Tentang Bolu Gulung

bolu gulung

Bolu gulung, sesuai namanya adalah bolu yang digulung setelah diberi filing. Bisa saja setelah bolu matang, ditaburkan topping, bisa juga tidak.

Bolu gulung sebetulnya adalah cake biasa. Yang berbeda adalah tampilannya karena cake disajikan dalam keadaan tergulung. Tentu saja cake seperti ini punya nilai tambah. Selain bentuknya jadi tambah menarik, bolu gulung pun mempunyai isi (filling).

BOLU GULUNG YANG BENAR DAN ENAK

  • Bolu gulung harus lembut dan lentur. Bila tak lembut dan lentur, bolu gulung sulit digulung
  • Bolu gulung punya rasa yang enak
  • Kulit bolu gulung tetap mulus setelah digulung
  • Tidak ada sisi yang patah

JENIS CAKE APA SAJA YANG BISA DIBUAT BOLU GULUNG?

Tak semua jenis cake aman dibuat bolu gulung. Butter type cake misalnya, tidak disarankan dibuat bolu gulung karena resiko pecahnya besar. Pilihan paling baik adalah jenis sponge cake, cotton cake, dan chiffon cake. Itu kalau Anda menginginkan bolu gulung yang lembut. Kalau ingin yang sedikit padat, gunakan cake kombinasi sponge cake dan butter type cake (adonan lapis surabaya, misalnya).

TENTANG ISI

Isi bolu gulung bisa asin, bisa manis. Untuk yang asin, bisa diisi keju, daging, atau daging olahan. Untuk yang manis, bisa buah-buahan. Agar isinya melekat pada bolu gulung, Anda butuh pengoles. Olesannya berupa selai, susu kental manis, buttercream, atau krim. Beberapa pengoles bisa juga difungsikan sebagai topping.

TOPPING

Tidak semua bolu gulung perlu ditopping. Bolu gulung juga bisa dibuat tanpa topping terutama kalau kulitnya mulus. Tetapi kalau ditopping, Anda bisa menggunakan butter cream, whipped cream, atau ganache.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *