Tag Archives: tahu

Mun Tahu Jagung

Ceritanya aku bosan makan tahu yang biasanya hanya digoreng, disambal goreng atau dibuat martabak (yang ini malah jarang hahaha) dan sudah lama aku stalking fb-nya Budiman Halim, resep-resep baik kue2 ataupun Chinese food yang dishare Budiman selalu oke-oke menurutku, jadi saat melihat resep Mun Tahu ini kepikiran untuk membuatnya.

Jadi deh aku bikin Mun Tahu ini, btw bila ditambah kepiting misalnya (jiah kayak punya aja wkwkwk) kayaknya enak juga yaa, tapi inget kolesterol tinggiii jadi ya lupakan saja makan kepiting wkwkwk

Oh iya ini karena aku malas makan ayam ataupun udang, ya karena koles tinggi juga, so aku ganti dengan jagung, jadi namanya Mun Tahu Jagung 🙂

Mun Tahu Jagung

Bahan:

  • 200 – 250 gr tahu, potong kecil sesuai selera.
  • 5 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 batang bawang daun, potong kecil
  • 350 ml kaldu ayam (atau 350 ml air dan 1 sdt kaldu bubuk – aku pakai kaldu blok hahaha)
  • 1 sdt soy sauce
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 buah jagung, sisir
  • +/- 2 sdm larutan maizena (dari 1 sdm maizena dan 1 sdm air)
  • 1 sdm minyak wijen

Cara:
– Dalam wajan panas, tuangkan 2 sdm minyak, tumis bawang putih hingga harum dan mulai menguning.

-Besarkan api, masukkan daging yg sudah berbumbu, aduk cepat hingga berubah warna dan tidak menggumpal.

– Masukkan air kaldu, kemudian tahu, bumbui dengan soy sauce dan kecap ikan, didihkan, cicipi rasa.

– Kecilkan api dan tuang larutan maizena, aduk hingga mengental dan mendidih kembali.

– Matikan api, tuang daun bawang, dan minyak wijen. Aduk rata.

– Sajikan

Note:

Resep ini aslinya menggunakan ini:

100 gr daging ayam cincang* (saya ga pake)
100 gr udang segar, potong kasar* (ga pake juga)

(Campur kedua daging dan bumbui dengan 1 sdm air jahe, 1 sdm arak masak, 1/2 sdt garam, dan 2 cubit merica, diamkan 10 menit)

Tahu Isi Sayuran

Sewaktu demo di rumah temanku di Medland Tambun, temanku Hartini membuat Tahu Isi sebagai suguhan arisan. Sebenarnya sering banget ketemu Tahu Isi ini di tukang gorengan, biasa depan kompleksku ada tukang gorengan yang menjualnya jadi ga pernah kepikiran buat bikin, tinggal beli ga repot hahaha

Eh iya sewaktu makan di Foodcourt MAG, biasa aku beli pastel ma’cik dan kulihat ada Tahu Isi, aku beli dan makan, dan aku kuciwa huuuu karena si Tahu isiannya dikit bangettt, padahal sayuran seperti wortel dan kol khan ga mahal, itu Tahu Isi dijual satuannya Rp 4.500, mihil yakkk, lebih baik bikin sendiri deh puas isiannya bisa banyak…

Ini dia Tahu Isi yang kubeli di booth Ma’cik, dikit bangettt khan isiannya…

Lalu suatu kali aku pulang dari MAG dan biasa mampir ke pasar Hybrida, Kelapa Gading trus lihat tahu kok jadi pengen bikin Tahu Isi. Tahu yang kubeli itu bukan Tahu Pong sih, Tahu Pong yang dalamnya kopong khan ya… ini bentuk segitiga dan dalamnya tidak kopong tapi ya setahuku tahu jenis tersebut biasa dibuat Tahu Isi.

Setelah beli tahu, kol dan wortel, aku pun browsing2 resep si Tahu Isi, walau udah tanya temanku, teteup donk perlu referensi lain hehehe dan akhirnya ketemulah resep Tahu Isi ini dari webnya www.DiahDidi.com Langsung deh eksekusi.

