Tag Archives: lasagna

Lasagna Enak Dengan Keju Cheddar

Lasagna, salah satu makanan yang juga sudah lama banget masuk wish list saya namun bila saya ke supermarket dan melihat harga si kulit lasagna ini, wow kok sayang banget yak xixi Sampai baru-baru saja saat saya lihat lagi, eh ternyata ada toh yang ukuran 250 gram dan harganya 19.000-an saja, so, gak pake lama, saya langsung ambil dan siap-siapin bahan lainnya untuk proses bikin si lasagna. Apalagi ditambah kemarenan lihat postingannya my bf Erna Komara di fb, jadi pengen banget bikin dah… walaupun masih malas foto-fotonya, soalnya bakingnya malam hari #alesan

Alhasil, hanya foto di pinggan tahan panas saja tanpa ada foto potongannya. Udah gitu pinggirannya jingkrak gitu gak cantik amat yak xixi gpplah yang penting akhirnya kesampean juga bikin Lasagna. Sayangnya anakku gak mau cobain, jadi males bikinnya lagi besok-besok hikss padahal rasanya uenakkk pake bangettt lho..

Lasagna atau Lasagne adalah pasta yang dipanggang di oven dan merupakan makanan tradisional Italia. Lasagna sendiri secara harfiah adalah lasagne yang berisikan daging. Lasagna sendiri dapat diisi dengan banyak isian lainnya seperti daging, sayur-sayuran, ayam, makanan laut dan sebagainya sesuai selera. Kulit Lasagna dibuat dari adonan tepung terigu yang setelah diberikan isian, lalu dipanggang sampai matang (sumber: wikipedia).

Sebagai penyuka makanan Italia, so pasti suka banget donk dengan si Lasagna, tapi sayang maharani banget kalau beli. Sekali atau dua kali aja sih beli di Pizzahut dan rasanya memang enakkk tapi memang gak bisa makan banyak-banyak karena mahteg banget itu keju…

Tapi pas daku bikin, aku kok bisa ya menghabiskan 2 potong Lasagna, apa karena keju yang kupakai hanya keju cheddar yak hahaha iya pasti karena itu jadi gak terlalu enek di perut.

Oh iya, resep yang kupakai, lagi-lagi dari blognya mbak Ine, makasih ya mbak Ine 🙂

LASAGNA

Bahan :

1 sdt minyak sayur
250 gr lasagna kering, siap pakai

Saus Daging:
2 sdm margarine
1 butir bawang Bombay, cincang
3 siung bawang putih, geprek cincang
300 g daging sapi cincang
500 g tomat merah, parut/blender
2 sdm tomat pasta
½ sdt oregano kering
½ sdt basil kering
½ sdt merica bubuk
1 sdm gula pasir
1 sdt garam

Saus Putih:
2 sdm margarine
75 g tepung terigu
600 ml susu cair
100 g keju Cheddar parut (aku pakai keju kraft saja)
½ sdt merica bubuk
½ sdt pala bubuk
1 sdt garam

Taburan:
100 g keju Cheddar (aku pakai keju kraft saja)

Directions:
1. Didihkan air bersama minyak. Rebus lasagna hingga lunak (kurleb 8 menitan). Angkat, tiriskan. Pisahkan satu dengan yang lain agar tidak lengket. siram air dingin. Sisihkan.
2. Saus Daging: Panaskan margarine, tumis bawang putih dan bawang Bombay hingga layu dan harum. Masukkan daging cincang. Aduk hingga berubah warna. Tambahkan tomat parut,tomat pasta, dan bumbu. Aduk dan masak hingga daging matang dan mengental. Angkat. Sisihkan
3. Saus Putih: Panaskan margarine hingga leleh. Masukkan terigu, aduk hingga rata. Tuangi susu sedikit-sedikit sambil aduk-aduk hingga kental. Tambahkan keju dan bumbu, aduk hingga kental. Angkat.
4. Penyelesaikan: Siapkan pirex ukuran 22X22X6 cm, olesi dengan margarine. Susun 1/3 bagian lasagna, ratakan lapisannya taruh 1/3 bagian saus daging taruh 1/3 bagian saus putih. Ulangi susunan ini hingga bahan habis, di atas saus putih di taburi keju cheddar.
5. Panggang dalam oven panas 180 C selama 30 menit, dan Keju agak kecokelatan.