Ilat Sapi, Kue Khas Samarinda/Kalimantan

Lihat WA storynya customer di Samarinda, jadi bebikinan ini. Dan karena masih punya ganache coklat, isiin deh cuma 3 pcs doank dan bener karena isinya kebanyakan jadi pada rebutan keluar hahaha
Ilat Sapi khas Samarinda / Kalimantan, jaman dulu bentuknya oval mirip lidah sapi, jadilah namanya Ilat Sapi (Lidah Sapi).
Sudah 3 hari lalu bikinnya, kuenya agak mengeras tapi tetap enak. Mirip2 soft cookies gitu sih kata customer saya… cuma waktu membuatnya adonan berminyak banget jadi agak susah untuk membuat bentuk lain kecuali bulat2. Itu pun minyaknya tidak saya habiskan, masih tersisa sekitar 30 ml minyak.
Untuk rasanya enak lho, dan dikasih isian ganache cokelat jadi lebih enak lagiii…
Ilat Sapi
(source: cookpad Bunda Ela)
Bahan
  • Gula merah 250 gram
  • Tepung terigu 400 gram (aku pakai yang protein sedang)
  • Minyak goreng 175 ml
  • Air matang 150 ml
  • Soda kue 1/2 sdm
Cara membuat :
1. Cairkan gula merah dan air, saring.
2. Selagi hangat, masukkan soda kue.
3. Masukkan¬†terigu dan minyak ke dalam larutan gula merah dan soda, aduk rata hingga kalis pakai sendok saja (di tahap ini aku memasukkan larutan gula merah ke tepung, lalu terakhir minyak. Bisa jadi karena itu jadinya adonan berminyak banget… besok2 coba no. 3 ini).
4. Bentuk sesuai selera dan susun dalam loyang dengan diberi jarak, oven hingga matang (saya panggang kurang lebih 30 menitan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *