Salad Saus Alpukat | Masakan Orca | Vegan Cooking

Resep Saus Salad ke sekian yang aku coba, dan enakkk, hanya saja aku kurang begitu suka paprika, jadi pas kasihnya kebanyakan hikss besok2 sedikit aja atau malah gak usah aja…

Ini resepnya aku masukkan as per buku resep yah, untuk bahan salad sih bebas sebenarnya, gak harus ngikut di resep. Yang penting khan sausnya.

 

Salad Saus Alpukat

source: Resep Panjang Umur Sehat & Sembuh (Tan Shot Yen & Hindah J. Muaris)

Bahan :

  • 100 gram lettuce keriting merah, sobek-sobek
  • 100 gram head lettuce, sobek-sobek
  • 50 gram curly endive, potong-potong
  • 50 gram rocket, potong-potong
  • 100 gram radicchio, sobek-sobek

Saus :

  • 4 buah tomat berukuran kecil
  • 3 buah alpukat
  • 3 buah paprika merah manis
  • 50 ml jus jeruk lemon
  • 1 sdt lada hitam
  • Garam jika diperlukan (sedikit saja, akan lebih baik bila tidak menggunakan garam)

 

Cara membuat:

1. Saus : masukkan semua bahan ke dalam blender, haluskan

2. Siapkan semua aneka selada, siram dengan saus

3. Sajikan segera

Ayam Goreng Terasi

Resep Ayam Goreng Terasi ini dari buku resep Panci ISA, rasanya enak lho. Terutama buat penyuka terasi xixi

Membuatnya mudah, dan menggorengnya cepat juga di panci ISA, tapi aku kok sayang keluarin minyak banyak ya hahaha jadi aku goreng di wajan biasa saja, dan minyaknya gak sampai seperti deep fryer gitu…

Resep ini tuh bisa jadi alternative saat mau masak cepat. Bumbunya minimalis banget, hanya terasi dan kecap ikan. Dimarinate lebih lama, bakal lebih meresap terasi dan kecap ikannya.

Ayam Goreng Terasi

Bahan :

1/2 ekor ayam potong 6 atau selera

1 potong terasi sebesar ibu jari

4 sdm kecap ikan

 

Cara membuat:

1. Campur terasi dan kecap ikannya, aduk rata. Kemudian balurkan pada ayam.

2. Diamkan 20 menit.

3. Panaskan minyak, lalu goreng ayam hingga matang.

 

Salad Bangkok Saus Kacang

Salad Bangkok Saus Kacang ini enak lho teman-teman, patut dicoba yah supaya gak bosan makan raw salad xixi

Salad Bangkok Saus Kacang

Bahan Salad :

  • wortel, serut kasar
  • tauge, bersihkan, buang ekornya
  • selada, potong2
  • seledri (saya tidak pakai, gantinya daun kemangi)
  • timun, potong2

Saus Kacang :

Grind halus :

  • segenggam kacang mete, rendam 4 jam atau lebih
  • 40 gram ubi merah, rebus hingga empuk
  • 1 buah cabai merah, rebus
  • 2 butir kurma buang bijinya, atau 50 gram nanas manis
  • 1/4 sdt himalayan salt
  • 3 cm pangkal batang serai, iris tipis
  • 2 lembar daun jeruk
  • 100 ml air minum
  • 2 sdm air jeruk lemon lokal/jeruk nipis
  • 1 sdm vco

Dikonsumsi sesegera mungkin ya

 

Sambal Dabu Alpukat | Masakan Orca | Vegan Cooking

Kemarin sewaktu antar lunch-nya Callista, melipir ke Farmer untuk mencari kecap ikan.

Eh tergoda ke booth buah-buahan, dan si alpukat mentega sedang promo donk. Cakep-cakep, sekilonya Rp 29.000. Langsung beli dah sekilo, memang ada rencana membuat Sambal Dabu Alpukat ini, untuk dressing raw saladku.

Ini dia resepnya, videonya ada akun tiktokku ya

Sambal Dabu Alpukat

Bahan :

  • 1 buah alpukat, ambil daging buahnya, potong dadu
  • 2 buah cabai merah, iris tipis
  • 2 siung bawang merah, iris tipis
  • 4 helai kemangi (lupa pakai)
  • 2 buah cabai hijau, iris tipis (saya gak pakai)
  • 1 buah tomat, potong dadu
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 1/4 sdt himalayan salt

Cara membuat :

  1. Campur semua bahan dengan garam dan air jeruk nipis, aduk hingga rata.
  2. Sajikan segera.

Pas banget untuk 1 porsi sekali makan.

 

Saus Tahini | Masakan Orca | Saus Salad | Vegan Cooking

Sudah lama sebenarnya bikin Saus Tahini ini, tapi pas mau bikin lagi, belum diposting di blog ternyata 🙁

Jadi aku post deh sekarang 🙂

Saus Tahini ini banyak ditemui di kuliner Timur Tengah, dan juga Mediterania (Yunani, Turki, dsk). Sebenarnya bahannya simple saja, hanya Biji Wijen dan Olive, boleh tambahkan salt.

Tapi dari resep Saus Tahini ini, bisa dikreasikan menjadi macam-macam Saus Salad dengan basic Saus Tahini. Misalkan ditambahkan almond, jadilah Almond Tahini Sauce. Ditambahkan kacang mede menjadi Cashew Tahini Sauce, atau bila ditambahkan kacang garbanzo menjadi Garbanzo Tahini Sauce. Mudah, bukan? eh ditambah Garbanzo menjadi Hummus denk. Nanti kapan2 aku bikin ah, udah pernah juga bikin Hummus.

Sebenarnya kalau mau rajin, saus untuk raw salad itu cukup banyak, dan juga enak kalau kita tambahkan kacang2an atau biji2an. Jadi ya tergantung masing2 orang yah, mau repot atau enggaknya, eh tapi ada budget atau enggaknya juga sih hahaha

Ini link video Saus Tahini yang aku post di tiktok.

https://vt.tiktok.com/ZSFFwLo6j/

Saus Tahini

  • Wijen putih 100 gram
  • Olive oil 50 ml (kalau mau konsistensi lebih tebal, cukup 30 ml)
  • Himalayan Salt, optional

Cara membuat :

  • Sangrai wijen putih hingga kekuningan, tapi jangan lama2 yah, kecoklatan sedikit, wijen akan berasa pahit.
  • Chop wijen putih hingga halus.
  • Tambahkan olive oil.
  • Chop

Bagea Kenari | Kue Tradisional Khas Manado/Ambon [Indonesia Timur]

Membuat kue Bagea Kenari ini, mengingatkanku pada sohibku Henny Yumi, yang berpulang pada Natal ke-2 di tahun 2022. Mengingatkanku pula pada kebodohan, kenaifanku, yang telah begitu mempercayainya, namun ternyata disalah-gunakan hikss

Namun kebaikan alm. tidak bisa kulupakan. Yumi itu teman kecilku satu-satunya di kompleks, teman jalanku juga, diajak antar barang hayoo, diajak ke gereja juga hayoo, apalagi bila ada bazaar, doi dengan senang hati membantu.

Belajar bikin kue Bagea Kenari ini pun, doi menemaniku. Padahal jauh ke Cimahi, tanah kelahiranku… Bersama Mada, “tanteku” tapi karena umur kami tidak beda jauh, aku manggilnya Mada saja, padahal secara hierarki keluarga, seharusnya manggil “tante Mada”, tapi aku panggil nama saja, wong dah kayak teman xixixi

Oh iya, aku belajar bikin Bagea ini dari iparnya Mada, tante Ani, yang tinggal di Baros, Cimahi. Berkenalan juga dengan ponakan Mada yang tinggal di Pangkalan Bun yang terkena cancer, dan sedang berobat di Jakarta.

Aslinya oleh tante Ani dikasih kacang yang disangrai lalu haluskan dengan bertekstur, tapi kok aku lebih suka bila dikasih kenari ya, jadi aku tambahkan kenari, dan benar, rasanya lebih enak 🙂

 

Bagea Kenari

Bahan :

  • 200 gram gula aren, iris2, masak hingga gula mencair, bersama:
  • 70 ml air, dinginkan, saring
  • 1 butir telur
  • 45 gram margarin
  • 65 ml santan instan atau santan kental

 

Bahan kering:

  • 500 gram tepung sagu, untuk hasil terbaik gunakan Tepung Sagu Sapapua, sangrai
  • 4 gram kayumanis bubuk
  • 2 gram vanilla
  • 2 gram garam
  • 150 gram kenari, haluskan dengan chopper

 

Cara membuat :

  1. Aduk gula aren cair, telur, margarin, dan santan kental hingga tercampur rata
  2. Tambahkan bahan kering
  3. Uleni adonan hingga bisa dibentuk
  4. Bentuk agak memanjang atau bulat, sesuaikan selera saja
  5. Bila adonan agak lembek, biarkan di suhu ruang. Lama kelamaan adonan akan keras/kokoh dengan sendirinya, hingga mudah dibentuk
  6. Panggang kue di suhu 160 derajat Celcius selama kurang lebih 30-40 menit

Ikan Tuna Suwir | Masakan Manado Sederhana dan Mudah

Beberapa hari lalu kebetulan dapat ikan tuna, ada kali 5 potong, cukup banget untuk makan anakku dan juga papaku, jadi langsung masuk kulkas. Rencana besoknya mau dimasak disuwir-suwir aja. Mudah, dan enak 🙂

Temannya adalah sayur bening bayam, beli cuma 1 ikat ajah plus jagung 1/2 buah.

