Category Archives: Recipes

Sagon Panggang

Saking doyannya sama kue Sagon, saya carilah resep Sagon Panggang. Tapi pengennya yang enggak keras gitu…

Ketemulah resep Sagon Panggang di fb, tapi ini aku modifikasi lagi karena terlihat dari bahan2 yang dipakai teksturnya masih keras.

Dan benar, sudah agak enakan tapi masih perlu diperbaiki lagi. Besok2 aku modif lagi xixi

Sagon Panggang

  • Kelapa 1 pcs (kurang lebih 115 gram)
  • Sagu 250 gram (sebelum disangrai-saya menggunakan sagu Papua)
  • Margarin 150 gram
  • Gula halus 250 gram
  • Telur 1 (putih telurnya sedikit saja)
  • Santan 75 ml

 

 

 

Bakpao isi Unti

Dapat resep Bakpao Stella Utomo ini sudah lama banget, sejak dari NCC kalau tidak salah… tahun 2005-an, lama banget khan? 16 tahun yang lalu, dan baru ini saya bikin itu Bakpao hahaha bener-bener pemalas ya…

Untuk isiannya, aku bikin yang mudah saja, yaitu unti : campuran kelapa dan gula merah.

Hasilnya bakpaonya empuk, enakkk, recommended resepnya, makasih banyak ya Stella 🙂

agak over proofing hehehe
ini saya kukus di kukusan Trurich yang bersusun 2. Jadi 1 resep pas banget, muat di kukusan tersebut, jadi sekitar 22 pcs

Bakpao Empuk

source:  http://slurpppyummy.blogspot.com/2006/05/bakpao.html

Biang Bakpao :
250 gr terigu protein rendah
10 gr ragi instant
150 cc air

Bahan Adonan Utama Bakpao :
90 gr terigu protein rendah
60 gr tepung tang mien (bisa diganti dengan terigu protein rendah)
70 gr gula halus
1 sdm baking powder
¼ sdt amoniak kue (boleh tidak dipakai)
3 sdm air
50 gr mentega putih

Directions:
Campur semua bahan untuk biang. Di uleni sampai tidak lengket di tangan ( kurang lebih 10 menit).
Diamkan biang selama 1 jam atau sampai mengembang 2 kali.
Masukkan bahan adonan utama ke dalam biang biang bakpao. Uleni sampai kalis.
Timbang adonan sebesar 20-25gr. Tipiskan, bentuk menjadi bulat. Letakkan isi bakpao ke tengah2x adonan.
Kukus bakpao selama 15 menit.

Thumbprint Cookies

Sudah lama pengen coba resep cookies yang dishare Riyas Irmadona ini, tapi belum2, malas hahaha tapi karena punya selai nanas yang tidak terlalu keras (1 tingkat lebih basah kalau buat isian nastar) jadi sewaktu kepikiran mau bikin cookies eh, eh kok pas banget, pas punya selai nanas.

Katanya sih enakkk, dan ternyata beneran enakkk, full butter soale hehe isian selai nanas pun enakkk, membuatnya seperti nastar tapi dengan base cookies yang crunchy…

Tapi butter saya kurangi sedikit jadi adonan pas banget bisa dipulung.

Penambahan kacang di pinggir kue membuat kue lebih enak sebenarnya, tapi karena mau cepat (pemalas.com wkwkwk) jadi saya skip. Kalau memang ada waktu dan mau hasil yang enak, sookk ditambahkan kenari juga enak, pas banget rasa selai nanas dan kenari.

Thumbprint Cookies

Bahan:
• 250 gr unsalted butter (saya: 210 gram)
• 100 gr gula pasir
• 2 kuning telur
• 1 bh lemon (parut kulitnya)
• 1 sdm jus lemon
• 300-325 gr terigu (saya: 330 gram)
• garam (saya pakai salted butter, jadi skip)
• Almond/kacang lainnya untuk pinggiran kue (saya pakai kenari, itu pun cuma 4 cookies, lama soalnya hahaha pemalasdotcom)
• 5 sdm selai untuk isian (saya ga takar wkwkwk)

Cara Membuat :
1. Kocok butter dengan gula hingga mengembang dan berwarna pucat.
2. Masukkan kuning telur satu persatu sambil dikocok.
3. Masukan parutan kulit jeruk, jus lemon dan garamnya kocok rata.
5. Masukkan terigunya sambil diaduk sekedarnya saja, hingga adonan bisa dipulung.
6. Ambil sedikit adonan, tekan di tengah-tengah pulungan untuk menciptakan cekugan.
7. Oles putih telur, lalu beri/balurkan dengan almond/kacang lainnya di pinggiran kue.
8. Beri isian selai.
9. Panggang dengan suhu 150-160 derajat selama kurang lebih 30-40 menit.(saya pakai Big Oven).

