Tumis Terubuk (Telur Tebu) dan Telur Orak-arik

Kemarin ke pasar Koja yang di sebrang Islamic Center dan tetiba pengen makan Terubuk atau lebih dikenal Telur Tebu. Ada 1 pedagang sayur yang biasanya menjual sayur-sayur yang tidak biasa di samping sayur yang biasa, seperti bunga pepaya, daun kelor, dll. Kemarin aja aku ketemu buah Binjai atau Kemang, yang kubeli karena rasa penasaran akan rasa buah tersebut. Dan ternyata sodara-sodara, yang namanya Binjai itu uasemmm banget hehe gak kuat deh kalau makan begitu saja tapi kalau dijus dan diberi gula mayan seger sih tapi aku ga bisa minum banyak2.

So akhirnya dapat juga si Terubuk tapi bukan di pedagang sayur yang biasa melainkan di pedagang lainnya. Kalau kita bilang “terubuk”, mereka gak ngerti, tahunya “telur tebu” hehehe

Seikat dijual dengan harga Rp 15.000, gak enak daku menawarnya karena si Terubuk ini langka hehehe

Setelah browsing2 sepertinya enak juga dimasak dengan telur yang telah diorak-arik, maka daku pun memasaknya dengan Orak-arik.

Ini penampakan si Terubuk setelah lapis demi lapis (seperti sereh) dibuka, ada yang kecil imut xixi isinya cuma 9 biji

 

Ini resepnya ya, gampang kok seperti sayur tumis lainnya cuma karena aku suka daun jeruk dan daun salam jadilah aku tambahkan xixi boleh donk ya

Sayur Tumis Terubuk (Telur Tebu) dan Telur Orak-arik

Bahan :

  • 1 ikat terubuk (sekitar 9 buah campur besar kecil)
  • 3 buah telur, diorak-arik dengan bumbu bawang merah dan bawang putih, sisihkan
  • 4 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 buah tahu udang, potong2
  • 1 buah tomat, potong 8
  • Daun jeruk + salam

Cara membuat :

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  2. Masukkan tahu udang yang telah dipotong, tambahkan telur orak-arik.
  3. Tambahkan air sesuai selera.
  4. Beri daun jeruk + salam, terakhir masukkan tomat.

Tagged: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *