Tag Archives: bakwan sayur

Yachaejeon, Vegetable Pancake atau Bakwan Sayur Khas Korea

Lagi pengen makanan Korea, jadi deh nongkrongin youtubenya Maangchi. Aku suka banget gayanya Maangchi, lucuu hehehe trus resepnya dia kelihatan enak2 gituuu…

Yachaejeon ini menurut Maangchi agak crunchy bagian atas dan pinggirannya, tapi pas aku buat kok enggak ada crunchynya ya, apa ketebalan atau kurang minyak? Tapi sih enakkk, minyak yang digunakan ga banyak dan si bakwan gak terendam minyak banyak seperti kita menggoreng bakwan gitu…

Enaknya lagi, ga usah bikin bumbu halus seperti kita membuat bakwan, cukup garam, tapi aku tetap donk tambah merica hehehe

Penambahan si ubi merah unik lho dan ternyata si ubi bisa cepat lunak karena dipotong bentuk korek api gitu, eh aku parut gitu sih jadi ga capek hahaha

Btw aku lihat resep ini di youtubenya Devina Hermawan juga, tapi dia pakai kentang instead of ubi dan juga bumbunya udah dimodif gitu…

Yachaejeon

source: Youtube Maangchi

Bahan :

  • 4 helai daun bawang, potong2 ukuan 1 inch
  • 1 batang leek (aku ga pakai, ga punya, mihil pula tapi bagus buat kesehatan)
  • 1 buah zucchini
  • 1 buah wortel, serut memanjang (ini aku tambahkan sendiri)
  • 1/3 bawang bombay, iris tipis
  • 1/2 ubi merah, serut memanjang
  • 5 buah mushroom, potong2
  • 3/4 cup tepung terigu serbaguna
  • secukupnya garam
  • 3/4 air

Membuatnya mudah saja, tinggal campur semua bahan terus digoreng dengan sedikit minyak, menggunakan wajan anti lengket. Seperti kita membuat telur dadar gitu, terus dibalik…