Ontbijtkoek Kenari

Sukaaa deh dengan Ontbijtkoek Kenari ini, tapi gimana sih ejaan yang sebenarnya? sebelumnya pernah aku tulis Oentbykoek, nah ini Ontbijtkoek, mungkin ada lagi yang nulis Oentbijtkoek, yasud whateverlah ya, yang penting sudah faham khan maksudnya kue yang mana? hahaha

Ontbijtkoek ini adalah salah satu cake classic, dengan rasa dan harum rempah-rempah, atau kita kenal dengan nama bumbu spekkoek atau bumbu lapis legit. Aku kadang suka tambahkan spekkoeknya, biar lebih berasa wkwkwk

Resep ini dari demo masak Palmboom sepertinya, duh lupa… hasilnya enakkk, soalnya itu kuning telurnya 10, jadi lembut, ga keset cakenya.

Ontbijtkoek Kenari

Bahan A :

  • 10 butir kuning telur
  • 3 butir putih telur, total kuning + putih telur : 300 gram
  • 12 gram cake emulsifier (aku sih ga pake)
  • 250 gram gula palem/palm suiker
  • 90 cc air

 

Bahan B:

  • 20 gram susu bubuk full cream
  • 10 gram maizena
  • 225 gram tepung terigu protein rendah
  • 1/4 sdt cengkeh bubuk
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 1/2 sdt kayumanis bubuk
  • 1 sdm bumbu spekkoek (aku pakai 2 sdm)

 

Bahan C:

  • 175 gram margarin, cairkan

 

Bahan D:

  • 75 gram kenari

 

Cara membuat :

  1. Kocok bahan A sampai mengembang dan kental, lalu masukkan bahan B sambil dikocok rata.
  2. Lalu tambahkan bahan C, aduk rata. Tuang adonan pada loyang tulban diameter 24 cm dan atasnya diberi kenari.
  3. Panggang dalam oven bersuhu 180 derajat Celcius, selama kurleb 45 menit.

Lapis Legit Original ~ Panggang dengan SICO Big Oven

Kemarin lagi kemasukan roh rajin, sehingga aku bertekad membuat Lapis Legit Original 40 kuning telur ini hahaha

Sudah lama belajarnya, baik kursus maupun baking bareng, sudah bertahun lalu wkwkwk namun baru ini praktek sendiri. Ternyata, setelah sering bikin Lapis Vla, membuat Lapis Legit pun menjadi tidak begitu sulit lagi…

Aku memanggang si Lapis Legit menggunakan SICO Big Oven dan memang enak banget lho memanggangnya, cepatt hehehe

Harga si oven sico Rp 5.118.000, kalau mau info lebih lanjut si Big Oven, WA aku aja ya di 0878-8106-0909 (promodotcom hahaha)

Resep Lapis Legit ini kudapat dari salah satu customerku, yang berbaik hati sharing resepnya denganku. Makasih banyak ya bu Eli 🙂

Lapis Legit Original

Bahan :

  • 40 butir (800 gram) kuning telur, dikocok tersendiri dengan mixer sampai kental
  • 400 gram gula halus
  • 4 sdm (50 gram) susu manis
  • 700 gram mentega (butter + margarin)
  • 2 sdm bumbu lapis
  • 75 gram tepung segitiga

    – Kocok mentega, gula, susu, dan bumbu lapis sampai mengembang dan putih dengan kecepatan tinggi selama 10-12 menit
    – Kemudian masukkan semua kuning telur sambil diaduk dengan whisk sampai rata
    – Tambahkan terigu dan aduk rata
    – Panggang selapis demi selapis dengan api atas, dengan memakai Loyang ukuran 20×20 cm yang dipoles mentega dan lapis kertas, lalu poles mentega

Note:

  • aku menggunakan loyang 20×20 cm tinggi 7 cm
  • per lapisan : 90 gram, kalau loyang 24×24 cm, per lapisannya 125 gram
  • gunakan menu grill, setting panas di 195 derCel, per lapisan sekitar 4 menit
  • total memanggang sekitar 2 jam lebih 15 menit

