mixer Bosch. Kelihatan enak bangett jadi pengen hehe

Sebetulnya kalau aku ke pasar selalu ketemu si Ketimus ini, satunya Rp 1.000, murah khan hehe yup murah karena bahan dasarnya juga murah.

Ketimus

by ibu Happy @happyjehan

Bahan :

  • singkong 500 gram, parut (saya menggunakan parutan keju)
  • kelapa parut 250 gram (sepertinya kebanyakan, next akan aku kurangi, mungkin 100 gram?)
  • gula merah 250 gram, sisir halus
  • garam
  • vanila bubuk
  • daun pisang untuk membungkus ketimus (pas dapat daun pisang yang kecil2 dan mulai menguning)

Cara membuat :

  1. Didihkan air di klakat/kukusan.
  2. Campur dan aduk rata semua bahan.
  3. Tuang beberapa sendok adonan ke daun pisang, lipat.
  4. Tata di kukusan.
  5. Kukus selama 30-40 menit dengan api sedang.

 

ini dia ibu Happy yang sedang mengukus ketimus menggunakan Sico Wok. Cantik banget ya bu Happy 🙂

Singkong Thailand Yummy

Singkong Thailand, siapa sih yang gak suka? Kudapan Singkong ala Thailand ini mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia, termasuk saya hahaha secara singkong itu pertama enak, kedua murah, dan ketiga mudah didapat. Dibikin camilan apapun daku suka sama singkong. Digoreng aja daku suka, sering banget ngiler beli gorengan singkong yang merekah cantik, kelihatan enak di abang2 gorengan xixi ketahuan deh ya sukanya gorengan 🙁

Intinya sih Singkong rebus yang dikasih saus santan manis, eh ada juga yang asin ya, selera sih yaaa, manis enak asin pun enak, masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya.

Sebetulnya sudah beberapa kali daku bikin Singkong Thailand tapi ya lupa difoto, lupa posting, jadi baru ini deh postingnya hehe Oh iya aku sukanya yang basah dengan kuahnya gitu ya bukan yang dituangin saus hehe kalau basah dengan kuah berarti kuahnya agak meresap gitu ke singkongnya, uenakkk…

Singkong Thailand

Bahan:

  • 1 kg singkong, dikupas, dipotong-potong tebal 1 1/2 cm
  • 1/2 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan, diikat
  • 1 liter air (atau secukupnya)
  • 200 gram gula pasir

Bahan Saus:

  • 500 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan, diikat
  • 1 sdm tepung sagu dilarutkan dalam 150 ml air, untuk pengental

Cara membuat:

  1. Rebus singkong, garam, daun pandan, dalam air sampai matang dan empuk.
  2. Tambahkan gula pasir. Masak sambil diaduk sampai matang dan singkong meresap.
  3. Saus, rebus santan kental, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih.
  4. Kentalkan dengan larutan tepung sagu. Masak sampai meletup-letup.
  5. Sajikan singkong dengan saus.