Category Archives: Snacks

Nuts & Seeds Truffle | Camilan Orca | Camilan Sehat

Hari Minggu, 29 November 2023 lalu, aku bela-belain deh ke Club Sehat Muara Karang. Memang dah lama pengen ikut. Pas bisa ya udah, jadi selesai gereja jam 12.30, lunch dulu di lantai 2, biasa tuh aku makan Gado-gado Boplo saja, karena memang gak banyak pilihannya hehe

Trus jalan kaki deh ke halte busway, ada busway ke Pluit, sayangnya yang ke Muara Karang bila hari Minggu tidak beroperasi, jadi aku turun di halte Pluit dekat Emporium trus lanjut naik gojek dari situ. Sudah dekat sih, naik ojek yang ada di halte jadi lebih cepat, 15rb saja…

Eh ternyata rejeki bisa ketemu dan berfoto dengan ibu Liong Pit Lin, yang baru itu setelah covid menghadiri seminar/pelajaran yang sering beliau berikan, biasanya via zoom.

Makasih banyak ibu Pit Lin, semoga sehat2 terus ya, menjadi berkat buat banyak cancer warriors/survivors.
Rejeki juga ketemu ci Esther, customerku di Semanan. Berkat beliau bisa foto2an di akhir acara karena hpku low bat… makasih banyak ci Esther, sehat2 juga yaa
Dapat icip2 resep yang dishare oleh Club Sehat, dan langsung aku praktekkan beberapa hari lalu, yummy lho, buat stock camilan aku. Eh iya kue ini harus selalu di kulkas ya karena panggangnya khan tidak lama jadi kuenya masih agak basah di dalamnya.

 

Balapis Pandan Coklat

Udah sering bikin balapis ini, tapi kali ini lebih enak karena aku tambahin susu, jadi versi susu ceritanya hehehe aslinya dikasih susu kental manis, tapi aku ganti dengan susu bubuk aja. Bukannya apa-apa, udah manis nantinya jadi tambah manis bangettt….

Jadi Balapis Pandan Coklat ini manisnya pas banget menurutku, enak deh jadinya… Oh iya kukusnya agak lamaan ya agar mudah dikuliti per lapisannya. Nikmatnya kue balapis itu khan saat menguliti lapisannya satu per satu, bukan begitu, bukan? hehehe

Ini jadi teman camilannya Callista, hampir tiap hari bikin jadi Callista nyaris bosen hahaha

Balapis Pandan Coklat

pas banget untuk loyang 20×20, tinggi 7 cm

Bahan :

  • Tepung terigu serbaguna 375 gram
  • Tepung sagu or tapioka juga oke 20 gram
  • Tepung beras 20 gram
  • Susu bubuk 30 gram
  • Gula pasir 270 gram
  • Santan 1.5 liter (dari 1.5 kelapa ukuran sedang) – panaskan
  • Vanilla
  • Garam
  • kenari, potong2 50 gram

Lapisan Pandan:

  • Blender daun pandan kurleb 15 lembar + daun suji kurleb 12 lembar dengan 150 ml santan (dari santan di atas), saring

Lapisan Coklat:

  • Coklat bubuk 20 gram + 150 ml santan hangat, aduk rata, saring

Cara membuat :

  1. Aduk rata semua bahan di atas, saring lalu dibagi 2
  2. Masing-masing adonan, tambahkan blenderan daun pandan dan daun suji, adonan satunya tambahkan coklat.
  3. Kukus selama 6-7 menit per lapisan, agar adonan matang tua, jadi per layer nantinya bisa dikuliti lebih mudah.
  4. Lapisan terakhir (paling atas), beri potongan kenari, dan lapisan di tengahnya diberi kenari juga.