Lempah Kuning Khas Bangka

Ini masakan sebulan lalu, ga sempat diposting wkwkwk  Malam 18 Januari aku dapat dapat ikan kembung segar di pasar ikan (pelelangan) di Kalibaru, gak jauh sih dari rumah tapi malas ke arah sana karena banyaknya truk-truk container dan pasar ikannya buka hanya di malam hari. Tapi berhubung butuh jadi ya aku sempat2kan untuk belanja ikan di sana, lebih murah dari pasar. Kata yang jual biasanya sekilo 35rb, ini karena glowing istilahnya, jadi 45rb sekilonya.
Dan siangnya langsung dimasak Lempah Kuning Khas Bangka, enakkk segarrr, tapi minus nanas, tambah asam lainnya seharusnya sih ya
Oh iya resepnya aku ambil dari youtubenya Eddy Siswanto, ngakunya chef terabal2 tapi masakannya enak2, doi baru2 ikut Master Chef tapi sayang tidak sampai final.
Menu ini kudu sering diulang kayaknya, enak segerrr soalnya.

Lempah Kuning Khas Bangka

Bahan :

  • Ikan kembung 500 gram (sekitar 3 ekor, bersihkan, potong 2)
  • Nanas matang 1 buah, potong2 panjang
  • Lengkuas 2 ruas jari, geprek
  • Sereh 3 batang, geprek
  • Garam
  • Penyedap
  • Gula pasir (optional)

Haluskan :

  • Bawang merah 6 siung
  • Bawang putih 1 siung
  • Cabe merah 5 pcs
  • Cabe merah keriting 10 pcs
  • Kemiri 3 butir, sangrai
  • Kunyit 2 ruas jari, sangrai
  • Terasi Bangka, bakar

Cara membuat :

  1. Rebus air hingga mendidih kurleb 1.5 liter
  2. Masukkan bumbu halus + geprekan lengkuas, jahe, dan sereh ke dalam air mendidih.
  3. Setelah mendidih kembali, masukkan nanas dan juga ikan kembung.
  4. Tambahkan garam, gula pasir, dan bumbu penyedap.
  5. Masak hingga semua bahan matang.

Tim Ikan Mujair

Semalam setelah ibadah singkat ultah Callista, aku ke pelelangan ikan Kalibaru yang gak begitu jauh dari rumah. Biasa nyetok ikan buat papa dan ponakanku. Tapi aku tuh paling gak bisa bersihin ikannya, jadi minta adikku yang membersihkannya. Mayan juga deh, 4 kg bawal dan 2 kg mujair xixixi

Ikan mujairnya aku masak tim, udah lama pengen dimasak tim tapi ga jadi2 #pemalasdotcom hehehe

Kali ini dijadiin, walau ga punya daun bawang.

Rasanya hmm yummy tapi aku masukkan kecap ikannya kebanyakan jadi asin dah wkwkwk punya kecap ikan belum pernah dipakai jadi pakai banyak supaya cepat habis lol

Tim Ikan Mujair

  • 2 ekor ikan mujair ukuran sedang kira2 @300gr (bisa diganti ikan apa aja)
  • 1 buah jeruk nipis
  • 4 siung bawang putih cincang halus
  • 1 buah bawang bombay iris2
  • 4 batang daun bawang potong2 (ga punya)
  • 5 buah cabai rawit biarkan utuh (aku ga pake)
  • 1 ruas jahe iris2

bumbu kuah :

  • 2 sdm kecap asin
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdm arak masak
  • 1/2 sdm saos tiram
  • secukupnya air
  • secukupnya gula

Cara membuat :

  1. Bersihkan ikan buang jeroan nya kemudian lumuri dgn jeruk nipis diamkan sebentar kurleb 5 menit kemudian cuci bersih lagi
  2. Campur jadi satu bumbu2 kuah
  3. Tumis bawang putih, jahe dan bawang bombay hingga harum campurkan dgn kuah, tes rasa
  4. Tata di mangkok tahan panas ikan mujahir, daun bawang, dan cabai sirami bumbu + kuah kukus kurleb 15 menit sampai matang

Nagasari Versi Loyang

Dapat resep Nagasari ini dari IG @ayuaudrey91 Ini adalah Nagasari versi loyang. Punyaku jadi coklat gitu (jelek bangett hikss), karena beli kelapa parutnya tidak dikupas, seharusnya dikupas jadi santannya putih. Oh iya kalau langsung diolah mungkin tetap putih, ini aku bikinnya sore jadi beli kelapanya pagi, simpan kulkas dan baru sore hari kubikin. Gabungan keduanya berpengaruh ke warna kue.

Besok2 coba lagi ahh, ini manisnya sih pas buatku tapi buat anak2 pasti kurang manis.

aslinya seperti ini, cantik yaa

Nagasari

Bahan :

  • 12 buah pisang raja, kupas, belah 2 (ukuran sesuai selera). Kukus sekitar 15 menit (atau tidak dikukus juga tidak apa)
  • 900 cc santan sedang (dari 1 butir kelapa)
  • 1/2 sdt garam
  • 200 gram gula (ini udah pas manisnya buatku)
  • 3 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt vanili bubuk
    Rebus jadi 1 aduk sampai mendidih, biarkan sampai agak dingin.

 

Aduk rata:

  • 250 gram tepung beras
  • 100 gram tepung tapioka
    Masukkan bertahap ke adonan santan sambil diaduk pakai whisk sampai bercampur rata. Saring. Panaskan dandang / kukusan.
    Siapkan loyang segi 4 ukuran 20 cm, olesi sedikit minyak.
    Tuang adonan 3 sendok sayur atau ketebalan sesuai selera.

    Setelah permukaan atas sudah set / hampir matang. Susun pisang yang sudah dikukus., ratakan, tuang lagi adonan. Lanjutkan lapisan adonan dan pisang sampai habis.

    Biarkan dingin, baru dipotong2.

Ayam Goreng Mentega

Ayam Goreng Mentega termasuk masakan yang tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memasaknya. Waktu itu sebetulnya tidak ingin memasak dengan banyak butter jadi aku kurangi penggunaan butternya tapi karena ayam yang kupakai berukuran jumbo (aku pakai paha utuh, salah beli ayamnya hehehe), jadilah dengan butter yang sedikit menyebabkan daging ayam kurang matang. Seharusnya aku tambahkan air untuk mematangkan daging ayam.

So, besok2 aku pakai ayam fillet aja yang lebih mudah matangnya.

Ayam Goreng Mentega

Bahan :

  • 500 gram daging ayam bagian paha atas (pinggul) tanpa tulang
  • 1 buah bawang bombay (cincang)
  • 3 siung bawang putih besar (cincang)
  • 75 gram mentega
  • 1/2 sdm merica bubuk
  • 2 sdm saos tiram
  • 2 sdm kecap Inggris
  • 4 sdm kecap manis
  • 2 sdm saos pedas

Cara membuat :

  1. Bersihkan ayam, sisihkan. Goreng dengan butter hingga kecokelatan.
  2. Masukkan bawang bombay dan bawang putih cincang, aduk-aduk.
  3. Tambahkan saos lainnya.
  4. Masak hingga ayam matang.

Sagon Bubuk Tepung Sagu

Aku penyuka Sagon Bubuk, dulu pernah dikasih Sagon Bubuk buatan neneknya Teti, temanku ex American Embassy yang berasal dari Garut. Pernah minta resepnya tapi dasarrr Teti cuekkk, gak dimintain ke neneknya… Kapan2 aku mintain lagi ahh, kali aja Teti lagi rajin, jadi mau minta resepnya xixixi

Pernah sewaktu ke Bandung dsk-nya, sampai ke Pangandaran, aku tuh cari2 di tempat oleh-oleh snack gitu, ga ada satupun yang jual si Sagon Bubuk ini. Entahlah, mungkin kurang peminat kali yaaa…

Jadilah sewaktu browsing2 youtube dan keingat si Sagon Bubuk, aku cari donk resepnya, dan tercuri deh perhatianku ke youtubenya Novi Da Sari dan aku coba deh, tapi buatku masih kurang pas ya resepnya, kudu dicoba2 lagi komposisi gula-tepung dan kelapa sangrainya.

Oh iya, ternyata banyak macam Sagon Bubuk, dilihat dari tepungnya, ada yang dari tepung sagu, tepung tapioka, tepung beras, juga ada tepung ketan (ini udah pernah coba tapi bukan dari tepung ketan kalau sagon bubuk yang kumau, mungkin lebih cocok kalau sagon panggang). Dan ada pula dari gula merah, selain gula pasir. Seperti Sasagun dari Medan, itu menggunakan gula merah. Kapan2 aku coba ahh…

Sagon Bubuk Tepung Sagu

Bahan :

  • Kelapa sangrai 90 gram
  • Tepung sagu sangrai 125 gram
  • Gula pasir 100 gram

Membuatnya mudah sekali, cukup diaduk rata saja semuanya, jadiii… tinggal dikemas deh…

Dannn gak sampai 1 minggu sudah habis Sagon Bubukku, bikin lagi deh besok2, semoga aku tetap semangat membuatnya xixixi