Category Archives: Food

Nasi Liwet Merah | Masakan Orca | Vegan Cooking

Nasi Liwet merupakan salah satu menu praktis saat bingung mau masak apa. Dan biasanya aku menyetok ikan teri medan di kulkas. Jadi saat bosan masak atau kesiangan masak, Nasi Liwet salah satu penyelamat sehingga orang rumah gak jadi beli lauk di luar.

Kali ini berasnya aku pakai beras merah, dan bumbu pun tidak ditumis pakai minyak, melainkan dimasukkan terakhir saat nasi sudah matang, terus dikasih minyak kelapa atau virgin olive oil. So, lebih sehat pastinya.

Untuk bahan-bahannya sih seperti biasa, cuma ada penambahan kunyit, black pepper dan daun kemangi. Eh tapi ini aku kelupaan daun kemanginya hehe

Nasi Liwet Merah

Bahan: dimasak bersama beras

  • sereh
  • lengkuas
  • daun salam
  • kunyit
  • black pepper

Bumbu Iris :

  • bawang merah
  • cabe merah
  • daun kemangi
  • bawang putih

Setelah nasi matang, masukkan irisan bawang merah, bawang putih, cabe merah dan juga daun kemangi.

Tuna Bumbu Hijau Khas Manado | Tuna Bumbu RW | Masakan Khas Manado

Variasi lauk-laukan, bila bosan masak Ayam Woku atau Rica wkwkwk

Biasanya orang yang makan yah yang bosan, ini yang masak yang bosan… Tuna Bumbu Hijau ini atau orang Manado biasa bilang Bumbu RW adalah masakan Manado dengan bumbu yang komplit. Karena mengolah RW biasanya harus banyak bumbu dan rempah untuk menghilangkan bau protein hewani yang dimasak, seperti RW atau bebek misalnya.

Jadi bisa dilihat bumbunya pakai lengkuas segala, padahal biasanya lengkuas tidak atau kurang dipakai dalam masakan Manado.

Ayam Bumbu Hijau (Bumbu Hijau)

Bahan :
1/2 ekor ayam (panggang atau goreng terlebih dahulu dengan sedikit minyak)

Bumbu halus:
1/2 sdt bawang putih halus
3/4 sdt kunyit halus
1 sdm jahe halus
1 sdm munjung bawang merah halus
4 buah cabe hijau besar
4 buah cabe rawit hijau
2 buah kemiri
2 sdm sereh
2 sdm laos

Bumbu daun:
Daun bawang
Daun jeruk, iris2 atau buang tulang
Daun pandan
Daun kemangi
Daun kunyit

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus hingga matang
2. Masukkan ikan, aduk rata
3. Beri sedikit air, matangkan air dan semua bahan.

Salad Orient | Masakan Orca | Vegan Cooking

Pengen salad dengan dressing beda dari simple salad biasa, cobain deh Salad Orient ini.

Rasanya ada pedas (dari cabe dan jahe) juga ada asem-asemnya (dari 3 macam source: asam jawa, jeruk limau dan jeruk nipis).

Segerr enak rasanya…

SALAD ORIENT

Bahan:
1 buah apel fuji, potong kotak, lumuri jeruk nipis
1 buah tomat merah, potong dadu
1 buah mentimun, potong dadu
50 gram selada bokor (head lettuce), sobek-sobek
1/4 paprika merah, potong dadu

Dressing:
1 sdm asam jawa, remas-remas dengan 50 ml air hangat, saring
1 sdt air jeruk limau
1 sdm air jeruk nipis
2 buah cabe merah, iris halus
2 batang serai bagian putih, iris tipis
3 lembar daun jeruk purut, buang tulang daun, iris halus
1 ruas jahe, cincang halus
2 sdm kecap ikan (buat orca diskip aja)

Cara membuat:
1. Campur semua bahan dressing, aduk rata
2. Tata apel, tomat, timun, selada, dan irisan cabe merah dalam wadah saji, siram dengan bahan dressing. Simpan dalam lemari es selama 15 menit.
3. Sajikan dingin

Untuk 2 porsi

Bihun Goreng | Resep Praktis | Masak Cepat

Aku dapat resep Bihun Goreng ini udah lama banget, sejak jaman NCC dulu, aku print-out dan masih simpan sampai sekarang. Selalu setia pake resep ini, dan lupa-lupa terus untuk posting di blog hikss

Bihun Goreng ini resep praktis saat males masak atau lagi gak ada ide mo masak apa. Cepat dan kadang hanya dengan telur pun jadiii wkwkwk

Padahal udah sering bikin tapi lupa-lupa aja kalau 1 biji bihun saja sudah banyak banget, seringnya ambil 2 dan jadinya tuh seabreg… dan bumbunya juga kusesuaikan dengan banyaknya bihun.

Bihun yang biasa kugunakan adalah bihun jagung, penampakannya bagus mengkilat dan gak mudah basi. Kalau ada sisa bisa dipanasin, walau aku gak pernah sih panasin si bihun.

kertasnya sampe bluwek wkwkwk

Bihun Goreng

source: Tina Malika http://malikacake.blogspot.com/

Bahan:

250 gram bihun jagung, rendam air biasa hingga lemas. Tiriskan beri kecap manis, minyak goreng, saos tiram hingga tercampur rata, sisihkan.

Bumbu halus:

  • 6 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 sdm merica bubuk
  • 3 buah kemiri
  • Garam

 

Bahan tambahan:

  • 5 buah bakso, potong-potong
  • daging ayam/sosis/udang sesuai selera
  • 2 butir telur ayam, goreng orak-arik
  • sayuran: boleh sawi hijau, kol, wortel, atau jagung plus daun bawang
  • kecap asin secukupnya

Cara membuat :

1. Tumis bumbu hingga matang, masukkan bahan-bahan tambahan, kecap asin lalu beri sedikit air.

2. Masukkan sayuran, biarkan hingga sayur setengah matang.

3. Terakhir masukkan bihun, aduk rata semuanya, Angkat.

Pelengkap: acar timun atau sambal botolan pun oke

 

Trancam Tempe | Masakan Orca | Vegan Cooking

Satu lagi mentahan, atau lalapan atau salad nama kerennya xixi

Ini kuambil dari buku resepnya dr. Tan Shot Yen

TRANCAM TEMPE

Bahan:

  • 200 gram tempe, bakar hingga harum, potong kotak (panggangnya jangan sampai coklat banget ya, gunakan api kecil, ada coklat2/hitam2 dikupasin aja, buang)
  • 50 gram tauge pendek, bersihkan
  • 1 buah mentimun, buang biji, iris halus
  • 5 lenjar kacang panjang, iris kecil
  • 3 sdm pete cina (jika suka)
  • 100 gram kelapa setengah tua, parut memanjang
  • 10 pucuk daun kemangi

 

Bumbu:

  • 4 buah cabai merah, buang biji
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 ruas jari kencur
  • 1/2 sdt garam Himalaya
  • 1 sdt terasi bakar (skip)
  • 1 lembar daun jeruk purut, iris2
  • 50 gram nanas/apel

 

Cara membuat:

1. Haluskan bumbu, campur dengan bahan lain, aduk rata.

2. Sajikan segera.

Kuluban, Urap Khas Jepara | Masakan Orca | Vegan Cooking

Lagi lihat-lihat majalah Sedap lama, eh nemu resep Kuluban ini. Ternyata Kuluban adalah Urap khas Jepara. Bedanya dengan Urap lainnya, si bumbu urap tidak ditumis melainkan dikukus. Jadi cocok banget sebagai masakan orca khan…

Oh iya, sayuran saya kukus tapi tidak sampai terlalu layu gitu… dengan dikukus kandungan airnya tidak terlalu banyak.

KULUBAN

Untuk 5 porsi

Bahan:

  • 2 ikat daun bayam (400 gram), siangi, rebus
  • 10 lonjor kacang panjang (100 gram), potong-potong, rebus
  • 2 ikat kangkung (300 gram), siangi, rebus
  • 200 gram taoge, seduh air panas
  • 50 gram daun melinjo, rebus (saya skip, gak punya)
  • 1 buah kecombrang, ambil bunganya, rebus (saya : mentah, kalau tidak ada skip saja)
  • 400 gram kelapa parut kasar
  • 1 1/2 sdt gula pasir (saya gak pake)
  • 1/2 sdt garam Himalaya

 

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 6 lembar daun jeruk, buang tulangnya
  • 5 buah cabai merah
  • 6 cm kencur
  • 1 sdt terasi, bakar (saya gak pake)

 

Cara membuat:

1. Campur kelapa parut, bumbu halus, garam, dan gula pasir sampai rata. Kukus sampai mtang.

2. Aduk merata semua bahan. Sajikan.

Asam (Tak) Pedas Tempe Telur | Masakan Orca | Vegan Cooking

Kemarin lihat resep ini di IG-nya endeus tv, kok ya enakkk… jadi deh siang tadi masak ini. Kemarinan khan ibadah syukur ultah si opa 79 tahun udah masak ayam, ikan, dll, so tempe donk hari ini hehe

Oh iya saya tambahkan telur, walau saya gak makan, karena ini buat orang rumah juga 🙂 btw saya baru pertama ini masak terong telunjuk, ternyata harus agak lamaan ya masaknya karena dia agak keras gitu…

Orca (orang dengan cancer) gak boleh makan gorengan atau bahan2 yang ditumis dengan  minyak goreng, karena suhu tinggi akan menyebabkan terjadinya reaksi maillard yang pada akhirnya akan membuat yang dimasak menjadi carsinogen. Jadi tumisnya hanya dengan air saja. Dan santan juga tidak boleh dimasak, jadi masukkan santan terakhir setelah api dimatikan.

Untuk rasanya, enak lho teman-teman, asem manis gitu, karena adanya rempah-rempah seperti daun jeruk, lengkuas, sereh, dan asam gelugur dan santan.

source: IG @endeus.tv

Asam Tak Pedas Tempe Telur

Bahan :

  • 250 gram tempe, potong 2 cm
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 cm lengkuas
  • 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa (peras dengan air matang, sisihkan)
  • 1/2 sdt garam himalaya
  • sejumput merica bubuk
  • 10 buah terong telunjuk, iris miring 1 cm, rendam dalam air garam
  • 100 gram buncis, iris miring 3 cm
  • 4 lembar asam gelugur

 

Bumbu iris:

  • 7 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabai keriting hijau

 

Cara membuat:

1. Sangrai bumbu iris dengan api kecil, tambahkan air.

2. Masukkan daun jeruk, serai, lengkuas, dan asam gelugur hingga harum.

3. Masukkan terong dan tempe, masak hingga terong empuk.

4. Tambahkan buncis, matangkan sebentar.

5. Matikan api, masukkan 2 sdm minyak kelapa atau olive oil. Terakhir masukkan santan, aduk rata.

 

Tempe Tahu Woku

Bumbu woku itu biasanya daging ayam karena tempe itu gak dikenal dalam masakan Manado, eh tapi belakangan tempe tahu pun masuk di khasanah masakan Manado seiring masuknya tempe dan tahu di sana. Dan tentunya enak lho…

Buat yang sedang menghindari minyak goreng, tahu tempenya dikukus saja ya… ini pas kefoto yang digoreng, biasa aku masak buat orang rumah.

Tempe Tahu Woku

Bahan :

  • Tempe 1 papan, potong bentuk dadu, goreng
  • Tahu, potong bentuk dadu, goreng

Bumbu Halus

  • Bawang merah 5 siung
  • Cabe rawit merah 5 buah (or sesuai selera)
  • Kemiri 3 butir
  • Kunyit 1 ruas
  • Jahe 1 ruas

Bumbu Daun (dikira-kira sesuai selera)

  • Daun bawang 1-2 batang, iris kecil2
  • Sereh 1-2 batang, geprek
  • Daun jeruk 3-4 lembar, buang tulang
  • Daun pandan 1 lembar, potong menjadi 3 bagian
  • Daun kunyit 1 lembar (skip saja kalau tidak ada)
  • Kemangi 1 genggam

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus, lalu masukkan bumbu daun kecuali daun bawang dan kemangi
  2. Masukkan tahu dan tempe, beri sedikit air bila suka agak nyemek
  3. Masukkan daun bawang dan kemangi sesaat sebelum mematikan kompor

Sambal Roa Honje

Sambal Roa ini kutambahkan Honje atau kata lainnya Kecombrang, karena aku suka… dan rasanya enak lho.

Duh udah lama gak makan sambal roa, jadi pengenn… sayang supplierku kabur dan roanya gak dikirim2, nasib… nasib…

Sambal Roa Honje

Bahan :

  • Bawang merah 500 gram
  • Cabe rawit merah 700 gram
  • Ikan roa yang sudah dihaluskan 400 gram
  • Honje 2 buah (kalau di pasar Koja, dijual seharga Rp 5.000 per buahnya)
  • Garam 30 gram
  • Gula pasir 30 gram
  • Daun jeruk 10 lembar, buang tulangnya
  • Sereh 3 batang
  • Minyak goreng 1.100 ml

Cara membuatnya seperti membuat sambal biasa yah, tumis dulu bawang merah dan cabe rawit yang sudah dihaluskan. Setengah matang masukkan roa, aduk, tambahkan bahan lainnya, terus dimasak hingga matang seluruhnya.