 

Piang Nanas | Kue Kesukaan | My Favorite Snack

Kue Piang Nanas ini adalah hasil modifikasi sendiri, setelah beberapa kali bikin akhirnya ketemu cara dan resep yang pas di lidahku…

Piang Nanas 

  • Santan kental 225 ml (dari 1 butir kelapa)
  • Gula merah cair 250 gram (dari gula 1 kg + air 250 ml)
  • Tepung serbaguna 500 gram
  • Tepung sagu 50 gram
  • Soda kue 1/2 sdt
  • Baking powder 1/2 sdt
  • Vanilla bubuk 1/2 sdt
  • Kayumanis bubuk 1/2 sdt
  • Margarin cair 50 gram
  • Kuning telur 2 butir

Filling : kurleb 250 gram selai nanas

Cara membuat :

  1. Masak santan + gula merah kurang lebih 12 menit. Dinginkan.
  2. Setelah dingin, masukkan margarin cair dan kuning telur, aduk rata
  3. Campur dan aduk rata bahan kering : tepung, soda kue, baking powder, vanilla & kayumanis bubuk
  4. Tambahkan bahan no. 2 yang sudah diaduk rata, aduk hingga adonan rata dan bisa dibentuk
  5. Timbang adonan @30 gram
  6. 1 loyang bisa jadi kurleb 39 pcs
  7. Panggang di suhu 170 derCel, 24 menit di api bawah/rak bawah, lalu kurleb 6 menit di api atas/rak tengah

Bagea Kelapa | Kue Sagu Kelapa

Bagea Kelapa ini tidak menggunakan full tepung sagu, melainkan ada penambahan tepung terigunya, dan juga menggunakan minyak. Plus kelapa sangrai membuatnya wangi dan juga rasanya enak…

Bagea Kelapa / Kue Sagu Kelapa

Bahan:

Masak hingga mendidih, lalu saring

  • Gula merah 540 gram
  • Air 166 ml
  • Minyak 166 ml

 

Bahan Kering:

  • Tepung Sagu 1 kg (saya gunakan tepung sagu papua, bisa beli di tokped)
  • Tepung terigu serbaguna 332 gram
  • Tepung maizena (atau tepung sagu) 30 gram
  • Soda kue 3/4 sdm
  • Kayumanis bubuk 3 gram
  • Kelapa sangrai 200 gram (dari kurleb 1.5 kelapa ukuran kecil)

 

Kocok hingga mengembang:

  • Telur antero 2 butir
  • Kuning telur 2 butir
  • Gula merah 100 gram

 

Cara membuat :

Bahan kering masukkan ke kocokan telur, lalu tambahkan gula merah yang sudah dingin.

Aduk hingga adonan kalis dan bisa dibentuk

Bulat2kan, lalu panggang

Biji2 Kayumanis

Biji2 biasa tanpa kenari tapi tetap menggunakan kelapa sangrai plus penambahan kayumanis bubuk, membuatnya khas Indonesia Timur 🙂

Enakkk rasanya, bersahabat buat lansia alias tidak keras.

Biji2 Kayumanis

Bahan :

  • tepung terigu 425 gram
  • tepung sagu 140 gram
  • margarin (aku pakai blueband) 120 gram
  • gula pasir 80 gram
  • air kurleb 240 ml
  • garam
  • kayumanis bubuk 1/2 sdm
  • kelapa sangrai 12 sdm (= 70 gram) ini dari 1/2 kelapa ukuran besar

Cara membuat :

– Campur semua bahan lalu uleni hingga mudah dibentuk

-Gunting2, lalu goreng. Saat menggoreng gunakan api sedang cenderung kecil

Wajik Kacang Hijau ala Bandung

Baru beberapa bulan ini aku mantengin youtube Mama Ci Memasak, resep2nya oke-oke banget, namun baru resep Wajik Kacang Hijau ala Bandung ini yang kucoba. Dan hasilnya wow enakkkk…

Apa karena aku suka bangettt kacang hijau, juga wajik, jadi pas bangettt rasa wajik kacang hijau ini di lidahku. Gak kemanisan, padahal gula aren + gula pasirnya cukup banyak yak total 800 gram.

Dan tahukah teman2? Kue ini nyaris aku sendiri yang ngabisin, duh saking doyannya, gak lupa sih kalau ada sakit. Habisnya enakkk wkwkwk

Cukup sekali ini aja deh makannya #sedih

Wajik Kacang Hijau ala Bandung

Bahan bahan :

  • Kacang hijau 250gr
  • Air 600ml (untuk rebus kacang hijau)
  • Kelapa parut 600gr ( 1,5 butir kelapa tidak terlalu tua tidah terlalu muda)
  • Gula merah /gula aren 400gr
  • Gula pasir 400gr
  • Air 200ml
  • Agar agar plain 1 bungkus
  • Garam 1/2 sdt
  • Vanili bubuk 1/2 sdt

Pembungkus: Siapkan kertas minyak ukuran 10x10cm secukupnya. (aku pakai plastik bening biasa saja)

Cara membuat :

  1. Rebus kacang hijau hingga matang.
  2. Sangrai kelapa parut sekitar 20 menit.
  3. Masak gula aren berikut air, lalu saring.
  4. Campur kacang hijau, kelapa parut yang telah disangrai, gula aren + gula pasir, agar-agar plain, tambahkan garam dan vanili bubuk, aduk hingga menjadi kering/tidak lengket lagi.
  5. Bungkus wajik sesuai selera.

Biji2 Kenari

Biji2 adalah salah satu jajanan jadul yang masih exist hingga hari ini. Ditambah kenari rasanya jadi lebih wow enak

Dijamin ketagihan deh…

Biji2 Kenari

Bahan :

  • Tepung protein sedang 425 gram
  • Tepung sagu 150 gram
  • Gula pasir 140 gram
  • Kayumanis bubuk 3 gram
  • Bumbu spekoek 3 gram
  • Vanilla
  • Garam
  • Santan 65 ml
  • Margarin 70 gram
  • Kenari 100 gram
  • Kelapa sangrai 50 gram
  • Air 150 ml
  • Minyak sayur untuk menggoreng

Cara membuat :

  • Campur semua bahan hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk. Gunting sesuai ukuran yang diperlukan.
  • Goreng dalam minyak banyak

Hasil jadi sekitar 1 kg

POPACO – Kue tradisional khas Indonesia Timur

Bulan kemarin bikin Kue Popaco ini, kue tradisional khas dari Indonesia Timur. Pas sedang ada kelebihan santan yang sayang bila dibuang, jadi lihat2 buku resep dan ketemu resep kue ini.

Karena gak punya daun pisang, jadi saya tidak membuat takir, saya pakai loyang saja, praktis hehe

Rasanya enakkk, mirip2 ongol-ongol tapi tekstur lebih keras.

POPACO

Source: Kue-kue Indonesia (by Yasaboga)

Bahan :

  • 250 gram tepung beras
  • 225 gram gula merah
  • 350 cc air
  • 250 cc santan kental dari 1/2 butir kelapa
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan, sobek-sobek, buat simpul
  • daun pisang, untuk membuat takir

 

Cara membuat :

  • Rebus air dan gula merah, garam, dan daun pandan sampai gula larut, saring dan dinginkan.
  • Buat takir dari daun pisang (rangkap 2 lembar supaya tak mudah robek) 4×6 1/2 cm, tinggi 3 cm, sisihkan.
  • Campur tepung, rebusan gula merah, dan santan, aduk rata. Isi takir dengan adonan sampai 2/3-nya. Kukus hingga matang.

Note:

Kalau takir dibuat dari daun pisang/mangkuk porselin beri sepotong daun pandan pada dasarnya. Lapisan atas bisa ditiadakan, tapi tambahkan santan kental ke dalam adonan tanpa tepung terigu.

Kue Lapis Tepung Beras

*Kue lapis tepung beras… *


Bahan : utk 1 lyng ukrn 22X22 cm

270 gr tepung beras.
100 gr tepung sagu.
250 gr gula pasir.
1 ltr santan kental dr 2 btr kelapa.
25 lmbr daun suji.
30 lmbr daun pandan (yg 5 lmbr utk dimasak bersama santan putih. sisanya utk di blender dan diambil airnya utk adonan hijau).                  Semua bahan di kalikan 2. (jd bahan di ats unt 1 lapis sj. Kue terdiri dr 2 lps).

