Tag Archives: telur

Fuyunghai Udang Bakso

Baru beli kacang polong beberapa hari lalu, gegara adikku lupa nyalain lagi si kulkas, si kacang polong jadi asem rasanya, karena hampir sehari semalam di kulkas yang mati. Gak mau lihat bahan yang lainnya dulu, fokus ke kacang polong dulu hehe

Jadi deh bikin masakan yang pakai kacang polong, pilihan jatuh pada Fuyunghai dan Sup Ayam Jamur, aku kasih kacang polong juga…

Fuyunghai Udang Bakso

Bahan Telur :

  • 6 butir telur, kocok lepas
  • 1 sdm kecap inggris
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 100 gram udang kupas, cincang kasar
  • 6 butir bakso ikan, potong-potong kecil
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 buah wortel, potong korek api
  • 100 gram kol, iris halus

Bahan Saus :

  • 1 buah bawang bombay, iris halus
  • 2 siung bawang putih, memarkan
  • 100 gram saus tomat
  • 1 sdm kecap manis
  • 3 sdm kecap inggris
  • 1/2 sdt garam
  • /14 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdm gula pasir
  • 350 ml air
  • 1 sdt tepung sagu, larutkan dalam 1 sdt air, untuk pengental
  • 75 gram kacang polong
  • 1/2 sdt cuka
  • 2 sdm makan margarin untuk menumis

Cara membuat :

  1. Kocok lepas semua bahan telur. Sisihkan
  2. Tuang setengah bagian bahan telur ke dalam wajan cekung yang berisi minyak banyak. Siram-siram sampai menggembung dan balikkan. Biarkan sampai matang.
  3. Saus : panaskan margarin. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Tambahkan saus tomat, kecap manis, kecap inggris, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Tuang air. Didihkan.
  4. Kentalkan dengan larutan tepung sagu. Masak sambil diaduk sampai meletup-letup. Tambahkan kacang polong dan cuka. Aduk rata. Angkat.
  5. Sajikan bersama saus.

Telur Ceplok Asam Manis | Saat Malas Masak

Saat malas masak menerpa, Telur Ceplok Asam Manis ini menjadi salah satu pilihan menu yang paling gampil dibuat hahaha karena hanya nyeplok si telur, mau setengah matang atau full matang, silakan, suka-suka saja…

Untuk bumbu si Telur Ceplok Asam Manis ini, bila tidak mau menumis bawang merah dan bawang putih pun oke oke saja, tinggal kasih saos tomat atau bumbu saos bolognese. Kebetulan saya membeli si Saos Bolognese dari seorang teman. Setelah membuat Lasagna, saya ada rencana menyetok si Saos Bolognese sih, gak susah kok buatnya dan menjadi salah satu alternatif saat malas masak mendera wkwkwk #ajaransesat

Telur Ceplok Asam Manis

Bahan :

  • 4 butir teur ayam
  • 1 buah bawang bombay ukuran kecil, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 4 buah cabai merah kering, iris serong
  • 100 ml air
  • 1 sdm gula pasir
  • 3 sdm saus tomat
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 2 sdm minyak goreng
  • garam secukupnya

Cara membuat :

  • Panaskan minyak, ceplok telur ayam sampai matang.
  • Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan cabai merah iris, aduk.
  • Tuang air, beri saus tomat.
  • Aduk rata, masukkan garam dan gula.
  • Masukkan telur ceplok, masak hingga bumbu meresap. Angkat.

 

Fuyunghai Praktis

Sebetulnya membuat Fuyunghai ini mudah sekali karena hanya menggoreng telur, aslinya telur bebek, plus saos, kalau pun saos gak ada, pakai saja saos yang sudah jadi alias saos sambel ABC hehehe Berhubung gak niat bikin si fuyunghai, jadilah memakai bahan seadanya saja 🙂

Resep Fuyunghai Praktis ini hasil googling karena gak sempat lagi mencari-cari di file resep Primarasa-ku. Buat anakku yang pecinta masakan Chinese ya enak deh, dia sampai habis 3 potong lho xixi Aku gorengnya per 3 sendok sayur gitu…

Fuyunghai (dari web Sedap)

Bahan :

  • 4 butir telur bebek, kocok lepas
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 25 gram tepung sagu
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica halus
  • 1/2 batang daun bawang, diiris halus
  • 50 gram daging ayam giling
  • 50 gram udang kupas, dicincang kasar
  • 100 gram daging kepiting
  • 1/2 buah bawang bombay, dicincang halus
  • minyak untuk menggoreng

Bahan Saus :

  • 2 sendok makan margarin
  • 1 siung bawang putih, memarkan
  • 1/2 buah bawang bombay, iris panjang
  • 1 buah cabai merah buang biji lalu iris panjang
  • 1 buah wortel, potong korek api
  • 1 batang daun bawang, iris miring
  • 250 ml kaldu ayam
  • 2 sendok makan saos tomat
  • 1/4 sendok teh air lemon
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh tepung sagu, larutkan dalam 2 sendok makan air
  • 50 gram kacang polong

 

Cara Membuat :

1. Aduk telur, bawang putih, garam, bawang bombay, ayam, udang, daging kepiting, daun bawang dan tepung sagu.

2. Panaskan minyak dalam wajan cekung, lalu tuang 2 sendok sayur campuran bahan. Goreng sampai kering dan matang.

3. Buat saus, tumis bawang putih dan bawang bombay dalam margarin sampai harum lalu tambahkan cabai dan jahe. Aduk sampai cabai layu.

4. Masukkan wortel dan daun bawang. Aduk sampai setengah matang. Tuangkan saus tomat, garam dan gula pasir. Aduk-aduk lalu tambahkan kaldu. Aduk sampai mendidih lalu tuangkan larutan kanji. Biarkan hingga mendidih kembali. Masukkan kacang polong. Aduk sebentar lalu angkat.

5. Sajikan telur dengan sausnya.