Ikan Tuna Suwir

Bahan :

  • Ikan tuna dikukus, sekitar 100 gram, lalu digoreng, trus disuwir2
  • Cabe merah iris serong
  • Lemon cui atau jeruk nipis is oke 1 buah, ambil airnya
  • Daun jeruk 2 helai
  • Sereh 1 buah, geprek

 

Bumbu dihaluskan:

  • Bawang merah 5 siung
  • Kemiri 2 butir
  • Cabe merah keriting 7 pcs

 

Cara membuat :

  1. Tumis bumbu halus, masukkan cabe iris
  2. Tambahkan daun jeruk dan sereh
  3. Masukkan ikan tuna suwir
  4. Aduk hingga tercampur rata
  5. Angkat, sajikan

Laksa Tahu | Resep Orca | Resep Masakan Orang Cancer

Late post ini, lupa kapan bikinnya wkwkwk

Yang jelas, masih mengandalkan buku resep 350 Resep Masakan Sehari-hari 🙂

Buat santannya, saya jarang sekali memasak matang si santan. Jadi, begitu Laksa matang, matikan api. Tunggu 1-2 menit, lalu masukkan santan.

Oh iya kelapa saya peras dengan air kelapanya yah, jadi lebih manis rasanya. Atau air matang pun tidak apa.

Ini saya bisa lho gadoin sayurnya dengan banyak kuah, karena enak manis hehehe sumber lemak yang sehat 🙂

Laksa Tahu

Bahan :

  • 1 buah tahu cina, potong dadu
  • Minyak untuk menumis

 

Bumbu halus:

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri, sangria
  • 3 cm kunyit, bakar
  • ½ sdt merica bubuk
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, memarkan
  • 1 liter santan cair
  • 5 butir telur puyuh rebus
  • 50 gram bihun atau soun, seduh air hangat
  • 25 gram taoge
  • 1 ikat daun kemangi, petik daunnya

 

Cara membuat :

  1. Potong2 tahu seukuran dadu. Goreng hingga matang dan kecokelatan. Angkat dan sisihkan.
  2. Panaskan 2 sdm minyak, tumis bumbu halus bersama daun jeruk, serai, dan jahe hingga harum. Beri sedikit air, masak hingga air mendidih.
  3. Masukkan tahu dan telur puyuh, masak dengan api kecil.
  4. Matikan api, masukkan santan, aduk rata.
  5. Tata bihun dan taoge dalam mangkuk saji. Tuang kuah laksa, taburi dengan bawang goreng dan daun kemangi.
  6. Sajikan.

Tauto Daging ala Pekalongan

Sejak bulan kemarin, anakku Callista telah bekerja kembali. Kali ini syukurlah dapat yang dekat, di Kelapa Gading Mall saja. Kerjanya shift, maklum di cafe yang merangkap bakery. Jadi kerap kalau Callista masuk pagi, aku mengantarnya. Tapi kalau masuk siang, Callista berangkat sendiri. Dan aku biasanya memasak untuk Callista bawa sebagai bekal makan sore/malamnya.

Aku tidak selalu rajin memasak juga, kadang bingung mau masak apa. Kali ini (dan biasanya juga sih), aku menyontek resep dari buku ini, mayan lengkap untuk ide masakan sehari-hari:

Untuk rasanya, enak juga ternyata, agak beda yah dengan soto umumnya, karena ada tauco + jahe kali ya…

Mesti masak lagi ini next time 🙂

Tauto Daging

Bahan :

  • 250 gram daging sandung lamur
  • 3 sdm minyak untuk menumis

 

Bumbu halus:

  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kunyit, bakar
  • 2 buah cabe merah keriting
  • ½ sdt merica bubuk
  • 3 cm jahe, memarkan
  • 1 barang serai, memarkan
  • 2 lembar daun jeruk, buang tulang
  • 1 sdm tauco, pilih yang manis
  • 1 liter air kaldu sapi
  • 1 sdt kecap manis
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt gula pasir

 

Pelengkap: (saya gak pakai)

  • Bawang goring
  • Seledri
  • Emping goring
  • Irisan jeruk nipis

 

Cara membuat :

  1. Potong-potong daging sandung lamur. Kukus sampai mulai matang. Angkat.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, jahe, serai, dan daun jeruk hingga harum. Tambahkan tauco, aduk rata. Angkat, sisihkan.
  3. Didihkan air kaldu sapi bersama sandung lamur. Masukkan bumbu tumis, kecap manis, gula pasir, dan garam, aduk rata. Masak hingga daging empuk. Angkat, sajikan.