1 utk adonan putih 1 utk hijau

Pisahkan 4 btr klapa yg sdh diparut, 2 utk putih 2 utk hijau…peras kelapa masing jadikan 1 ltr santan kentalnya saja…blender daun suji dan pandan ambil airnya 1ltr dan peras dng klpa yg 1 bgian tadi

Didihkan santan hijau dan putih yg sudah dimasukan 5 lmbr daun pandan yg tdk diblender..masukan 1,5 sdm garam…dinginkan

Siapkan 2 wadah..dan masukan masig2 bahan 2 tepung dan gula tadi

Kalo santan sudah dingin tambah kan ke dalm wadah yg berisi bahan masing2 santan putih dan hijau sampai santan habis…sisih kan

Panaskan kukusan…oles lyng dng sdkt mnyk grng..letakan di ku2san masukan adonan putih dulu masak kira2 10mnt..lalu adonan hijau masak kira2 10 menit..teruskan sampai adonan habis paling atas adonan hijau..setiap lapisan 10 mnt…kalo adonan habis kukus terus sampai kira2 30mnt

Resep ini sengaja aq share unt mengenang kebaikan sahabat qu sejak kecil, smoga segala amal & pahala dr ilmu ini teruus mengalir menerangi & memudahkan km disana yha Tiek… skrg km sdh bahagia lepas dr sakit mu….Sayang slaluu unt km tiek..
Jakarta, 31 maret 2019

Fem…ini resep jualan almh temen qu..enaaak bangeett… Cb deh

Beberapa hari lalu aku terima kiriman resep di atas dari seorang sahabat baikku. Karena dilihatnya aku suka bebikinan kue talam, lapis, dll. Duh baik banget mbak Yanti, makasih banyak yaa, hanya Allah yang bisa membalas kebaikan mbak Yanti dan alm. temannya mbak Yanti yaa…

Note dari aku:

  • resep di atas menggunakan 4 buah kelapa, menurutku kebanyakan jadi aku pakai 3 kelapa saja, atau 2 kelapa juga sebenarnya sudah cukup.
  • karena aku tidak punya loyang 22×22, jadi aku gunakan loyang 20×20 cm. Resep di atas aku kalikan 0.75 dan pas banget dapat 1 loyang 20×20.

Kue Lapis Beras ini enakk, worth to try 🙂

 

Ilat Sapi, Kue Khas Samarinda/Kalimantan

Lihat WA storynya customer di Samarinda, jadi bebikinan ini. Dan karena masih punya ganache coklat, isiin deh cuma 3 pcs doank dan bener karena isinya kebanyakan jadi pada rebutan keluar hahaha
Ilat Sapi khas Samarinda / Kalimantan, jaman dulu bentuknya oval mirip lidah sapi, jadilah namanya Ilat Sapi (Lidah Sapi).
Sudah 3 hari lalu bikinnya, kuenya agak mengeras tapi tetap enak. Mirip2 soft cookies gitu sih kata customer saya… cuma waktu membuatnya adonan berminyak banget jadi agak susah untuk membuat bentuk lain kecuali bulat2. Itu pun minyaknya tidak saya habiskan, masih tersisa sekitar 30 ml minyak.
Untuk rasanya enak lho, dan dikasih isian ganache cokelat jadi lebih enak lagiii…
Ilat Sapi
(source: cookpad Bunda Ela)
Bahan
  • Gula merah 250 gram
  • Tepung terigu 400 gram (aku pakai yang protein sedang)
  • Minyak goreng 175 ml
  • Air matang 150 ml
  • Soda kue 1/2 sdm
Cara membuat :
1. Cairkan gula merah dan air, saring.
2. Selagi hangat, masukkan soda kue.
3. Masukkan terigu dan minyak ke dalam larutan gula merah dan soda, aduk rata hingga kalis pakai sendok saja (di tahap ini aku memasukkan larutan gula merah ke tepung, lalu terakhir minyak. Bisa jadi karena itu jadinya adonan berminyak banget… besok2 coba no. 3 ini).
4. Bentuk sesuai selera dan susun dalam loyang dengan diberi jarak, oven hingga matang (saya panggang kurang lebih 30 menitan).