Tag Archives: tim ikan mujair

Tim Ikan Mujair

Semalam setelah ibadah singkat ultah Callista, aku ke pelelangan ikan Kalibaru yang gak begitu jauh dari rumah. Biasa nyetok ikan buat papa dan ponakanku. Tapi aku tuh paling gak bisa bersihin ikannya, jadi minta adikku yang membersihkannya. Mayan juga deh, 4 kg bawal dan 2 kg mujair xixixi

Ikan mujairnya aku masak tim, udah lama pengen dimasak tim tapi ga jadi2 #pemalasdotcom hehehe

Kali ini dijadiin, walau ga punya daun bawang.

Rasanya hmm yummy tapi aku masukkan kecap ikannya kebanyakan jadi asin dah wkwkwk punya kecap ikan belum pernah dipakai jadi pakai banyak supaya cepat habis lol

Tim Ikan Mujair

  • 2 ekor ikan mujair ukuran sedang kira2 @300gr (bisa diganti ikan apa aja)
  • 1 buah jeruk nipis
  • 4 siung bawang putih cincang halus
  • 1 buah bawang bombay iris2
  • 4 batang daun bawang potong2 (ga punya)
  • 5 buah cabai rawit biarkan utuh (aku ga pake)
  • 1 ruas jahe iris2

bumbu kuah :

  • 2 sdm kecap asin
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdm arak masak
  • 1/2 sdm saos tiram
  • secukupnya air
  • secukupnya gula

Cara membuat :

  1. Bersihkan ikan buang jeroan nya kemudian lumuri dgn jeruk nipis diamkan sebentar kurleb 5 menit kemudian cuci bersih lagi
  2. Campur jadi satu bumbu2 kuah
  3. Tumis bawang putih, jahe dan bawang bombay hingga harum campurkan dgn kuah, tes rasa
  4. Tata di mangkok tahan panas ikan mujahir, daun bawang, dan cabai sirami bumbu + kuah kukus kurleb 15 menit sampai matang