Tahu Isi Sayuran

Bahan Pencelup :

  • 100 gram tepung terigu protein sedang (aku ga nimbang euy, pas lagi ga ada timbangan, jadi kurang lebih 6 sendok makan, kurang dari 100 gram sepertinya sih tapi menurutku udah cukup buat tahu 10 pcs)
  • 2 sendok makan tepung beras
  • 2 sendok makan tepung sagu (ini aku tambahkan sendiri)
  • ½ sendok teh kaldu bubuk (aku pakai penyedap jamur)
  • ¼ sendok teh ketumbar, haluskan
  • 1 siung bawang putih, haluskan

Campur semua bahan dengan air secukupnya, sampai didapat kekentalan yang sedang

Bahan Isi :

  • 3 buah wortel, parut (aku menggunakan parutan keju)
  • 1/8 kol, iris halus
  • 1 sendok the penyedap
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 1 batang daun seledri, iris halus

 

Bumbu halus untuk tumis sayuran :

  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • ¼ sendok teh merica butiran
  • 1 sendok teh ebi (aku ga pakai)
  • bila suka pedas, bisa tambahkan cabe (dihaluskan boleh, diiris juga boleh)

 

Cara membuat :

Isian Sayuran :

Panaskan 1 sendok makan minyak goreng, tumis bumbu halus untuk sayuran hingga harum, masukkan wortel dan kol hingga agak layu, lalu masukkan bahan lainnya.

 

Tahu Isi :

  1. Buka tahu dan cungkil sebagian tahu, masukkan isian sayuran ke dalamnya. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak. Ambil tahu isi, celup ke dalam bahan pencelup, lalu goring hingga matang dan kecokelatan.

Tofu Goreng Tepung Telur Asin

Salah satu sajian lain dari Tofu, namun hati-hati ya buat yang sudah punya kolesterol karena telur asin pun tinggi kolesterol hehe

Tofu Goreng Tepung Telur Asin

Bahan :

– 3 buah tofu rasa udang, potong tebal 1 1/2 cm

– 75 gram tepung terigu

– minyak untuk menggoreng

Bahan Tumisan :

– 3 siung bawang putih, cincang halus

– 3 buah cabai merah, cincang halus

– 1 sendok makan saus tiram

– 1/4 sdt merica bubuk

– 1/4 sdt gula pasir

– 50 ml air

– 1 sdm bawang putih goreng, untuk taburan

– 2 sdm minyak untuk menumis

 

Cara Membuat :

  1. Gulingkan tahu di atas tepung terigu. Goreng tofu hingga matang dan kuning keemasan. Angkat. Tiriskan. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan cabai merah kering sampai harum.
  3. Masukkan telur asin, maggi saus tiram, merica, gula, dan air. Aduk rata.
  4. Tambahkan tofu. Aduk rata. Angkat, sajikan dengan taburan bawang putih goreng.

 

Sapo Tahu

Sebagai penggemar Chinese Food, saya doyan banget yang namanya Sapo Tahu, dan ternyata membuatnya gak ribet lho…

Chinese Food memang terkenal dengan kepraktisannya dalam membuat, asalkan bahan-bahan sudah disiapkan, tinggal osreng osreng deh….

Bila mau kuahnya yang jernih, gunakan tepung sagu sebagai pengental. Yup tepung sagu membuat kuahnya agak jernih.

Sapo Tahu

Bahan :

  • 2 buah egg tofu, potong 2 cm, goreng dengan minyak panas sampai berkulit
  • 100 gram udang jerbung kecil, kupas, sisakan ekornya, kerat punggungnya
  • 1 buah bawang Bombay, iris panjang
  • 3 siung bawang putih, memarkan
  • 1 cm jahe, memarkan
  • 3 buah cabai hijau, potong serong
  • 100 gram wortel, iris miring
  • 3 lembar (20 gram) jamur kuping, rendam, potong2
  • 3 buah jamu hioko segar, potong2

Bumbu2:

  • 3 sdm saus tiram
  • 1 sdt kecap ikan
  • ¼ sdt merica bubuk
  • ¼ sdt gula pasir
  • 750 ml air
  • 2 sdm tepung sagu, dan 2 sdm air, larutkan
  • 2 batang daun bawang, potong-potong miring besar
  • 1 sdt minyak wijen
  • 3 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat :

  1. Tumis bawang Bombay, bawang putih, dan jahe sampai harum. Tambahkan cabai hijau. Tumis sampai layu.
  2. Masukkan udang jerbung. Aduk sampai berubah warna. Tambahkan wortel.
  3. Masukkan jamur kuping dan jamur hioko. Tumis sampai layu.
  4. Masukkan saus tiram, kecap ikan, merica bubuk dan gula pasir. Tuang air, masak sampai mendidih.
  5. Masukkan egg tofu, aduk perlahan. Kentalkan dengan larutan tepung sagu. Masak sampai kental.
  6. Masukkan daun bawang dan minyak wijen. Aduk rata.