Walewangko, Rumah Panggung Khas Minahasa

Walewangko atau Rumah Panggung Khas Minahasa ini banyak ditemukan di wilayah Woloan, Tomohon Barat, Sulawesi Utara. Ya karena Woloan tempatnya pengrajin rumah panggung atau rumah kayu khas Minahasa. Saat ke Manado awal tahun lalu, kusempatkan ke Woloan. Dari terminal Tomohon ada angkot yang menuju Woloan, atau naik ojek juga bisa dan tidak terlalu mahal karena tidak jauh, hanya sekitar 10 menitan dari Tomohon.

Di kiri-kanan wilayah Woloan bisa kita temukan banyak rumah adat Minahasa yang siap bisa kita beli.

Rumah panggung Minahasa tidak ada ukiran kayunya sama sekali. Dekorasi biasanya hanya kombinasi silang2 untuk bagian depan / pagar. Konstruksi bangunan rumah kayu tidak memakai paku jadi menggunakan pasak atau paku kayu. Rumah adat ini sangat unik yaitu bisa dibongkar pasang.  Jadi bisa dikirim ke Jakarta misalnya atau bahkan ke luar negeri. Bila ke luar negeri dikirim menggunakan container dan pengiriman menggunakan kapal laut. Sang tukang akan menyusul dan nantinya mereka yang memasang kayu-kayu sehingga menjadi rumah kembali. Hebat yaaa… ternyata mereka memberi tanda khusus pada masing-masing kayu dan hanya pembuat alias sang tukang lah yang tahu arti tanda2 tersebut.

Seluruh rumah adat terbuat dari kayu dan bagian dalamnya tidak dicat atau dipelitur sehingga warna asli kayu masih terjaga. Kayu yang digunakan adalah kayu besi yang banyak ditemukan di Bolaang Mongondow atau kayu meranti yang dikirim dari Palu, Sulawesi Tengah.

Oh iya, harga rumah panggung khas Minahasa ini tidak bisa dibilang murah lho, mulai dari yang paling murah rumah dengan 1 kamar seharga 70-80 juta, untuk yang 2-3 kamar bisa ratusan juta.

Tagged: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *