Tag Archives: tepung

Banana Cake versi Sponge Cake

Banana Cake atau bolu pisang atau cake pisang selalu disuka Lagi seneng banget nie karena ketemu tepung pisang, walaupun harganya mahal tapi worthed sih karena hasilnya tuh banana cake yang berasa banget banananya… dan warnanya pun coklat banget, gak ada bintik2 gitu seperti bolu pisang lainnya. Kurang cantik sih ya? tapi rasanya enakkkk… pisang banget hahaha

banana cake

Banana Cake or Bolu Pisang or Cake Pisang

Bahan :

  • 500 gram pisang (kurang lebih 8 buah pisang ukuran sedang), haluskan menggunakan garpu
  • 6 kuning telur
  • 4 putih telur
  • 200 gram gula palem
  • 325 gram tepung pisang
  • vanila (optional)
  • 200 ml minyak atau margarin cair

Cara membuat :

  1. Siapkan loyang tulban ukuran diameter 24 cm (aku pakai yang 26 cm, ga punya yang 24 cm hehe), olesi margarin dan taburi tepung terigu tipis2, sisihkan.
  2. Ayak tepung pisang
  3. Kocok telur dan gula hingga mengembang, saya menggunakan mixer Bosch  hingga mengocok kurang dari 10 menit adonan sudah mengembang sempurna.
  4. Masukkan pisang yang telah dihaluskan, selang-seling dengan tepung pisang dalam beberapa tahap
  5. Tambahkan vanila lalu masukkan minyak atau margarin cair. Saya menggunakan tombol M di mixer Bosch sehingga tidak perlu aduk balik menggunakan spatula.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang, panggang selama kurang lebih 45 menit atau hingga kue matang. Saya menggunakan oven tangkring merk Mickey Mouse (yup baru beli otang beberapa hari lalu, kupikir sayang euy pakai oven besar, sayang gasnya xixi)
  7. Hasil panggang di otang juga bagus kok…